Wacana UKG Setiap Tahun Tidak Efektif

DMCA.com Protection Status
Loading...
WARTA GURU-- Halo, Bapak/ Ibu Guru yang kami hormati. Semoga Bapak/ Ibu selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan YME. Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali melakukan uji kompetensi guru (UKG) dengan jumlah peserta mencapai 2,5 juta guru. Meski hanya untuk memetakan, pemerintah menargetkan nilai rata-rata UKG bisa mencapai 5,5.

"Pemerintah punya wacana meningkatkan target nilai UKG sehingga pada 2019 menjadi delapan. Kalau saya sendiri sedikit pesimis dengan target tersebut," ungkap pengamat pendidikan, Mohammad Abduhzen kepada Okezone melalui sambungan telefon baru-baru ini.

Rasa pesimis Abduhzen tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, pemerintah belum menjelaskan bagaimana model pelatihan yang akan diterapkan. Dia kemudian memberi contoh pada UKG sebelumnya yang belum tampak tindak lanjutnya.

"2012 sebanyak 1,6 juta guru sudah ikut UKG, tapi tindak lanjutnya belum tampak. Pada UKG tahun ini tentu saya tetap berprasangka baik akan ada pola pembinaan, meskipun belum jelas," imbuhnya.

Abduhzen sendiri menganggap wacana pemerintah melakukan UKG setiap tahun tidak efektif. Pemetaan, tutur dia, tak perlu dilakukan setahun sekali layaknya ujian nasional (UN).

"Pertanyaannya kalau setiap tahun UKG, kapan pembinaannya. Tentu setelah hasil pemetaan keluar harus ada perencanaan," terangnya.

Dia berpendapat, idealnya pelaksanaan UKG dilakukan lima tahun sekali. Sehingga, ucap Abduhzen, pemerintah bisa melaksanakan pelatihan secara rutin sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan guru yang bersangkutan. (ira)

Sumber: Okezone
Terima kasih sudah membaca Wacana UKG Setiap Tahun Tidak Efektif
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Wacana UKG Setiap Tahun Tidak Efektif"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

loading...