Penyakit pada Sistem Peredaran Darah

DMCA.com Protection Status
Loading...
Penyakit pada Sistem Peredaran Darah-- Darah dan alat peredaran darah dapat terserang berbagai penyakit seperti berikut.
1. Anemia
Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah (eritrosit). Anemia dapat disebabkan oleh pendarahan yang terlalu banyak atau produksi sel darah merah yang lambat. Gejalanya mudah pusing, cepat lelah, lemah, anggota tubuh mengalami kesemutan, dan jantung berdebar-debar. Dapat dicegah dan diatasi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, antara lain daging, sayuran, dan buah-buahan.
2. Leukemia
Penyakit yang disebabkan karena produksi sel darah putih yang berlebihan. Akibatnya sel darah putih dapat memakan sel darah merah. Gejalanya adalah mudah lelah, lemah, nafsu makan berkurang, nyeri tulang, dan terjadi pendarahan di kulit atau bagian tubuh lain. Penderita leukemia harus mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit.
3. Hemofilia
Hemofilia merupakan penyakit dengan gejala darah sukar membeku. Jika tubuh mengeluarkan darah, maka darah akan mengalir terus sehingga dapat menyebabkan kematian. Hemofilia merupakan penyakit keturunan.
4. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan karena tekanan darah tinggi dalam pembuluh arteri. Gejala yang ditimbulkan antara lain nyeri di kepala, badan lemah, sesak napas saat melakukan kerja berat, dan jantung berdebar.debar. Penderita hipertensi dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam.
5. Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)
Penyakit ini ditandai dengan rendahnya tekanan darah jika diukur dengan tensimeter. Gejalanya antara lain cepat merasa lelah, tangan dan kaki menjadi dingin, serta mudah pusing.
6. Ambeien
Ambeien merupakan pelebaran pembuluh darah pada anus. Gejalanya timbul tonjolan yang keluar dari anus dan terasa nyeri. Terkadang disertai dengan pendarahan. Penderita dianjurkan makan makanan berserat.
7. Sklerosis
Sklerosis merupakan penyakit akibat adanya kolesterol dan endapan kapur dalam pembuluh darah sehingga pembuluh darah mengeras. Penyakit ini dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan rendah kolesterol dan melakukan olahraga secara rutin.
8.Stroke
Stroke disebabkan pecahnya pembuluh darah di otak. Sklerosis dapat mempersempit pembuluh darah sehingga tekanan darah naik. Akibatnya pembuluh darah bisa pecah dan pecahnya pembuluh darah menyebabkan stroke.

Untuk menjaga kesehatan sistem peredaran darah, kita perlu menerapkan pola hidup sehat, yaitu:
1.olahraga teratur
2.mengurangi konsumsi makanan berlemak
3.mengonsumsi makanan berserat
4.tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol
5.istirahat yang cukup
Terima kasih sudah membaca Penyakit pada Sistem Peredaran Darah
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Penyakit pada Sistem Peredaran Darah"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.