Detik-detik Wafatnya Soeharto, Mantan Presiden ke-2 RI

DMCA.com Protection Status
Loading...
Detik-detik Wafatnya Soeharto, Mantan Presiden ke-2 RI-- Tanggal 27 Januari 2016 lalu, tepat delapan tahun Presiden kedua RI, Soeharto meninggal dunia. Ia wafat pada 27 Januari 2008 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.
Detik-detik mangkatnya bermula ketika Soeharto dilarikan ke rumah sakit pada Jumat 4 Januari 2008 sekira pukul 14.15 WIB. Di sana, ia mendapat perawatan di Ruang President Suite VVIP Nomor 536 lantai V RSPP.

Soeharto dirawat karena mengalami penimbunan cairan di tubuhnya yang mengakibatkan pembengkakkan dan menurunnya kadar darah merah (hemoglobin). Keadaan Soeharto sempat membaik setelah tim dokter mengeluarkan cairan di tubuhnya.
Bahkan, pria berjuluk Jenderal Murah Senyum tersebut masih dapat tersenyum dan berbicara meskipun hanya dalam kalimat-kalimat pendek. Setelah itu, kondisi kesehatannya kembali memburuk.

Pada Senin 7 Januari 2008, terjadi penurunan produksi urin dan penumpukan cairan di paru-paru. Selain itu, ada pendarahan melalui urin dan feses sehingga hemoglobin yang awalnya berhasil dinaikan menjadi turun kembali.
Penurunan kesehatan ini disebabkan tubuh Pak Harto yang mengalami ketergantungan pada alat bantu dan obat-obatan. Tim dokter, berminggu-minggu telah berupaya mengurangi keberadaan alat bantu di tubuhnya. Namun akhirnya, nyawa Bapak Pembangunan tersebut tak dapat ditolong lagi.

Soeharto wafat pada usia ke-86 tahun. Lahir di Kemusuk Argo Mulyo 8 Juni 1921. Ia dilantik sebagai Presiden pada tanggal 27 Maret 1968 dan berkuasa hingga 32 tahun sebelum akhirnya lengser oleh gelombang demonstrasi mahasiswa pada 1998.
Soeharto menikah dengan Suhartini dan memiliki enam orang anak. Yaitu Sigit Harjojudanto, Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Hariyadi (Titik), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/01/27/337/1298073/detik-detik-wafatnya-soeharto
Terima kasih sudah membaca Detik-detik Wafatnya Soeharto, Mantan Presiden ke-2 RI
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Detik-detik Wafatnya Soeharto, Mantan Presiden ke-2 RI"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

loading...