DMCA.com Protection Status

Contoh Teks Eksplanasi tentang Kekeringan (Kemarau)

Contoh Teks Eksplanasi tentang Kekeringan (Kemarau)-- Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terbentuk/terjadinya suatu fenomena baik alam maupun sosial.
Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Berikut contoh teks eksplanasi tentang kekeringan (kemarau) (tanpa struktur interpretasi).
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagaimana dikutip dari liputan6.com, memperkirakan puncak musim kemarau tahun ini terjadi pada Agustus dan September 2018. Pada masa ini diprediksi terjadi kekeringan di sejumlah tempat.
Apakah sesungguhnya kekeringan (kemarau) itu? Dikutip dari wikipedia, Kekeringan adalah keadaan kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa yang berkepanjangan (beberapa bulan hingga bertahun-tahun). Biasanya kejadian ini muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menyebabkan kekeringan karena cadangan air tanah akan habis akibat penguapan (evaporasi), transpirasi, ataupun penggunaan lain oleh manusia.

Kekeringan dapat menjadi bencana alam apabila mulai menyebabkan suatu wilayah kehilangan sumber pendapatan akibat gangguan pada pertanian dan ekosistem yang ditimbulkannya. Dampak ekonomi dan ekologi kekeringan merupakan suatu proses sehingga batasan kekeringan dalam setiap bidang dapat berbeda-beda. Namun, suatu kekeringan yang singkat tetapi intensif dapat pula menyebabkan kerusakan yang signifikan.

PBB memperhitungkan bahwa setiap tahun wilayah lahan subur seluas Ukraina hilang akibat kekeringan, pembabatan hutan, dan ketidakteraturan iklim. Akibat yang dapat ditimbulkan oleh kekeringan dalam demografi adalah migrasi massal, sebagaimana yang terjadi di wilayah Tanduk Afrika dan Sahel.

Sumber teks: wikipedia, liputan6.com
Baca contoh lainnya: Contoh Teks Eksplanasi tentang Angin Topan
Tags: #contoh teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam #contoh teks eksplanasi singkat #contoh teks eksplanasi sosial #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam
contoh teks eksplanasi beserta strukturnya #contoh teks eksplanasi kompleks #contoh teks eksplanasi dan karakteristiknya #struktur teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi singkat tentang angin puting beliung #teks eksplanasi tentang angin topan beserta strukturnya #karangan yang bertema peristiwa angin topan #teks eksplanasi tentang tornado api #interpretasi angin puting beliung #kerangka teks eksplanasi angin puting beliung #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam gunung meletus #teks eksplanasi awan cumulonimbus #contoh teks eksplanasi tentang badai pasir
loading...
Demikian artikel Contoh Teks Eksplanasi tentang Kekeringan (Kemarau). Jika ada pertanyaan, silakan beri komentar, atau via Whatsapp untuk respon cepat (gunakan ponsel). Jangan lupa LIKE dan SHARE artikel ini. Terima kasih. COPY
Bagikan:

#pelajaran bahasa indonesia #sd #smp #sma #ringkasan materi #kurikulum 2013 #kisi-kisi soal #contoh soal #sastra #novel #soal #ujian nasional #UNBK #tips dan trik ujian
Loading...

0 Response to "Contoh Teks Eksplanasi tentang Kekeringan (Kemarau)"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Blog Pelajaran Bahasa Indonesia
loading...