Loading...

Bapak Ilmu Komputer: Alan Turing

DMCA.com Protection Status
Loading...
Pelajaran Sekolah berbagi info Bapak Ilmu Komputer: Alan Turing--
Sabtu lalu (23 Juni 2012) merupakan peringatan ulang tahun ke-100 Alan Turing. Siapa dia sehingga hari lahirnya dirayakan sebagai hari penemuan komputer? Dikutip dari Wikipedia, Alan Mathison Turing (lahir 23 Juni 1912 – meninggal 7 Juni 1954 pada umur 41 tahun) di Maide Vale, London, Inggris, ia adalah seorang peneliti matematika dan komputer, dan pahlawan perang Inggris.
Dia adalah seorang dari peneliti-peneliti komputer modern digital pertama. Selain itu dia adalah orang pertama yang berpikir menggunakan komputer untuk berbagai keperluan. Dia mengatakan bahwa komputer dapat menjalankan berbagai program.
Dia juga memberikan ide tentang mesin Turing, mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah.
Pria ini bertanggung jawab dalam menemukan konsep "komputasi" dan "algoritma" yang digunakan saat ini.
Dia telah menyiapkan berbagai penemuan untuk kehidupan modern saat ini. Di luar kontribusi intelektualnya, pilihan hidup Turing membuatnya berakhir nahas.

Pada 1952, Turing dianggap kriminal karena menjadi homoseksual. Pilihan pecinta sesama jenis ini dinilai sebagai kejahatan oleh pemerintah Inggris pada masa itu.
Turing dipaksa untuk terapi hormon perempuan untuk "menyembuhkan" penyakit "gangguan" yang melanggar hukum itu. Proses ini dinamakan sebagai "pengebirian kimia". Ini menjadi alternatif hukuman penjara.

Dalam waktu kurang dari dua tahun, Turing bunuh diri sebelum ulang tahun ke-42. Buku Pria yang Terlalu Banyak Tahu: Alan Turing dan Penemuan Komputer karya David Leavitt menawarkan pandangan pedih tentang cara homoseksualitas Turing menjadi faktor dalam kesengsaraan. Buku ini juga menggambarkan intelektualitas dan keunggulan kreatifnya.

Turing sempat menulis surat untuk temannya, Norman Routeledge sebelum mengakhiri hidupnya. Dalam surat itu, Turing mengaitkan penangkapannya dengan pencapaiannya dalam silogisme.
"Turing yakin mesin berpikir. Turing mengandalkan pria. Untuk itu, mesin tidak bisa berpikir," tulis Turing seperti dilansir dari Brain Pickings.

Turing khawatir homoseksualitas membuat orang-orang menentang dirinya dan ide-idenya. Pria ini menyadari homoseksualitas dan keyakinan terhadap kecerdasan komputer dianggap sebagai ancaman bagi organisasi keagamaan.
Desakan Turing dalam mempertanyakan klaim eksklusif umat manusia untuk kemampuan berpikir mendapat rentetan kritik pada 1940-an. Dia juga mengkritik norma sosial yang menolak pria dan perempuan homoseksual untuk menunjukkan eksistensinya secara sah.

Pada 1936, Turing membuat mesin Turing. Perangkat ini memanipulasi simbol pada pita rekaman bergaris dengan beberapa pengaturan. Kendati terlihat sederhana, mesin ini mengadaptasi logika simulasi semua algoritma komputer. Ini bisa menjelaskan fungsi CPU di dalam komputer. Turing menyebutnya "a-machine" dari mesin otomatis.

Mesin Turing bukan ditujukan untuk teknologi komputasi praktis. Ini menjadi perangkat hipotesis yang mewakili mesin komputasi. Mesin Turing membantu ilmuwan komputer memahami batasan komputasi mekanis.

Turing menjelaskan eksperimennya pada esai 1948 berjudul "Mesin Intelejensia". Mengacu pada publikasinya pada 1936, Turing menyebut Mesin Komputasi Logis terdiri dari kapasitas memori tidak terbatas yang diperoleh dalam bentuk rekaman tidak terbatas dan ditandai dalam persegi. Setiap simbol bisa dicetak. Setiap momentum ada satu simbol dalam mesin. Ini disebut simbol yang dipindai. Mesin ini bisa mengubah simbol yang dipindai. Kinerjanya sebagian ditentukan simbol itu. Tapi, simbol-simbol pada pita di tempat lain tidak memengaruhi kinerja mesin.
"Rekaman itu dapat dipindahkan bolak-balik melalui mesin. Ini menjadi salah satu kinerja dasar mesin. Setiap simbol dari pita memiliki penanda batas pada ujungnya," tulis Turing.

Sumber-sumber:
http://teknologi.vivanews.com/news/read/329123-alan-turing--pionir-komputer-berakhir-tragis
http://id.wikipedia.org/wiki/Alan_Turing

Terima kasih sudah membaca Bapak Ilmu Komputer: Alan Turing
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Bapak Ilmu Komputer: Alan Turing"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.