Kuliah lagi, jadi Mahasiswa lagi


Saya bercerita sedikit, untuk menandai, inilah hari pertama saya kuliah kembali, melanjutkan studi di Program Pascasarjana di Unlam Banjarmasin, dengan beasiswa dari Adaro.
Hari ini, Jumat (17 September 2010) adalah hari pertama saya mengikuti perkuliahan. Rada deg-degan juga sih, pascasarjana gitu lho, tentu lebih berat dibanding ketika saya kuliah di S-1. Berat, karena harus membagi waktu antara tugas mengajar dan tugas kantor lainnya, tugas saya sebagai kepala rumah tangga, dan izin belajar kuliah S-2 ini.
Tapi apa boleh buat, saya sudah mencebur, lebih baik basah sekalian. Pagi tadi, pukul 06.30 WITA saya berangkat dari Tanjung menumpang taksi jurusan Banjarmasin. Istri dan anak2 saya tetap tinggal di Tanjung. Di taksi, ternyata saya barengan dengan Pak H. Yuseran yang juga menerima beasiswa yg sama. Singkatnya, kami tiba di Banjarmasin (Km.6) sekitar pukul 11.45 WITA. Mengingat sudah dekat waktunya shalat Jumat, kami memutuskan tidak naik angkot, tapi memilih untuk naik ojek ke Kayu Tangi agar lekas sampai. Namun, ojek meinta bayar Rp25ribu per orang, kami tawar Rp15ribu, namun tidak mau, akhirnya kami menumpang bajaj dengan bayaran Rp30ribu berdua. Lebih lambat dari ojek memang, tetapi lebih cepat daripada angkot yg sebentar2 berhenti, bongkar muat penumpang. Beberapa saat kemudian, kami tiba di Kayu Tangi dan langsung menuju komplek Taman Budaya untuk mencari tempat penginapan murah di sana. Setelah melapor kepada pengelola, kami pun masuk kamar, mandi, dan bersiap untuk berangkat ke masjid yg kebetulan terletak di kawasan Jalan Cendana, yang letaknya di belakang tempat kami menginap.
Setelah shalat Jumat, pukul 13.30 kami berpakaian dan berangkat kuliah. Sebelum berpisah menuju kampus masing2, kami makan siang dulu di deretan warung kampus di belakang gedung serbaguna. Sudah banyak yg makan di situ.
Hari pertama kuliah, dosen masih menggunakan metode ceramah. Dan di akhir kuliah, sudah mulai memberikan tugas untuk bahan diskusi di pertemuan berikutnya, dan tentu saja penawaran buku serta imbauan untuk mencari literatur lainnya di perpustakaan kampus ataupun di toko buku. Begitu pula di hari kedua, masih ceramah. Di hari Sabtu ini, perkuliahan full dari pagi hingga sore hari (ada 4 mata kuliah, di hari pertama, Jumat, dua mata kuliah). Di jeda istirahat, tengah hari, saya menyempatkan diri berkeliling guna merasakan dan meresapi suasana kampus. Bergabung dengan mahasiswa/i yang sedang online gratis di area hotspot kampus, ikut pula mengeluarkan laptop setengah kertas folio saya, makan di kantin kampus, shalat di masjid kampus.
Ya, saya sudah mulai masuk di dunia kampus, dan hari-hari yang sibuk pun bermula dari sini. Sepulang dari perkuliahan di minggu yang pertama ini, oleh2 tugas yg diberikan oleh dosenpun turut dibawa kembali ke rumah (Tanjung)...........

Sumber foto:
2. Foto pribadi

Posting Komentar untuk "Kuliah lagi, jadi Mahasiswa lagi"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!