Widget HTML Atas

SOAL | Menentukan kritik terhadap isi bacaan


Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kritikan terhadap isi bacaan tersebut

SOAL 1.
Pemerintah ingin tetap konsekuen menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Bila harga BBM di tingkat internasional menurun, pemerintah baru akan mengambil kebijakan menurunkan harga BBM bersubsidi di dalam negeri sesuai tingkat yang wajar. Langkah ini ditempuh untuk meringankan beban masyarakat.

Kritik terhadap isi paragraf tersebut adalah ...
A. Sudah kewajiban pemerintah untuk menurunkan harga.
B. Pemerintah harus konsekuen menurunkan harga.
C. Pemerintah tak perlu menunggu untuk menurunkan harga.
D. Sudah sewajarnya pemerintah menurunkan harga.

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Kritikan berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “bila harga BBM … menurun, pemerintah … akan … menurunkan harga BBM “ (kalimat kedua)

Soal 2.
Pemerintah akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret 2009. Keputusan menunggu ini dilakukan sebelum memutuskan harga premium dan solar yang dilepas sesuai harga pasar. Jika harga minyak pada saatnya tetap rendah, pemerintah segera melepas harga premium dan solar.
Kritikan terhadap isi paragraf tersebut adalah ...
A. Pemerintah hendaknya menunggu bulan Maret.
B. Pemerintah hendaknya segera melepas harga.
C. Pemerintah hendaknya tidak melepas premium dan solar.
D. Pemerintah hendaknya tidak terlalu lama dalam mengambil keputusan.

Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Dalam KBBI kata kritik berarti kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dsb. Kritikan terhadap isi paragraf berarti memberikan tanggapan terhadap isi paragraf tersebut. Kritikan dapat berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “ Pemerintah akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret 2009 (kalimat pertama)

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!