Loading...

Cara Menemukan Kembali Smartphone yang Hilang atau Dicuri

DMCA.com Protection Status
Loading...
Apapun jenis smartphone Anda, baik yang berbasis iOS dan Android, dapat ditemukan kembali ketika hilang atau dicuri. Bahkan dari jarak jauh Anda bisa melacaknya, mengunci layar, dan menghapus data yang ada. Namun syaratnya, smartphone Anda yang hilang atau dicuri tetap menyala dan terkoneksi dengan Internet. Kasus ini tentunya mudah jika Anda melacak smartphone dengan koneksi data internet, namun sulit jika Anda melacak laptop yang mungkin offline atau dimatikan oleh pencuri.

Lalu, bagaimana cara menemukannya? Berikut ini adalah cara menemukan smartphone dan laptop yang hilang atau dicuri.

iPhone, iPad, dan Mac

Layanan Apple "Find My" telah terintegrasi ke iPhone, iPad, dan bahkan komputer Mac. Dengan mengaktifkannya di iCloud, Anda dapat melacak perangkat dari situs iCloud. Anda juga dapat menginformasikan kehilangan perangkat, menguncinya, dan menghapus data yang tersimpan dari jarak jauh.
Bila Anda menandakan iPhone atau iPad menjadi `modus hilang`, iCloud akan mulai melacak lokasi dari waktu ke waktu sehingga Anda dapat melihat history-nya secara lengkap.

Anda juga dapat me-reset-nya sehingga Anda bisa melacak dan mengatur iPhone atau iPad jika perangkat dicuri. Apple tidak akan mengaktifkan iPhone dan iPad jika keduanya ditandai telah hilang.

Anda bahkan dapat mengunci Mac dari jarak jauh sehingga Mac akan segera menutup sehingga pencuri harus memasukkan password firmware untuk proses booting.
Proses booting sistem operasi tidak akan berjalan tanpa password yang valid. Anda juga bisa menghapus data sensitif yang ada pada Mac dari jarak jauh.

Smartphone dan Tablet Android

Android Device Manager memungkinkan Anda untuk melacak, mengunci, dan menghapus data yang ada pada smartphone atau tablet Android dari jarak jauh. Anda harus mengaktifkan fitur ini dengan cara membuka Google Settings, Android Device Manager, dan mengaktifkannya.
Setelah diaktifkan, Anda dapat mengunjungi situs Google Play, klik ikon roda gigi, dan pilih Android Device Manager. Anda akan melihat lokasi perangkat yang hilang pada peta.

Namun tak seperti Apple Find My, Android Device Manager dapat terhapus setelah perangkat di-reset sehingga pencuri dapat mengatur ulang perangkat dan Anda tidak akan dapat melacaknya.

Android Device Manager juga tidak dapat memantau history pergerakan perangkat yang hilang secara lengkap. Untuk itu Anda dapat menggunakan aplikasi Android dari pihak ketiga, seperti Anti-Theft dari Avast. Demikian seperti dikutip dari laman How-To Geek, Kamis (22/1/2015).

Baca lebih lanjut di Liputan6
Terima kasih sudah membaca Cara Menemukan Kembali Smartphone yang Hilang atau Dicuri
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Cara Menemukan Kembali Smartphone yang Hilang atau Dicuri"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.