Enam Aktivitas Mudah yang Membuat Otak Cerdas

DMCA.com Protection Status
Loading...
KECERDASAN bersifat fleksibel. Ia tidak hanya dibatasi oleh nilai IQ, kemampuan menghafalkan sejumlah informasi, atau menghitung dengan cepat. Seringkali, kecerdasan bisa juga berarti Anda mampu memproses informasi dengan efektif, mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan logis, serta menghasilkan ide yang super kreatif dan out of the box. Manifestasi kecerdasan ini nantinya akan membuat Anda semakin bersinar di kampus atau tempat kerja.

Semua kegiatan unik di artikel ini telah terbukti dan dirancang untuk menstimulasi produktivitas, kreativitas, dan kinerja kerja otak Anda secara keseluruhan.

Sekarang, setelah akhir pekan Anda bebas dari pekerjaan dan beban pikiran, coba lakukan aktivitas berikut ini sepanjang weekend, dan perlahan, setiap hari.

Tenang saja, tidak satu pun kegiatan ini mengharuskan Anda untuk berhitung atau menghafal!

1. Membaca Novel Fiksi

Novel nonfiksi memang mengenalkan Anda pada berbagai topik dan pola pikir baru, namun novel fiksi juga memiliki kelebihan, yaitu memicu kreativitas dan meningkatkan kemampuan Anda untuk memvisualisasikan sebuah permasalahan. Ini karena Anda 'dipaksa' untuk membayangkan alur cerita dalam novel fiksi.

Sebagai bonus, membaca novel fiksi terbukti membuat Anda lebih empati terhadap individu di sekeliling Anda. Hal ini terutama akan sangat membantu Anda yang bekerja di departemen HR, manajemen senior, atau Anda yang ingin memperbaiki hubungan dengan kolega di kantor.

2. Bermain Game

Guru Anda yang dulu marah-marah karena Anda bolos untuk bermain game ternyata hanya setengah benar! Tahukah Anda kalau bermain game ternyata dapat meningkatkan performa otak? Bahkan game simpel seperti Super Mario saja dapat membantu Anda dari segi perencanaan strategi, peningkatan daya ingat, dan kemampuan motorik.

Jadi, daripada bersantai di sofa dan menonton, ayo bermain game! Permainan klasik seperti Scrabble, Sudoku, atau aplikasi seperti 2048 juga dapat meningkatkan kemampuan otak Anda baik dari segi peningkatan kosa kata maupun kemampuan berpikir secara logis. Tapi jangan sampai Anda kepikiran bolos untuk bermain game, ya.

3. Berolahraga

Anda tahu kalau berolahraga dapat membuat Anda lebih sehat dan terhindar dari penyakit, tapi ternyata aktivitas fisik juga memiliki efek positif untuk otak Anda karena aliran darah kaya oksigen akan mengalir ke otak saat Anda sedang aktif. Keuntungannya bermacam-macam, seperti membantu memproses informasi baru lebih cepat dan meningkatkan kemampuan otak menyimpan memori dengan lebih efektif.

Olahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi memang akan sangat membantu, tapi Anda juga dapat memperoleh manfaatnya tanpa pergi ke gym asal Anda ingat untuk tetap aktif dan bergerak sepanjang hari.

4. Tidur Siang

Aktivitas yang satu ini mungkin sering Anda lakukan tanpa menyadari manfaatnya pada otak Anda. Tidur siang singkat sepanjang 15 hingga 20 menit akan membuat Anda lebih segar saat bangun, sehingga otak Anda lebih reseptif untuk menerima dan menyerap informasi baru saat bangun. Selain itu, saat tidur siang, otak Anda melakukan 'bersih-bersih' informasi dan memori, sehingga Anda akan lebih mudah mengakses memori dan pengetahuan baru.

5. Meditasi

Meditasi bukan hanya dapat meringankan stres akibat tekanan di tempat kerja, tapi juga melatih otak Anda untuk menghilangkan distraksi yang mengganggu konsentrasi, bahkan merubah struktur otak Anda. Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam diam di pojokan. Meditasi lima menit setiap hari sudah cukup untuk perlahan-lahan membantu Anda untuk lebih fokus sehari-hari.

6. Berdebat Dengan Teman

Kalau sudah kehabisan bahan gosip atau topik, coba pilih sebuah topik untuk dibahas bersama teman. Lebih baik lagi jika Anda dan teman memiliki pandangan yang berbeda. Yup, sedikit perbedaan pendapat antar Anda dan teman tidak apa-apa, bahkan menguntungkan. Ketika sedang berdebat, Anda akan saling berbagi informasi dan Anda akan terlatih untuk melihat sebuah permasalahan dari berbagai perspektif. Ingat, silahkan berdebat dengan tetap menjaga rasa hormat satu sama lain.

Sumber: Okezone
Terima kasih sudah membaca Enam Aktivitas Mudah yang Membuat Otak Cerdas
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Enam Aktivitas Mudah yang Membuat Otak Cerdas"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.