Makanan atau Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi

DMCA.com Protection Status
Loading...
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi pada penyakit kronis lain seperti jantung dan stroke jika tidak segera diatasi. Menderita darah tinggi harus dibawa enjoy! Tak perlu terlalu tegang dan mencemaskan kondisi kesehatan kita. Meski kenyataan tak dapat disangkal bahwa 60 persen penderita hipertensi berakhir dengan stroke, tapi kita harus punya pemikiran positif agar kesehatan tak kian memburuk.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi darah tinggi. Hal pertama dan utama yang perlu kita ubah adalah menu makanan. Mulai detik ini juga, hentikan konsumsi lemak jenuh dari makanan yang digoreng dan lemak dari daging olahan. Ganti makanan tersebut dengan buah-buahan dan sayuran segar. Berikut ini daftar sayur dan buah yang bisa kita konsumsi sehari-hari untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Tomat
Makan tomat mentah-mentah dan bulat-bulat mungkin tidak semua orang suka. Lebih nikmat kalau tomat dijus dan dicampur dengan buah lain. Tetapi, porsi terbesar harus buah ini, karena di dalam tomat terdapat potasium, vitamin C dan serat, dan dalam satu mangkuk tomat terkandung 9 mg sodium saja.
Minuman ini bisa jadi diet sodium yang sehat karena kebutuhan kita akan sodium tetap terpenuhi tapi dalam jumlah yang minimal. Tentu tidak membahayakan kondisi kesehatan kita. Sebisa mungkin pilihlah tomat segar untuk dijus, karena tomat olahan yang dijual di supermarket sering kali mengandung sodium yang lumayan tinggi.

Buah Beri
Apa saja yang termasuk dalam kategori buah beri? Anda bisa sebutkan satu per satu yang Anda kenal; strawbery, blueberry, blackberry, dan raspberry.
Buah beri dikenal kaya manfaat karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Satu mangkuk buah beri mengandung 200 mg potasium.
Kandungan potasium yang kita butuhkan untuk mengatasi darah tinggi setidaknya 4.700 mg asupan potasium per hari, jadi sekitar 23 mangkuk buah beri yang kita butuhkan dalam sehari. Tak sulit memakan buah sebanyak itu asal kita mengolahnya dalam bentuk jus segar. Selain potasium, buah beri juga mengandung serat dan vitamin C.

Jeruk
Jeruk kaya vitamin C. Ternyata, selain vitamin C, buah ini juga banyak mengandung potasium, serat, dan rendah sodium.

Brokoli
Brokoli hanya satu contoh sayuran hijau yang mengandung potasium tinggi, tapi rendah sodium. Bisa dibuat dengan jus. Jus buah sehat dan menyehatkan yang diolah tanpa gula.

Selain itu, makanan atau buah yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah adalah: ketumbar, susu skim atau susu bebas lemak, pisang, kedelai, bawang putih, gandum, biji bunga matahari, minyak zaitum, kentang putih, mengkudu, zaitun, alpukat

Makanan atau buah-buahan tersebut mengandung kalium, kalsium, magnesium, folat, potasium, vitamin D yang baik untuk kesehatan kita.

Sumber: http://www.deherba.com dan lain-lain
Terima kasih sudah membaca Makanan atau Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Makanan atau Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

loading...