Widget HTML Atas

SOAL | Menentukan Kalimat Utama


1. (1) Perayaan Tahun Baru yang berlangsung meriah di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. (2) Satu di antara persoalan tersebut adalah rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. (3) Kerusakan taman ini seperti terlihat di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. (4) Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. (1) Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesin buatan Amerika Serikat itu diduga diproduksi pada tahun1952. (3) Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. (1) Mengenang pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara, sudah sewajarnya kita lakukan, sebab tanpa mereka itu kita yang hidup di zaman ini tidak mungkin mengisi kemerdekaan. (2) Tugas kita mengisi kemerdekaan itu sesuai profesi kita masing-masing sebagai pelajar. (3) Semangat juang para pahlawan bangsa itu, hendaknya dijabarkan menjadi kerja keras belajar meraih cita-cita. (4) Adalah keliru apabila kita terlena dan hanya berhura-hura saja.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. (1) Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memperkirakan sebanyak 400 ribu pengunjung hadir menjelang Tahun Baru 2009. (2) Perkiraan ini dirasa tidak berlebihan mengingat membludaknya pengunjung pada tahun lalu. (3) Sebagai daya tarik pengunjung, pengelola menyiapkan berbagai acara hiburan dengan tema "Pesta Rakyat", di antaranya pesta kembang api.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. tidak ada

5. Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah .…
A. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai jenis kupu-kupu.
B. Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu.
C. Bangunan ini terletak di samping gedung Museum Serangga.
D. Bahkan, di sini juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.

6. Manusia harus dapat memelihara dan menyelaraskan hubungan antara sesamanya. Kehidupan kita tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Lingkungan alam sekitar saling bergantungan. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.
Kalimat topik paragraf tersebut tercermin pada kalimat . . . .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

7. (1) Salah satu peralatan dalam berkendaraan yang penting adalah helm. (2) Para pengendara seringkali kurang memperhatikan hal itu. (3) Mereka kurang memperhatikan bahwa kenyamanan dan keselamatan dalam berkendaraan juga ditentukan oleh pamakaian helm. (4) Oleh karena itu, para pengendara perlu memperhatikan pemakaian helm standar untuk menjaga keselamatan pengendara.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor....
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)

8. Setiap orang, baik muda ataupun tua, tertarik pada kegiatan-kegiatan yang menarik. Umumnya, kegiatan menarik merupakan kegiatan yang menggembirakan, menyenangkan, dan mengasyikkan. Kegiatan menarik dapat berupa permainan, setengah permainan, setengah pekerjaan, atau sepenuhnya pekerjaan, misalnya bermain sepak bola, bermain, sandiwara, memelihara burung perkutut, dan beternak ayam petelur.
Kalimat utama paragraf di atas adalah . . . .
a. Setiap orang, baik muda ataupun tua, tertarik pada kegiatan-kegiatan yang menarik
b. Kegiatan menarik merupakan kegiatan yang menggembirakan dan menyenangkan.
c. Kegiatan menarik merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan.
d. Kegiatan menarik dapat berupa permainan, setengah permainan, setengah pekerjaan, atau sepenuhnya pekerjaan.

9. Pengelola restoran Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkan lokasinya yang cukup jauh dari kota Tanjung. Akibatnya warga Tanjung malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan hutan dan danau, tidak ada fasilitas lainnya.
BPost, 12 September 2004
Kalimat pokok paragraf di atas adalah . . . .
a. Pengelola restoran Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkan karena warga Tanjung malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan
b. Pengelola restoran Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkan lokasinya yang cukup jauh dari kota Tanjung.
c. Akibatnya warga Tanjung malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan.
d. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan hutan dan danau, tidak ada fasilitas lainnya.

10. Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan, Madiun, Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan as kereta sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Mungkin karena kereta hanya diisi sekitar 50 penumpang. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan, penyebab pasti kecelakaan ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor sarana kereta, prasarana rel, dan faktor teknis lainnya.
Kalimat pokok paragraf di atas adalah . . . .
a. Kepala Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan, penyebab pasti kecelakaan ada beberapa kemungkinan.
b. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan as kereta sehingga roda kereta keluar jalur.
c. Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan, Madiun, Jawa Timur.
d. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut mungkin karena kereta hanya diisi sekitar 50 penumpang.

KUNCI JAWABAN
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!