Widget HTML Atas

Soal Menentukan Struktur Teks Pidato Persuasif

Perhatikan teks pidato berikut!

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh. (1)
Yang terhormat Kepala SMP Negeri 6 Tanjung, yang saya hormati Bapak Ibu Guru beserta karyawan SMP Negeri 6 Tanjung, serta teman-teman dari kelas VII-IX yang saya cintai. (2)
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena limpahan rahmat serta hidayah-Nya, kita bisa berkumpul pada siang ini dalam acara sekolah bertema “Ayo, Jaga Kebersihan lingkungan Sekolah!”. (3)
Oleh karena, perkenankanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Hadirin yang terhormat,
Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan mudah. Lingkungan yang bersih juga mendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman. (4)
Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan sekolah bisa diawali dari diri sendiri. Tindakan yang dapat kita lakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket setiap hari, serta tidak meninggalkan barang-barang di laci yang bisa menjadisarang nyamuk. Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh warga sekolah, marilah bersama-sama menjaga kebersihan sekolah demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Harapan saya semoga seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (5)
Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan. Jika ada ucapkan ataupun tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati hadirin, saya mohon maaf. (6)
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. (7)

1. Bagian ucapan syukur kepada Tuhan ditunjukkan oleh bagian nomor....
a. 4)
b. 1)
c. 2)
d. 3)

2. Kalimat ajakan yang disampaikan pembicara dalam pidato tersebut adalah
a. Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
b. Oleh karena itu, perkenanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
c. Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
d. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman.
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!