Widget HTML Atas

Hasil UKG Tak Pengaruhi Tunjangan Guru

WARTA GURU-- Halo, Bapak/ Ibu Guru yang kami hormati. Semoga Bapak/ Ibu selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan YME. Tidak lama lagi, tepatnya pada 9-27 November 2015, semua guru di Indonesia akan mengikuti uji kompetensi guru (UKG). Tujuan dari UKG sendiri yakni untuk memetakan kompetensi guru di setiap bidang atau mata pelajaran yang mereka ajarkan, alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru, serta menentukan materi dan pola pelatihan guru.
Kasubdit Perencanaan Kebutuhan, Peningkatan Kualifikasi, dan Kompetensi Dirjen GTK Kemdikbud, Santi Ambarukmi mengatakan, UKG yang akan diikuti 3.015.315 guru tersebut tidak akan mengurangi tunjangan. Sehingga, dia mengimbau kepada para guru untuk tetap rileks dalam menghadapi ujian tersebut.
"Enggak usah gelisah, resah, dan galau. UKG ini untuk memetakan saja, sehingga guru yang nilainya rendah bisa mendapatkan pelatihan yang tepat," ujar Santi di Kemdikbud.

Santi menambahkan, soal yang diujikan pada UKG adalah 200 mata pelajaran, sesuai jenis dan jenjang pendidikan. Soal-soal tersebut akan disesuaikan berdasarkan latar belakang pendidikan, sertifikasi pendidik, dan jenjang pendidikan tempat guru bertugas.
"Misalnya, kalau guru matematika SMP, ya akan mendapat soal matematika SMP. Nanti hasilnya akan menjadi patokan bagi pengembangan program pelatihan selanjutnya," terangnya.

Sementara untuk masalah skor, lanjut dia, Kemdikbud menargetkan 5,5. Namun, Santi berharap hasil yang diperoleh para guru bisa di atas target yang ditentukan.
"Target nilai tersebut tidak menentukan lulus atau tidak. Nanti dari hasil itu akan dikelompokkan menjadi 10 rentang nilai yang akan menentukan perlakuan untuk setiap kategori. Namun, dari kategori tersebut tetap tidak ada predikatnya, jadi benar-benar untuk memetakan," tutupnya.

Sumber: Okezone

Posting Komentar untuk "Hasil UKG Tak Pengaruhi Tunjangan Guru"

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!