Serpihan Pesawat dan Jenazah Penumpang AirAsia Akhirnya Ditemukan

DMCA.com Protection Status
Loading...
Setelah melakukan pencarian selama tiga hari, Tim SAR akhirnya berhasil menemukan kembali serpihan pesawat AirAsia QZ 8501 yang hilang Minggu pagi yang lalu. Tim SAR menemukan serpihan-serpihan benda yang diduga bekas pesawat dan enam jenazah di perairan Pangkalan Bun, Selat Malaka. Laksamana pertama Tri Wibowo mengatakan kepada Kompas.com bahwa koper dan pelampung juga terlihat.

Sebelumnya Tim SAR yang menyisir wilayah perairan sekitar Pulau Bangka-Belitung, menemukan dua hal: tumpahan minyak dan sinyal lemah yang diperkirakan berasal dari ELT pesawat di 93 mil laut sebelah utara pulau Bangka. KompasTV memberitakan hal itu di acara Breaking News siang kemarin (Senin, 30 Des). Namun, pada petang harinya, Basarnas mengonfirmasi bahwa itu bukanlah sinyal ELT dan mengenai dugaan adanya tumpahan minyak ternyata setelah dilakukan pengecekan hanyalah merupakan gugusan karang di perairan dangkal.

Di samping itu, tim juga menemukan bayangan benda yang lumayan besar di bawah permukaan air laut yang diduga adalah badan pesawat AirAsia.

Sebelumnya diberitakan bahwa pesawat Air Asia yang lepas landas dari bandara Juanda Surabaya menuju ke Singapura, Minggu pagi (28/12/2014) sekitar pukul 06.17 WIB hilang kontak. Kementerian Perhubungan menegaskan mengenai hilangnya pesawat AirAsia AWQ8501 itu dalam jumpa pers di kantor Otoritas Bandara Wilayah II, Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat dengan muatan 155 penumpang itu diperkirakan jatuh di perairan Tanjung Pandang dan Pontianak.
foto-pelampung-diduga-milik-pesawat-airasia

Pada data manifest keberangkatan pesawat yang dirilis Dephub.go.id, Minggu (28/12/2014), diketahui ada 177 orang dan 4 bayi yang tercatat sebagai calon penumpang. Namun saat hari keberangkatan pada pagi tadi, hanya 155 saja yang berangkat dengan menumpang pesawat AirAsia tersebut. Sementara 23 lainnya berikut 3 bayi tak ikut dalam penerbangan.

Dari data penumpang yang ikut dalam penerbangan AirAsia diketahui, sebanyak 68 orang merupakan wanita dan 70 laki-laki. Sedangkan 16 lainnya merupakan penumpang anak-anak dan 1 bayi. Dari 155 penumpang tersebut, total barang bawaan yang ikut diangkut AirAsia QZ8501 yakni sebanyak 1.305 kilogram.
Penumpang pesawat didominasi warga negara Indonesia, lainnya 1 WN Singapura, 1 WN Inggris, 1 WN Malaysia, dan 3 WN Korea Selatan.

Semoga masih ada penumpang yang selamat....
Sumber: BBC, Kompas, Liputan6
Terima kasih sudah membaca Serpihan Pesawat dan Jenazah Penumpang AirAsia Akhirnya Ditemukan
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Serpihan Pesawat dan Jenazah Penumpang AirAsia Akhirnya Ditemukan"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.