Daur Hidup (Metamorfosis) pada Hewan Serangga

Daur Hidup (Metamorfosis) pada Hewan Serangga-- Serangga memiliki tahap-tahap pertumbuhan yang berbeda dari makhluk hidup lain. Setiap tahap pertumbuhannya memiliki bentuk yang berbeda. Tahap-tahap pertumbuhan itu disebut metamorfosis. Pada serangga, metamorfosis terdiri atas 2 jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan meta morfosis tidak sempurna.

1). Metamorfois Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah perubahan kedewasaan yang melewati perubahan bentuk dalam tahap-tahap yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Beberapa hewan mengalami jenis proses metamorfosis yang satu ini. Proses pertumbuhan dan perkembangan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna ini melewati beberapa tahap. Masing-masing tahapan tersebut memiliki bentuk yang berbeda dengan tahapan lainnya. Tahap-tahap perubahan hewan yang mengalami metemorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami empat fase, yaitu telur, larva, pupa (kepompong), dan imago. Serangga yang mengalami metamorfosis sempurna ialah serangga yang memiliki empat tahap pertumbuhan dalam daur hidupnya.

Contohnya: kupu-kupu, nyamuk, lalat, semut.

2). Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna (tidak lengkap), adalah proses perubahan bentuk hewan yang saat lahir tidak berbeda bentuknya dengan hewan dewasa (tidak melalui tahap menjadi kepompong), yaitu telur, nimfa, dan hewan dewasa.

Contohnya: kecoak, capung, dan belalang.

Posting Komentar untuk "Daur Hidup (Metamorfosis) pada Hewan Serangga"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!