Kuis Mengukur Persahabatan


Apa arti sahabat bagimu? Seberapa setia kamu pada seorang sahabat? Coba ukur seberapa kuat persahabatanmu lewat kuis berikut:

Untuk mengerjakan kuis ini, sediakan kertas dan pulpen. Kamu tinggal menuliskan abjad a, b, atau c yg kamu anggap sesuai dengan dirimu.

1. Teman kamu sedang naksir setengah mati pada seseorang di sekolahmu. Suatu pagi, sewaktu kamu sedang olahraga, orang itu mendekatimu, lalu mengajakmu belajar bersama. Kelihatannya orang itu suka padamu. Kamu ....

a. Jungkir balik kegirangan
b. Menolak sambil meminta maaf dan menjelaskan, " Aku benar-benar senang sama kamu. Tapi aku nggak enak dekat-dekat kamu...."
c. Tersenyum dan bilang, "Wah, baik sekali kamu. Aku senang kamu ngajak aku. Tapi, maaf, sepertinya aku nggak bisa deh."


2. Kamu dan sahabatmu, benar-benar ingin ikut pementasan operet perpisahan anak kelas III. Kalian berdua mendaftar untuk acara tersebut, tapi sahabatmu sebenarnya tidak begitu bisa berakting. Sementara beberapa guru dan panitia bilang kelihatannya kamu yg akan terpilih jadi bintang pertunjukan. Kamu ....

a. Ikut merasakan kekecewaan sahabatmu, tapi senang juga karena kesempatanmu jadi tambah besar.
b. Memilih untuk tidak ikut sama sekali sebab tidak mau menyakiti perasaan sahabatmu.
c. Tertwa keras dan bilang kepada semua orang bahwa memang tidak semua orang punya bakat. Kalau memang kamu yg berbakat, mau apalagi, dong?


3. Sahabatmu sedang dekat dengan teman baru yg benar-benar keren dan jelas-jelas senang sekali dengan sahabatmu itu. Kamu ....

a. Bisa membayangkan bahwa habis ini kamu akan terpaksa menghabiskan hari libur dan waktu senggang sendirian kaena sabahatmu asyik dengan teman barunya itu. Karena itu, kamu siap-siap untuk mencari tean baru pula.
b. Senang karena sahabatmu kelihatan gembira sekali. Sedikit kecewa sih, karena tidak bisa sesering dulu jalan bareng dia. Tapi biarlah waktu bersama cuma sedikit, asal bisa dilewatkan dengan baik dan menyenangkan.


4. Kamu sedang di kamar kecil sewaktu serombonganteman kamu masuk sambil sibuk ngegosipin sahabatmu. Kamu ....

a. Datangi mereka dan kamu ancam akan menyebarluaskan juga semua kejelekan mereka. Terus, kamu cepat-cepat beri tahu sahabatkamu bahwa baru saja membela dia.
b. Mendehem supaya mereka tahu bahwa kamu ada di sana dan mendengar semua ucapan mereka.
c. Sembunyi terus di WC sampai mereka pergi dan pura-pura tidak pernah mendengar apapun juga. Ngapain juga cari masalah?


5. Dua minggu lagi ada pesta dan pertunjukan sekolah. Tiba-tiba kamu sadar bahwa kamu dan sahabatmu sama-sama mengharapkan teman lawan jenis yang sama untuk pergi ke acara itu. Kamu ....

a. Usul kepada sahabatmu agar mengajak orang lain supaya tidak usah ada persaingan di antara kalian.
b. Cepat-cepat mendahului mengajak orang itu. Siapa cepat, dia dapat.
c. Mengalah saja. Masak nanti tidak ada teman lain yg lebih keren mengajakmu.


6. Teman lain yg selama ini kamu pikir senang pada sahabatmu, ternyata suka merayu-rayu kamu di belakang sahabatmu. Kamu ....

a. Memaki-maki dia. Sudah sejak awal kamu tahu dia tidak cukup baik buat sahabatmu. Lalu, kamu beri tahu sahabatmu bahwa orang yg dia taksir itu sebenarnya brengsek.
b. Ah, santai saja. Sahabatmu tidak tahu ini. Lagi pula, kan orang itu yg duluan, bukan kamu.
c. Ingatkan orang itu bahwa sikapnya itu tidak baik dengan cara yg halus supaya tidak menyakitkan.


7. Kamu memperoleh undangan ke sebuah pertunjukan musik yang mahal dan keren sekali, tapi sahabatmu tidak. Kamu ....

a. Ya pergi dong. Namanya juga orang hidup, tidak semua dapat rezeki yg sama baik.
b. Tidak biasa dan tidak mau tuh, pergi tanpa sahabatmu. Lagi pula, kalian berdua sudah punya rencana untuk guntingin rambut satu sama lain malam itu.
c. Mengusahakan undangan ekstra untuk sahabatmu. Soalnya, rasanya kurang asyik, deh kalau nonton musik tanpa dia.


8. Seseorang yg kamu percaya di sekolah mengatakan bahwa beberapa waktu belakangan ini sahabatmu suka menyebarkan kabar jelek tentang kamu. Kamu ....

a. Langsung menanyakan kepada sahabatmu. Kalau dia bilang tidak, kamu akan percaya karena selama ini dia tidak pernah begitu.
b. Percaya seujung kuku pun tidak. Mana mungkin sahabatmu mau bicara jelek tentang kamu.
c. Langsung membalas dengan menyebarkan kabar jelek juga tentang sahabatmu.


9. Sahabatmu diajak orang tuanya ke sebuah pesta penting yg akan didatangi banyak orang penting juga. Ia bingung tidak tahu mau pakai baju apa. Kamu cepat-cepat datang ke rumahnya untuk menawarkan bantuan. Kamu lihat dia pake baju yg benar-benar tidak cocok buatnya. Kamu ....

a. Dengan cerdik dan diplomatis mengusulkan agar dia mencoba baju yg lain sekadar untuk perbandingan.
b. Kamu tidak mau membuat sahabatmu tambah bingung, Ya, biarkan saja penampilannya jelek, yg penting orangnya baik.
c. Menertawakan sahabatmu dan bilang bahwa dia tidak punya cita rasa.


10. Sahabatmu kelihatannya mau pingsan karena lupa sarapan dan tidak bawa uang jajan. Kamu ....

a. Paksa sahabatmu makan siang dengan uangmu. Kamu sendiri menahan lapar sambil pura-pura tidak lapar.
b. Beli makanan untuk dimakan berdua, sekadar ganjel perut sampai pulang ke rumah.
c. Cuek saja. Salahnya sendiri kalau dia sampai kelaparan. Kamu sendiri juga lapar kok.


Sekarang hitung skor kamu dengan menjumlahkan angka sesuai jawaban yg kamu pilih.
1. a=1 b=3 c=2
2. a=2 b=3 c=1
3. a=1 b=2 c=3
4. a=3 b=2 c=1
5. a=2 b=1 c=3
6. a=3 b=1 c=2
7. a=1 b=3 c=2
8. a=2 b=3 c=1
9. a=2 b=3 c=1
10.a=3 b=2 c=1

Jika skormu:
10-15: Kamu adalah orang yg egois
16-23: Kamu adalah sahabat yg oke
24-30: Kamu adalah orang yg posesif (sok ngatur)

Posting Komentar untuk "Kuis Mengukur Persahabatan"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!