Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019) Film Dilan 1991 merupakan film lanjutan (sekuel) Dilan 1990 yang sukses menjadi film Indonesia kedua terlaris sepanjang masa. Tahun 2018, Dilan 1990 meraih 6,3 juta penonton.

5W1H Berita Tsunami di Banten, Beberapa Artis dan Keluarganya Ikut Jadi Korban

DMCA.com Protection Status
Loading...
Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Perlu diingat, bahwa setiap bagian kalimat atau paragraf bisa saja mengandung lebih dari satu unsur berita. Namun yang dimaksud di sini adalah dalam satu bagian berita (kalimat ataupun paragraf), unsur berita yang dimaksud adalah yang termaktub dalam inti kalimat atau inti paragraf.
Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:

Apa, Di mana, dan Kapan
Gelombang tsunami menerjang daerah Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12/2018) sekitar pukul 21.27 WIB. Terjangan gelombang tsunami itu bertepatan dengan acara Gathering PLN di Tanjung Lesung Beach Resort, Banten.
Grup band Seventeen, bersama kru serta pelaksana acara dilaporkan sedang mengisi acara gathering tersebut. Bahkan gelombang tsunami menghantam panggung ketika Seventeen membawakan lagu kedua mereka. Akibatnya, hingga saat ini tercatat beberapa korban meninggal dunia serta hilang dari kalangan artis serta keluarga mereka.

Siapa
Berikut daftar artis dan keluarganya yang menjadi korban tsunami yang melanda Banten dan Lampung:

1. Bani Seventeen
Bani yang bernama lengkap Muhammad Awal Purbani merupakan bassist dari grup band Seventeen. Bani adalah personel Seventeen yang paling awal dinyatakan meninggal dunia.
Mendengar kabar tersebut, rumah orangtuanya di Sleman, Yogyakarta didatangi para pelayat.

2. Herman Seventeen
Pria bernama lengkap Herman Sikumbang adalah gitaris dari grup band Seventeen. Dikabarkan Herman ditemukan dalam kondisi tak bernyawa pada Minggu (23/12/2018) sore. Sang istri, Juliana Moechtar yang merupakan Putri Indonesia perwakilan Aceh seharian ini juga terus mengunggah doa untuk sang suami lewat Instagram @julianamoechtar. Hingga akhirnya Herman ditemukan meninggal, Juliana Moechtar segera mengabarkan berita duka itu dan meminta doa agar Herman mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.

3. Oki Wijaya, road manager Seventeen
Road manager Seventeen yang bernama Oki Wijaya juga dinyatakan meninggal dunia akibat tsunami yang melanda. Hal ini disampaikan oleh Ifan vokalis Seventeen bersamaan dengan kabar meninggalnya Bani. Ifan menyampaikannya lewat Instagram @ifanseventeen pada Minggu (23/12/2018). "Kita kehilangan bass kita Bani sama manager kita Oki," ungkap Ifan sambil menangis.
Road manager bertugas sebagai penanggungjawab ketika artis sedang menjalani tour atau tampil di luar studio.

4. Aa Jimmy dan istri
Komedian yang sering berdandan mirip pendakwah Aa Gym, Aa Jimmy atau Argo Jimmy juga dinyatakan meninggal dunia. Aa Jimmy yang turut hadir dalam acara Gathering PLN lantaran dirinya menjadi MC acara itu juga membawa istri dan dua anaknya. Belakangan, istri dan dua anaknya juga ditemukan tewas. Satu anak lagi yg masih balita, lolos dari maut karena tidak dibawa serta ke acara.
Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Aa Jimmy sempat mengunggah video keseruan dirinya menjadi MC dalam acara yang diadakan di tepi pantai tersebut. Melalui unggahan instastory @argojimmygo, ia terlihat berjoget bersama dua pembawa acara lainnya.

5. Istri Ade Jigo
Istri komedian Ade Jigo atau Ade eks-Grup Lawak Teamlo ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Kematian sang istri yang bernama Meyuza juga dikabarkan Ade Jigo melalui akun Instagram @adejigo pada Minggu (23/12/2018).
Ade Jigo mengunggah foto jenazah Meyuza yang sudah terbalut kain warna putih.
Dalam unggahan itu, Ade Jigo mendoakan sang istri dan menyebutnya sebagai istri yang baik serta solehah.

6. Andi Seventeen dan Dylan
Sempat dinyatakan hilang, pada Senin (24 Desember 2018), drummer Seventeen bernama Windu Andi Darmawan atau Andi akhirnya ditemukan turut menjadi korban. Selain Andi, istri Ifan Seventeen yang bernama Dylan Sahara juga ditemukan satu lokasi dengan Andi.

Mengapa dan Bagaimana
Tsunami yang juga melanda Lampung itu diduga terjadi akibat longsoran lereng anak gunung Krakatau di perairan Selat Sunda.
Diberitakan dari Kompas.com Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memaparkan kronologi terjadinya peristiwa tsunami yang terjadi di Selat Sunda itu. Pada Jumat (21/12/2018) sekitar pukul 13.51 WIB, BMKG sebelumnya telah mengumumkan erupsi gunung anak Krakatau dengan status level Waspada.
"Kemarin pukul 13.51 WIB pada tanggal 21 Desember Badan Geologi telah mengumumkan erupsi gunung anak Krakatau dan levelnya pada level Waspada," kata Dwikorita.

Lalu pada Sabtu (22/12/2018), kata Dwikorita, BMKG mengeluarkan peringatan dini sekitar pukul 07.00 WIB akan potensi gelombang tinggi di sekitar perairan Selat Sunda.
"Diperkirakan (gelombang tinggi terjadi) kemarin tanggal 21 hingga nanti 25 Desember 2018. Ini peristiiwa beda tapi terjadi pada lokasi yang sama. Yang pertama erupsi Gunung Krakatau dan potensi gelombang tinggi," katanya.

Menurut dia, sekitar pukul 09.00-11.00 WIB, tim BMKG ada yang sedang berada di perairan Selat Sunda melakukan uji coba instrumen.
"Di situ memang terverifikasi bahwa terjadi hujan lebat dengan gelombang dan angin kencang, karena itu tim kami segera kembali ke darat," ujarnya.

Di satu sisi sejumlah tide gauge (alat pendeteksi tsunami) BMKG menunjukkan ada potensi kenaikan permukaan air di pantai sekitar Selat Sunda.
"Dan kami analisis, kami memerlukan waktu analisis apakah kenaikan air itu air pasang akibat fenomena atmosfer yang tadi ada gelombang tinggi? Jadi memang ada fase seperti itu. Namun ternyata setelah kami analisis lanjut gelombang itu merupakan gelombang tsunami," kata dia.

Berikut video detik-detik saat Grup band Seventeen manggung di acara gathering PLN tersebut:

Sumber: http://wow.tribunnews.com
Video: Youtube
loading...
Demikian artikel 5W1H Berita Tsunami di Banten, Beberapa Artis dan Keluarganya Ikut Jadi Korban. Jika ada pertanyaan, silakan beri komentar, atau via Whatsapp untuk respon cepat (gunakan ponsel). Jangan lupa LIKE dan SHARE artikel ini. Terima kasih.
Bagikan:

Loading...
Blog Pelajaran Bahasa Indonesia
loading...