Widget HTML Atas

Disdikpora DIY (Masih) Butuh 5.000 Guru

WARTA GURU-- Halo, Bapak/ Ibu Guru yang kami hormati. Semoga Bapak/ Ibu selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan YME. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) telah mengajukan permintaan 5.000 guru pegawai negeri sipil (PNS) untuk Sekolah Dasar (SD). Ribuan guru tersebut akan disebar untuk mengisi kekurangan guru pada empat kabupaten dan kota di Yogyakarta.

Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, wilayahnya memang mengalami kekurangan ribuan guru. Dia berharap, pemerintah membuka kesempatan untuk calon guru dari lulusan yang baru menjadi PNS.
"Jika dirata-rata, kami kekurangan 1.000 guru SD di kabupaten/kota. Selama ini akhirnya diisi dengan guru honorer yang direkrut masing-masing sekolah," kata Aji.

Aji menambahkan, formasi kekurangan guru tersebut sudah ditambah dengan beberapa guru kelas yang rencananya akan pensiun pada tahun ini. Padahal keberadaan guru kelas sangat penting.
"Kegiatan belajar mengajar di SD memang harus ada guru kelas. Jika kekurangan, bisa jadi satu guru mengajar dua kelas. Untuk saat ini hal itu belum terjadi, namun ada kekawatiran bisa terjadi," imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana menerangkan pihaknya memang kekurangan tenaga pengajar, khususnya guru kelas SD. Terlebih pada tahun ini banyak guru SD yang dulunya diangkat menjadi pengajar SD Inpres akan memasuki usia pensiun.
"Kami belum bisa memberitahukan jumlahnya. Kalau kebutuhan kami sendiri memang banyak dan belum ada penggantinya," tukas Edy.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/02/15/65/1312110/disdikpora-diy-butuh-5-000-guru

Posting Komentar untuk "Disdikpora DIY (Masih) Butuh 5.000 Guru"

Perhatian: Untuk artikel soal, KUNCI JAWABAN klik tautan di soal terakhir
loading...