Sinopsis dan Ulasan Film 'Unknown" (2011), Kehilangan Identitas

DMCA.com Protection Status
Loading...
UNKNOWN : Hilang Ingatan Dualisme Identitas
Quotes:
Dr. Martin Harris: For a moment they had me convinced that I was crazy. But when they came to take me, when they killed your friend, I knew.


Sebelumnya mungkin anda ingat dengan sebuah film, yang menceritakan tentang ayah yang berusaha menyelamatkan putrinya dari dunia prostitusi Perancis? Jika anda ingat dengan filmnya, pasti anda juga ingat dengan aktor yang memerankan sang ayah. Yep, its Liam Neeson. Neeson kembali lagi dengan film yang bergenre sama, namun dengan cerita yang jauh berbeda. Film terbarunya itu berjudul Unknown. Unknown tidak hanya dibintangi oleh Neeson, namun film ini juga dibintangi Diane Kruger dan January Jones. Untuk penyutradaraannya, Unknown disutradarai oleh Jaume Collet-Serra. Jaume adalah seorang sutradara asal Spanyol, yang sebelumnya pernah menyutradarai House Of Wax Remake dan Orphan.

Unknown diadaptasi dari novel berjudul Hors de Moi, yang ditulis oleh seorang penulis asal perancis bernama Didier Van Cauwelaert.

Dr. Martin Harris (Liam Neeson) pergi ke Berlin, Jerman bersama sang istri Liz (January Jones) untuk menghadiri sebuah konfrensi international. Setelah sampai di Berlin, akhirnya mereka pergi ke Hotel untuk beristirahat. Namun sesampainya di Hotel, pada barang diangkat, Harris menyadari bahwa ada koper yang tertinggal di Bandara. Untuk itu Harris memutuskan meninggalkan sang istri di Hotel dan ia langsung menuju kembali ke bandara untuk mengambil koper yang tertinggal itu. Namun ketika di tengah perjalanan, taksi,yang ia tumpangi mengalami kecelakaan.
Selama 4 hari Harris tidak sadarkan diri. Namun setelah itu, Harris menyadari bahwa ia sudah berada di sebuah rumah sakit dan di bawah perawatan seorang dokter. Setelah kembali mengingat, jika sang istri berada di daerah yang belum pernah dikunjungi, akhirnya Harris memutuskan untuk meninggalkan rumah sakit dan kembali ke Hotel. Sesampainya di Hotel Harris akhirnya bertemu dengan Liz, namun ada yang harus diterima oleh Harris, kalau saat ini Liz sudah tidak mengenali sosok Harris. Dan ketika pembicaraan tersebut, Liz memperkenalkan sesosok pria, pria tersebut memiliki nama dan kepribadian yang sama dengan Harris. Liz memperkenalkan pria tersebut sebagai suaminya. Harris kini bingung dengan apa yang terjadi, ia merasa semua ini seperti sebuah konspirasi dan perancanaan dan ia juga merasa bahwa sang istri berada di bawah ancaman. Namun akankah Harris dapat mengembalikan kehidupannya, seperti sedia dulu kala?

Untuk penilaiannya, Unknown adalah film action yang dari segi cerita tidak terlalu original menurut saya. Saya merasa bahwa cerita dari film ini, telah mengambil beberapa part dari film-film yang bergenre sama. Akting Neeson di film ini saya bilang bagus, ia bisa mengikuti cerita dengan baik. Namun penampilannya di film ini masih jauh dari penampilan sebelumnya di Taken yang terlihat jauh lebih stunning. January Jones sebagai sang istri pun, berakting dengan baik. Melihat Kruger di film ini, seperti membawa kembali memory saya ketika ia memerankan seorang wanita yang dibebaskan dirinya oleh sang suami di Anything For Her. Namun aktingnya di film ini saya rasa tidak teralu bagus, aktingnya terlihat begitu standar dibandingkan film-film dia sebelumnya (Sumber).

Cast:
Aktor berusia 59 tahun ini terakhir mengisi suara Azlan dalam The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader (2010), Liam Neeson bermain sebagai Dr. Martin Harris
Memulai karirnya lewat serial televisi Duelles (2002), Diane Kruger berperan sebagai Gina
January Jones sebagai Elizabeth Harris
Aidan Quinn sebagai Martin B
Bruno Ganz sebagai Ernst Jürgen
Frank Langella sebagai Rodney Cole
Sebastian Koch sebagai Professor Leo Bressler
Director:
Merupakan film keempat bagi Jaume Collet-Serra setelah terakhir kali sukses mencabik-cabik perasaan lewat The Orphan (2009).
Diproduksi oleh Warner Bros Pictures yang berkolaborasi dengan beberapa perusahaan lainnya dimana tanggal rilis di Amerika Serikat adalah 16 Februari 2011 yang lalu.

Ulasan Databasefilm:
Dua alasan saya menyaksikan film ini adalah faktor sutradara dan jajaran castnya terutama aktor aktris utama. Jaume Collet-Serra meskipun filmografinya belum banyak tapi sudah mampu menghasilkan karya-karya yang intriguing. Tidak peduli jika seorang Liam Neeson dikatakan terlalu banyak bermain dalam film-film sejenis sebelumnya, ia tetaplah aktor watak yang handal dalam menerjemahkan peran-peran yang ditawarkan kepadanya.
Diangkat dari novel berjudul “Out of My Head” karya Didier Van Cauwelaert, duet penulis Oliver Butcher dan Stephen Cornwell menerjemahkan bagian demi bagian dengan runut. “Who am I?” di bagian opening akan membuat anda sama blanknya dengan karakter Dr. Martin Harris. Pemaparan sekuensi yang cermat berhasil menjaga intensitas cerita sekaligus memaksa penonton untuk tetap antusias menyaksikannya hingga akhir.
Film ini lebih tepat dikategorikan suspense mystery daripada action thriller. Terlepas dari berbagai adegan aksi seru yang disematkan, tidak menjadi fokus utamanya. Jalinan kisahnya yang tidak mudah ditebak karena berbagai twist yang disisipkan membuat kita menerka-nerka akankah tokoh Dr. Martin Harris akan sukses menemukan jawaban pada akhirnya? Apa yang kita pikirkan A ternyata berbalik menjadi B, begitu seterusnya hingga seluruh rangkaian teka-teki terjawab di bagian penutupnya.

Sutradara Collet-Serra manyajikan berbagai elemen thriller yang baik layaknya pembatas buku. Lihat saja adegan pembuka kecelakaan mobil yang membuat Neeson mengalami amnesia, sangat realistis! Atau kejar-kejaran mobil di tengah kota yang mengasyikkan walau disyut tidak terlalu detil dari sisi antagonisnya. Sinematografi ciamik dihadirkan Flavio Martínez Labiano dengan nuansa abu-abu, atmosfir kering yang melambangkan cuacana Jerman yang dingin bersalju.
Penampilan Neeson mungkin mengingatkan anda pada Taken (2008). Bedanya ia ‘hilang ingatan’ disini tetapi tetap sama tangguhnya dengan peran ‘singa terluka’ disana. Salah satu aktris fave saya, Kruger di luar dugaan tidak hanya menjadi sidekick belaka. Gina tergolong superwoman yang mampu meloloskan diri dari bahaya sekaligus menyelamatkan sang superhero. Awesome! Sedangkan Jones lumayan mencerahkan sebagai ‘istri’ Dr. Martin Harris yang anggun.
Unknown bukanlah film ambisius yang ingin mencetak dollar ataupun meraup penghargaan internasional dengan kekuatan cerita dan karakterisasinya. Kemudahan antagonis melacak protagonis untuk kemudian memberinya nafas panjang sebelum menghabisinya tampak masih kurang logis. Selebihnya trio produser Leonard Goldberg, Andrew Rona dan Joel Silver benar-benar seperti mengajak penonton membaca sebuah novel seru, lembar per lembar untuk memecahkan misteri terselubung itu.

Berbagai sumber
Terima kasih sudah membaca Sinopsis dan Ulasan Film 'Unknown" (2011), Kehilangan Identitas
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Sinopsis dan Ulasan Film 'Unknown" (2011), Kehilangan Identitas"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.