Kontroversi Suntik Kebiri Pelaku Paedofilia

DMCA.com Protection Status
Loading...
Kontroversi Suntik Kebiri Pelaku Paedofilia-- Wacana hukuman suntik kebiri untuk pelaku kekerasan seksual terhadap anak dinilai ahli psikologi forensik Reza Indragiri Amriel bukan tindakan tepat. Suntik kebiri adalah memasukkan anti-androgen ke dalam tubuh sehingga hasrat seksual melemah atau bahkan hilang sama sekali.
"Kebiri bisa menghilangkan hasrat seksual, tapi perasaan-perasaan dendam, amarah, dan lain-lain justru bisa mengalami brutalisasi. Alih-alih menghentikan pelaku, justru membuat potensi kebahayaannya kian dahsyat," kata Reza kepada Kompas.com, Senin (12/5/2014).

Kebrutalan yang dimaksud Reza adalah potensi bahaya dan intensitas perilaku kekerasan menjadi berlipat ganda. Kebiri justru membuat pelaku mengembangkan cara-cara baru yang nonseksual untuk mengekspresikan perasaan-perasaan negatifnya.

Reza menambahkan, perasaan negatif, seperti sakit hati, amarah, dan dendam, sudah terbentuk sejak pelaku merasakan viktimisasi. "Pengebirian hanya akan membuat perasaan-perasaan tersebut makin buas," kata Reza.

Reza juga menyebutkan beberapa alternatif hukuman yang dinilainya lebih tepat, yaitu rajah di bagian tubuh terbuka, simbol khusus pada KTP, dan public notice dari polisi. Ketiga hukuman tersebut memang tidak menghilangkan hasrat seksual pelaku, tetapi cukup untuk meningkatkan kewaspadaan publik akan bahaya si pelaku.
"Karena tidak bisa mengubah pelaku, kewaspadaan masyarakat yang harus ditingkatkan. Pendekatan-pendekatan tersebut semoga bisa memperkuat daya tangkal publik," tuturnya.

Meskipun begitu, bagi Reza, hukuman ideal bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak adalah hukuman mati. "Idealnya, menurut saya, adalah hukuman mati," katanya.

kompas.com
Terima kasih sudah membaca Kontroversi Suntik Kebiri Pelaku Paedofilia
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Kontroversi Suntik Kebiri Pelaku Paedofilia"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

loading...