Empat Metode Mengajar Pilihan Para Guru

DMCA.com Protection Status
Loading...
Empat Metode Mengajar Pilihan Para Guru-- Metode mengajar merupakan cara menyampaikan bahan atau materi pelajaran kepada siswa. Cara tersebut tidak sembarang dipilih, melainkan melalui pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang lazim dalam memilih dan menggunakan metode mengajar adalah karakter materi pelajaran dan karakter siswa, ketersediaan sarana dan prasarana belajar, dan lain sebagainya.

Dapat dikatakan kalau tak satu pun metode mengajar yang bagus kecuali yang sesuai dengan pertimbangan tersebut. Namun demikian, yang paling populer dan sering digunakan guru adalah metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Mengapa paling populer? Metode ini sangat praktis dan tidak membutuhkan perlengkapan belajar yang banyak.

1.Metode Ceramah

Metode ceramah lebih banyak digunakan guru dalam menjalankan pembelajaran. Lebih instan karena guru tinggal berceramah dalam menyajikan materi. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam berceramah adalah teknik berceramah yang mengaktifkan siswa secara fisik dan psikis.

2.Metode Diskusi

Metode diskusi banyak jenisnya namun yang paling dikenal dalam pembelajaran adalah diskusi kelompok. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan materi pelajaran.

3.Metode Eksperimen

Metode ini sering dianggap paling bagus dalam pembelajaran. Digunakan apabila tersedia segala bahan dan alat praktikum yang dibutuhkan. Pada mata pelajaran sains, metode ini dilaksanakan di laboratorium IPA.

4.Metode demonstrasi

Demonstrasi merupakan bagian dari metode eksperimen. Digunakan apabila alat dan bahan praktikum tidak memadai. Guru atau kelompok siswa mendemonstrasikan proses ilmiah sesuai topik pelajaran yang dipilih.

Sumber: Viva
Terima kasih sudah membaca Empat Metode Mengajar Pilihan Para Guru
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Empat Metode Mengajar Pilihan Para Guru"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.