SOAL | Menentukan Gagasan Utama Teks Bacaan


Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut

Gagasan utama atau gagasan pokok adalah gagasan yang menjadi inti pembahasan dalam sebuah paragraf (alinea). Gagasan-gagasan yang mendukung pernyataan pada gagasan utama disebut gagasan penjelas (gagasan pendukung). Gagasan utama atau gagasan pokok pernyataannya bersifat umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama tersebut bersifat umum dan biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf

1. Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memperkirakan sebanyak 400 ribu pengunjung hadir menjelang Tahun Baru 2009. Perkiraan ini dirasa tidak berlebihan mengingat membludaknya pengunjung pada tahun lalu. Sebagai daya tarik pengunjung, pengelola menyiapkan berbagai acara hiburan dengan tema "Pesta Rakyat", di antaranya pesta kembang api.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
A. pesta kembang api di TMII
B. membludaknya pengunjung TMII
C. perkiraan jumlah pengunjung TMII
D. daya tarik pengelola TMII

2. Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah .…
A.panorama kupu-kupu
B.bangunan Taman Kupu
C.berbagai jenis kupu-kupu
D.tempat metamorfosis kupu-kupu

3. Setiap orang, baik muda ataupun tua, tertarik pada kegiatan-kegiatan yang menarik. Umumnya, kegiatan menarik merupakan kegiatan yang menggembirakan, menyenangkan, dan mengasyikkan. Kegiatan menarik dapat berupa permainan, setengah permainan, setengah pekerjaan, atau sepenuhnya pekerjaan, misalnya bermain sepak bola, bermain, sandiwara, memelihara burung perkutut, dan beternak ayam petelur.
Gagasan utama paragraf di atas adalah . . . .
a.Setiap orang tertarik pada kegiatan-kegiatan yang menarik.
b.Kegiatan menarik merupakan kegiatan yang menggembirakan.
c.Kegiatan menarik merupakan kegiatan yang mengasyikkan.
d.Kegiatan menarik dapat berupa permainan, setengah permainan, setengah pekerjaan, atau sepenuhnya pekerjaan.

4. Pengelola restoran Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkan lokasinya yang cukup jauh dari kota Tanjung. Akibatnya warga Tanjung malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan hutan dan danau, tidak ada fasilitas lainnya.
BPost, 12 September 2004
Gagasan pokok paragraf di atas adalah . . . .
a. Pengelola Tanjung Puri adalah Suriansyah
b. Sebab-sebab mengapa Tanjung Puri sepi pengunjung
c. Lokasi Tanjung Puri jauh dari kota
d. Tanjung Puri hanya menawarkan fasilitas pemandangan hutan dan danau

5. Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan, Madiun, Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan as kereta sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Mungkin karena kereta hanya diisi sekitar 50 penumpang. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan, penyebab pasti kecelakaan ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor sarana kereta, prasarana rel, dan faktor teknis lainnya.
Ide pokok paragraf di atas adalah . . . .
a. Masyarakat harus hati-hati jika menggunakan jasa kereta api
b. Faktor kesalahan manusia juga harus diselidiki
c. Anjloknya KA Kahuripan di Desa Kaligunting Saradan.
d. Sebaiknya pemerintah menyelidiki penyebab pasti kecelakaan

6. Perhatikan paragraf berikut!
Hutan merupakan anugerah Tuhan yang harus dijaga. Hutan sangat penting bagi kehidupan manusia. Hutan dapat menyimpan banyak air. Hutan juga membantu sirkulasi dan metabolisme. Namun, kenyataannya banyak hutan dirusak oleh manusia tanpa mau bertanggung jawab.
Pembabatan liar dan penebangan pohon tanpa disertai dengan penanaman kembali merupakan contoh nyata tersebut.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah:.,.
A. Hutan dapat menyimpan banyak air
B. Banyak hutan dirusak oleh manusia
C. Anugerah Tuhan harus dijaga
D. Kasus pembabatan liar dan penebangan pohon

7. Bacalah teks berikut!
Manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi. Kegiatan apa pun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi, baik sarana komunikasi yang sederhana maupun yang modern. Kebudayaan dan peradaban manusia tidak akan dapat maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
A. manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi
B. kebudayaan dan peradaban manusia
C. sarana komunikasi yang sederhana
D. sarana komunikasi sederhana dan modern

8. Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu menutupi cahaya matahari sepenuhnya. Keadaan itu disebabkan jarak dari bumi ke bulan lebih dekat daripada jarak dari bumi ke matahar. Bulan berjarak sekitar 384.400 km dari bumi. Sementara itu, matahari berjarak sekitar 149.680.000 km dari bumi.
Gagasan pokok kutipan di atas adalah ....
a. Posisi bulan dan matahari saat terjadi gerhana.
b. Jarak matahari dan bumi saat terjadi gerhana.
c. Peristiwa terjadinya gerhana matahari.
d. Kondisi bumi saat terjadi gerhana matahari.

9. Pemerintah kembali menurunkan bahan bakar minyak (BBM) terutama jenis premium. Bersamaan dengan penurunan harga premium untuk kedua kalinya, harga bahan bakar jenis solar pun diturunkan. Harga minyak dunia yang terus merosot mendorong munculnya kebijakan penurunan BBM.
Kalangan industri mestinya sudah bisa menghitung kembali biaya produksi yang berujung pada penurunan harga. Apalagi, harga bahan bakar industri pun mengalami hal yang sama.
Dengan turunnya harga premium dan solar, diharapkan harga kebutuhan pokok ikut turun. Dengan demikian, daya beli publik terangkat, diikuti peningkatan konsumsi yang mendorong peningkatan produksi. Hal itu mampu memperkecil peluang terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

Gagasan utama tajuk tersebut adalah ...
A. penurunan harga BBM hendaknya diikuti harga kebutuhan pokok
B. penurunan harga bahan bakar minyak (BBM)
C. kebutuhan pokok tergantung jenis BBM yang digunakan
D. turunnya BBM meningkatkan produksi dalam negeri

10. Dampak krisis global tak ayal lagi menghantam pula perekonomian kita. Kegiatan industri menurun drastis, mengakibatkan munculnya ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Kita jelas tak bisa menganggap enteng ancaman tersebut. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan stimulus ekonomi agar industri bisa kembali bergerak.
Persiapan yang kini dilakukan pemerintah itu memang sangat diperlukan. Meski agak terlambat, tetapi bukan berarti tidak diperlukan. Bahkan, stimulus inilah yang nantinya bakal ikut menentukan cepat lambatnya kita bisa bertahan dan keluar dari badai dampak krisis.
Terkait dengan rencana pemberian stimulus tersebut, pihak industri kini sedang mendata secara detail. Kita tentunya berharap data dan rencana masing-masing industri disusun dan dibuat semaksimal mungkin. Fokusnya akan lebih jika tidak melulu kepada kepentingan industri dan pengusahanya, tetapi lebih kepada kepentingan tenaga kerja sehingga tujuan stimulus ekonomi yang salah satunya untuk menghindari (menekan) terjadinya PHK besar-besaran benar-benar tercapai.

Gagasan utama tajuk tersebut adalah ....
A. Perlunya pendataan industri secara maksimal dalam mendukung rencana pemberian stimulus ekonomi
B. Penekanan PHK melalui stimulus ekonomi selalu berhasil dengan gemilang.
C. Krisis global terhadap stimulus perekonomian berpengaruh pada PHK.
D. Perlunya stimulus ekonomi dalam dunia industri di dunia.

KUNCI JAWABAN
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!