Widget HTML Atas

Forum Rektor Dukung Kajian Menghidupkan GBHN Kembali

WARTA GURU-- Halo, Bapak/ Ibu Guru yang kami hormati. Semoga Bapak/ Ibu selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan YME. Forum Rektor Indonesia (FRI) akan membentuk kelompok kerja untuk mengkaji penghidupan kembali garis besar haluan negara (GBHN). GBHN diperlukan sebagai pola pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Ketua FRI Suyatno mengatakan, FRI setuju GBHN harus dihidupkan kembali karena kesinambungan pembangunan butuh perencanaan yang berkelanjutan. Sejak reformasi bergulir, tidak adanya GBHN membuat pemimpin negara mengubah rencana pembangunan sesuai agendanya sendiri. Akibatnya rakyat menjadi korban pembangunan setiap rezim berganti.
"Jika presiden ganti lalu ganti pula arah pembangunanya. Kita itu butuh rencana pembangunan jangka panjang jadi siapa pun pemimpinnya tidak boleh berhenti (melanjutkan pembangunan sesuai GBHN)," katanya di kampus Universitas Prof Dr Hamka (Uhamka), Selasa (2/2/2016).

Rektor Uhamka ini menerangkan, FRI sudah diajak MPR untuk membuat kajian naskah akademis dan dalam waktu dekat akan bersinergi dengan lainnya untuk pembuatan kajian itu. Dia mengungkapkan, suara-suara untuk menghidupkan kembali GBHN sudah terdengar di mana-mana terutama di MPR.

Suyatno menuturkan, nantinya GBHN itu harus dibuat MPR dan presiden yang akan menjalankan rencana pembangunan tersebut. Meski ada otonomi daerah yang dinilai akan membatasi pemerintah daerah melakukan pembangunan, sudah banyak walikota dan bupati yang menyatakan persetujuannya untuk hidupkan kembali GBHN. Ketika dia bertemu dengan jajaran kepala daerah di DI Yogyakarta, mayoritas dari mereka setuju dengan GBHN agar tidak ada bentrokan antara pemerintah provinsi dan kabupaten kota.
"Pembangunan di daerah itu ada karena tergantung selera kepala daerahnya sendiri meski rakyat tidak merasakan," terangnya.

Dia menuturkan, agenda menghidupkan kembali GBHN ini memang tidak akan mudah terutama di jajaran MPR dan DPR. Sebab ada banyak fraksi di legislatif yang masih berbeda pendapat. Sementara pergolakan politik di DPD diperkirakan akan lebih lunak karena mereka langsung mewakili rakyat.
"Sebaiknya tidak ada perdebatan yang berkepanjangan karena adanya program pembangunan yang berkelanjutan dan dirasakan oleh masyarakat sangat mendesak untuk dibuat," tandasnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/02/02/65/1303215/forum-rektor-dukung-kajian-gbhn

Posting Komentar untuk "Forum Rektor Dukung Kajian Menghidupkan GBHN Kembali"

Perhatian: Untuk artikel soal, KUNCI JAWABAN klik tautan di soal terakhir

Berlangganan via Email