Widget HTML Atas

Soal Menentukan Tujuan dan Fungsi Teks Tanggapan

Bacalah teks tanggapan berikut!

Siswa dan Sarapan
Sarapan sangat diperlukan oleh tubuh, terutama siswa. Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang tidak sarapan. Saat tiba di sekolah para siswa beramai-ramai mengunjungi kantin sekolah. Para siswa membeli berbagai makanan yang tersedia di kantin. Beberapa siswa ada yang membeli gorengan, nasi, mie instan,atau minuman softdrink. Aktivitas tersebut mereka lakukan secara rutin setiap hari. Fenomena ini mungkin telah menjadi kebiasaan. Namun, apakah kebiasaan tersebut baik bagi tubuh kita?.
Tahukah siswa bahwa mereka berangkat ke sekolah mempunyai tujuan utama, yakni belajar. Proses belajar memerlukan aktivitas otak. Otak tidak dapat bekerja dengan maksimal jika tidak diberi nutrisi dengan baik. Kinerja otak yang tidak baik akan memengaruhi proses belajar. Ada perbedaan sikap dan kesiapan antara siswa yang telah sarapan dengan yang belum sarapan. Siswa yang telah sarapan cenderung lebih tenang. Akan tetapi, siswa yang belum sarapan terlihat gelisah dan tidak siap menerima materi pelajaran. Wajahnya terlihat lesu dan kurang bersemangat.
Penelitian menunjukkan siswa yang rutin sarapan memiliki daya ingat dan konsentrasi lebih baik dibanding siswa yang berangkat dari rumah dengan perut kosong. Menu sarapan sebaiknya tidak berlebihan. Menu sarapan yang bisa dikategorikan sebaga bahan bakar otak adalah kaya serat, mengandung karbohidrat dan vitamin. Makanan dengan kadar serat tinggi dan rendah gula akan dicerna dengan lambat sehingga menyediakan energi yang konstan dan tidak cepat lapar. Sarapan memiliki fungsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sarapan juga dapat menurunkan berat badan.
Siswa sebaiknya mengubah kebiasaan tidak sarapan menjadi pola disiplin untuk sarapan. Kesiapan fisik siswa harus dijaga dalam keadaan baik. Fisik yang prima akan memberikan dampak yang baik bagi prestasi dalam belajar. Prestasi belajar yang cemerlang merupakan jalan untuk meraih kesuksesan.
Disadur dari: http://daunsimpor.blogspot.co.id/2015/10
Contoh-teks-tanggapan-kritishtml,diunduh 16 Januari 2018

1. Tujuan teks tanggapan di atas adalah . .
a. Mengajak siswa untuk belajar
b. Mengajak siswa beramai-ramai mengunjungi kantin di pagi hari
c. Memberikan informasi menu sarapan yang baik adalah yang kaya serat, mengandung karbohidrat, dan vitamin.
d. Memberikan informasi pentingnya sarapan bagi siswa sebelum berangkat ke sekolah
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!