Widget HTML Atas

Perbedaan Peta, Atlas, dan Globe

Apa perbedaan antara peta, aAtlas, dan globe? simak dalam uraian ringkas berikut ini.

Peta

Peta yaitu gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi dalam bidang datar dengan menggunakan skala tertentu. Sesuatu yang digambarkan dalam peta biasanya berupa bentuk alam atau data mengenai permukaan bumi yang diwujudkan dalam wujud simbol-simbol tertentu seperti gunung, laut, dataran rendah, dataran tinggi, jalan raya, jalan kerta api, kota, dan sungai. Jika kamu ingin belajar lebih banyak tentang peta, pelajarilah ilmu khusus tentang perpetaan yang disebut kartografi.

Atlas

Atlas yaitu kumpulan peta yang disusun dalam bentuk buku. Atlas ini biasanya berupa bagian-bagian peta besar yang diperkecil, kemudian disusun dalam satu buku sehingga peta besar yang tadinya sulit dibawa-bawa menjadi lebih mudah dibawa dan digunakan bagi para pemakai informasi peta. Contohnya atlas dunia dan atlas negara.

a. Atlas Tematik
Atlas tematik menyajikan tema tunggal. Misalnya atlas sejarah, atlas budaya, dan atlas geografi.

b. Atlas Politik
Jenis atlas ini menunjukkan negara-negara di dunia. Atlas politik juga dapat digunakan untuk menunjukkan provinsi dan batas-batas wilayah lainnya.

c. Atlas Fisiografi
Bentang lahan dari sebuah wilayah dapat ditampilkan melalui atlas fisiografi. Misalnya rangkaian pegunungan, dataran tinggi, sungai, lautan, dan bentang lahan lainnya.

Globe

Globe yaitu tiruan bentuk muka bumi dalam ukuran kecil. Globe merupakan alat peraga geografi yang paling mudah dipahami karena bentuknya yang menyerupai bumi secara sebenarnya. Globe disebut juga miniatur bumi. Secara umum, globe ini banyak memiliki manfaat dan kegunaan di antaranya untuk menirukan gerak rotasi dan revolusi bumi serta mengetahui persebaran bentuk kenampakan alam yang ada di dunia.

Globe dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, antara lain:

a. Menunjukkan bentuk bumi yang sesungguhnya.
b. Menunjukkan sistem garis lintang dan garis bujur.
c. Menggambarkan permukaan bumi secara utuh.
d. Memperagakan sistem perputaran bumi.
e. Memperagakan terjadinya siang dan malam.

Globe pertama diciptakan oleh Anaximander pada abad ke-6 SM. Terkenal pula globe dari Raja Louis XIV yang bergaris tengah 3,5 meter dan globe ciptaan Martin Behain (1492, Nurnberg) yang dikenal dengan globe modern pertama. Globe langit pertama diciptakan oleh Eudoxus.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Peta, Atlas, dan Globe"

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!