DMCA.com Protection Status

Contoh Soal Meringkas Berita

Disajikan kutipan teks berita, peserta didik dapat meringkasnya.

Bacalah kutipan berikut!
Putri Tidur Telah Siuman
Echa si “Putri Tidut” akhirnya siuman setalah sepekan mendapat perawatan khusus di Rumah Sakit Ansari Shaleh Banjarmasin.
Rabu (1/11) Echa masih dirawat di rumah sakit. Terhitung sudah tujuh hari ia dirawat di rumah sakit tersebut. Kondisinya sudah kian membaik. Dia bukan lagi Echa, si “Putri Tidur” yang sempat pulas selama 12 hari pada 11 – 21 Oktober, dengan hanya sesekali bangun.
Echa mengalami kondisi tidur tidak normal sejak Mei lalu.Semula gejala itu duduga akibat dari kecelakaan yang ia alami setahun yang lalu. Tapi setelah dilakukan tes CT Scan menunjukkan tak ada masalah dengan tubuhnya.
Wardah Rahmatul Iskamiayah, SpS, spesialis saraf dari RSUD dr Soetomo menyebutkan kondisi yang dialami Echa diakibatkan oleh sindrom Kleine-Levin. Atau bahsa awamnya sindrom putrid tidur. Orang yang mengalami sindrom ini biasanya akan tertidur lebih lama dari orang normal. “Bisa tidur dua hingga empat hari “ katanya.
Kini Echa sudah mulai bisa makan sendiri dan mulai teratur merawat kebersihan tubuh. Bahkan Echa menungkapkan sangat ingin pulang ke rumah dan berkumpul dengan teman-temannya.
Tapi keinginannya untuk pulang tampaknya harus dipendamnya dahulua. Sebab, hingga kemarin pihak dokter yang merawatnya masih melakukan observasi terhadap penyakitnya.

Ringkasan isi berita di atas adalah…
a. Echa si “Putri Tidur”akhirnya siuman setelah tujuh hari, Rabu (1/11) dirawat di rumah sakit Ansari Shaleh Banjarmasin. Hal ini disebabkan karena ia terkena sindrom Kleine-Levin. Dan kini kondisinya sudah mulai membaik.
b. Echa si “Putri tidur” kondisinya mulai membaik. Ia mau pulang pada hari Rabu (1/11) tapi belum dibolehkan oleh dokter yang merawatnya. Karena ia terkena sindrom Kleine-Levin.
c. Echa si “Putri tidur” yang terkena sindrom Kleina-Levin kini dirawat di rumah sakit Ansari Shale, Rabu (1/11). Walau kondisinya sudah membaik tapi ia belum di bolehkan pulang karena dokter yang merawatnya masih harus melakukan observasi.
d. Echa si “Putri Tidur” belum diperbolehkan pulang oleh dokter yang merawatnya, karena ia terkena sindrom Kleine-Levin. Walaupun kondisinya membaik. Ia tetap harus di rawat di rumah sakit Ansari Shaleh pada Rabu (1/11) kemaren.

Kunci: A
loading...
Demikian artikel Contoh Soal Meringkas Berita. Jika ada pertanyaan, silakan beri komentar, atau via Whatsapp untuk respon cepat (gunakan ponsel). Jangan lupa LIKE dan SHARE artikel ini. Terima kasih. COPY
Bagikan:

#pelajaran bahasa indonesia #sd #smp #sma #ringkasan materi #kurikulum 2013 #kisi-kisi soal #contoh soal #sastra #novel #soal #ujian nasional #UNBK #tips dan trik ujian
Loading...
Blog Pelajaran Bahasa Indonesia
loading...