Contoh Soal Menentukan Ciri-ciri Teks Eksplanasi

loading...
Bacalah kutipan teks berikut ini!

Gempa Bumi
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.
Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan.Teori “Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan guung berapi yang sangat dahysat. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.
Gempa dapat terjadi kapan saja. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyaknya gunung berapi.

Ciri Teks eksplanasi berdasarkan kutipan teks di atas…
a. Teks di atas menceritakan suatu fenomena alam yang sering terjadi.
b. Teks di atas membahas suatu hubungan dan kronologis sebuah fenomena alam dan beisi fakta-fakta keilmuan.
c. Teks di atas membahas suatu hubungan dan kronologis sebuah fenomena alam dan beisi gagasan-gagasan.
d. Teks di atas membahas suatu hubungan dan kronologis sebuah fenomena alam yang luar biasa dan sulit dilupakan


Bagikan:

Loading...
loading...