Widget HTML Atas

SOAL | Menulis Teks Berita sesuai Konteks

Pahami informasi berikut!
1) Peristiwa yang terjadi: unjuk rasa petani tembakau.
2) Orang yang mengalami peristiwa: para petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK, Jawa Tengah.
3) Tempat terjadinya peristiwa: Kendal
4) Waktu terjadinya peristiwa: Kamis, 22 Desember 2011
5) Penyebab terjadinya peristiwa: pemerintah kurang memperhatikan nasib petani tembakau
6) Proses terjadinya peristiwa: Para petani menutup Jalan Waleri, Kendal. Mereka menutup jalan sebagai wujud ketidakpuasan petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

Teks berita yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah . . . .
a. Hingga saat ini ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
b. Petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
c. Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Unjuk rasa dilakukan pada Kamis (22/12/2011). Unjuk rasa dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
d. Ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, Kamis (22/12/2011), melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri, Kendal. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

Jawaban: D
Teks berita dalam pilihan jawaban D memuat pokok-pokok berita yang disajikan, yaitu unsur 5W1H.

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!