Contoh Teks Eksplanasi tentang Mengapa Kotak Hitam Harus Terendam Air

loading...
Contoh Teks Eksplanasi tentang Mengapa Kotak Hitam Harus Terendam Air-- Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terbentuk/terjadinya suatu fenomena baik alam maupun sosial.
Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Berikut contoh teks eksplanasi.

Kotak hitam alias black box pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh pada Senin (29 Oktober 2018) lalu berhasil diangkat ke permukaan oleh personel TNI AL dari Batalyon Intai Amfibi (Taifib), Sertu Hendra. Kepala Dinas Penerangan TNI AL Kolonel Zaenal mengatakan, saat ini, black box JT 610 itu dalam keadaan utuh. Ketika benda berwarna oranye itu dibawa ke permukaan air, sebuah kotak persegi transparan berisi air telah menyambutnya. Benda itu lantas diletakkan ke dalam kotak. Dibutuhkan penanganan khusus untuk tetap menjaga kotak hitam itu dalam kondisi baik.
"Black box dalam keadaan utuh dan baik. Memang harus tetap direndam dengan air laut agar kondisinya tidak rusak dan berkarat," ujar Zaenal kepada Kompas.com, Kamis (1/11/2018).

Kotak hitam yang berisi rekaman seluruh data penerbangan pesawat tersebut saat ini sudah dibawa ke Kapal Riset Baruna Jaya di bawah wewenang Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Setelah itu, kotak hitam akan dibawa ke KNKT untuk diinvestigasi lebih lanjut. Kotak hitam itu sendiri ditemukan pada kedalaman 30 meter di bawah permukaan laut pada pukul 10.15 WIB.
Lokasi penemuan kotak hitam berada 500 meter dari titik di mana pesawat berada. Sertu Hendra, personel Taifib TNI AL yang menemukan kotak hitam itu adalah bagian dari Operasi SAR Gabungan Basarnas di bawah komando Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudi Margono.

Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono mengatakan alasan Kotak Hitam tetap terendam di dalam air agar kartu memori di dalamya tidak rusak. Ia mengatakan saat ditemukannya Kotak Hitam tersebut di cuci dengan air tawar kemudian di rendam kembali menggunakan air laut.
Soerjanto menambahkan hal ini memang sudah menjadi prosedur jika Kotak Hitam ditemukan kemanapun benda tersebut dibawa harus terendam di dalam air.

Sumber teks: Kompas.com, republika.co.id

Tags: #contoh teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam #contoh teks eksplanasi singkat #contoh teks eksplanasi sosial #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam
contoh teks eksplanasi beserta strukturnya #contoh teks eksplanasi kompleks #contoh teks eksplanasi dan karakteristiknya #struktur teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi singkat tentang angin puting beliung #teks eksplanasi tentang angin topan beserta strukturnya #karangan yang bertema peristiwa angin topan #teks eksplanasi tentang tornado api #interpretasi angin puting beliung #kerangka teks eksplanasi angin puting beliung #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam gunung meletus #teks eksplanasi awan cumulonimbus #contoh teks eksplanasi tentang badai pasir
loading...
Bagikan:

loading...
loading...