Contoh Soal Teks Deskripsi (Kelas VII)

loading...
1. Pernyataan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah. . .
a. Bersifat menceritakan.
b. Mengandung bukti dan kebenaran.
c. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, dan angka.
d. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra.

2. Setiap memandang wajahnya, hatiku terasa teduh. Ya, wajah ibuku memang meneduhkan. Matanya yang bulat menyiratkan kasih sayang kepada orang lain. Tangannya yang mungil dan lembut mengajari kami berjalan untuk pertama kalinya. Dengan tangannya yang mungil, ibuku menyuapi kami untuk pertama kalinya dan menghapus air mata kami saat kami menangis.
Rambut ibu yang indah menggambarkan keindahan pikirannya. Tidak pernah terbesit dalam pikirannya berbuat buruk kepada orang lain. Dengan bibir mungilnya nasihat-nasihat indah tentang kehidupan mengalir ke telinga kami.
Kalimat di atas merupakan deskripsi. . .
a. Deskripsi sugestif
b. Deskripsi teknis/ekspositoris
c. Deskripsi subjektif
d. Deskripsi objektif

3. Berdasarkan teks deskripsi pada soal di atas objek yang dideskripsikan adalah. . .
a. wajah ibuku
b. tangan ibuku
c. keramahan ibuku
d. sosok ibuku

4. Paragraf yang menyatakan aspek bidang perasaan adalah. . .
a. Kedua anak itu bak pinang dibelah dua. Wajahnya sangat mirip. Rambut kedua anak itu ikal. Kulitnya putih bersih seperti ibunya.
b. Dilihat dari penampilannya, orang itu pasti kaya. Setiap hari baju yang dikenakan selalu bagus. Ia selalu menggunakan baju dan perhiasan mahal jika akan pergi ke pesta.
c. Hani sangat sensitif. Ia mudah tersinggung jika temannya salah mengucapkan kata-kata. Oleh karena itu, teman-teman Hani sangat hati-hati memperlakukannya.
d. Ayah dan ibu tidak pernah berbuat kasar terhadap kami. Ayah dan ibu selalu memperlakukan kami dengan lembut. Keluarga kami hangat dan saling menyayangi.

5. Pemerintah Kabupaten Probolinggo menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memberikan jaminan bahwa gunung setinggi 2.329 m dari permukaan laut tersebut aman dikunjungi meskipun berstatus siaga. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari jauh. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit.
Teks tersebut membahas. . .
a. keindahan gunung Bromo
b. penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo
c. peningkatan kunjungan wisatawan
d. pemandangan eksotis Gunung Bromo

6. Perhatikan kedua teks berikut !

TEKS 1
PANTAI MOJOPAHIT
Pemandangan Pantai Mojopahit - Mojokerto sangat mempesona. di sebelah kiri terlihat tebing yang amat sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Mojopahit ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Di pantai Mojopahit ini keta bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut.

TEKS 2
TARI GAMBYONG
Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.

Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil.Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg).
(sumber:http://www.guruberbahasa.com/2016/02/2-contoh-teks-deskripsi-tari-saman-dan.html)

Perbedaan teks 1 dan teks 2 tersebut adalah ...
a. Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit, Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Pemandangan pantai, tebing di kanan kiri pantai, pengunjung, keindahan matahari terbenam. Teks 2 Waktu pementasan, koreografi tari Gambyong
b. Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Keindahan Pantai Mojopahit, Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Pemandangan pantai, pengunjung, permainan yang ada di pantai, keindahan matahari terbenam. Teks 2 Penemu tari Gambyong, gerakan tari Gambyong
c. Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Keindahan Pantai Mojopahit ketika sore hari Teks 2 Kelenturan Tari Gambyong
d. Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Alasan mengapa pantai ini sangat banyak pengunjungnya, Teks 2 Tujuan tari, gerakan tari Gambyong

7. Paragraf yang mengandung unsur deskripsi umum adalah ...
a. Rumah makan “ Nyampleng” terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya. Nama rumah makan ini berasal dari bahasa Jawa yaitu nyamleng yang berarti enak sekali. Sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi. Bangunan rumah makan ini beraksitektur Jawa. Hampir semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini berhiaskan dengan nuansa Jawa.
b. Memasuki rumah makan ini, kita disambut gapura bernuansa Jawa yang berdiri kokoh di pintu masuk. Di bagian DEPAN rumah makan ini terpasang gapura yang indah bertuliskan huruf Jawa dengan warna alami. Begitu memasuki pintu utama kita akan disambut ruangan yang sejuk dengan estetika tinggi. Lantai rumah makan ini terbuat dari kayu berwarna coklat tua. Dinding berwarna putih bersih.
c. Di dalam rumah makan ini diletakkan gamelan Jawa yang tertata rapi lengkap dengan niyaganya. Warna gamelan keemasan dengan bingkai kayu warna coklat gelap sangat antik dan menarik. Di samping gamelan di tata meja kursi antik dengan warna legam. Di pojok ruangan diletakkan lampu hias coklat dengan ornamen kuning keemasan.
d. Di bagian belakang terdapat kolam ikan nila. Warna merah yang mendominasi kolam nampak seperti kain indah yang sedang dimainkan seorang penari. Kolam itu tidak terlalu luas, tetapi bersih. Di pinggir kolam dihias beragam bunga. Warna warni bunga dengan semerbakwanginya menambah keasrian rumah makan ini.

8. Taman Putroe Phang terletak di wilayah kompleks Istana Sultan Aceh di Banda Aceh. Taman ini dibuat Sultan Iskandar Muda untuk ( .... ) Putri Pahang.di taman tersebut terdapat sebuah bangunan unik, bernama Gunongan.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
a. Melihat
b. Mengenang
c. Mengingat
d. Membayangkan

9. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya.
Kata bercetak miring pada kalimat tersebut bermakna ....
a. Paling
b. Mempunyai
c. Menyerupai
d. Banyak

10. (1) Memasuki bibir pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. (2) Angin lembut terasa mengelus kulit. (3) Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. (4) Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. (5) Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah.
Dari kutipan teks di atas, yang termasuk majas personifikasi adalah ...
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)

11. Kelas VII H sangat bersih, tidak ada sampah berserakan atau coretan-coretan . Mereka kompak membersihkan kelasnya bersama-sama. Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. Tidak heran kalau kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.
Kalimat perincian pada teks deskripsi di atas terdapat pada kalimat....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat

12. (1).Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang ada di Banjarmasin. (2) Mereka berjualan di sungai dengan menggunakan perahu. (3)Macam-macam yang mereka jual, ada makanan, sayur, buah,ikan, dan kebutuhan lainnya. (4)Deretan perahu yang saling berdempetan dan aneka jualan yang terlihat berwarna-warni di pagi hari sangat memesona. (5) Keunikan pasar Terapung banyak memukau wisatawan lokal maupun luar yang melihat atau berbelanja di pasar Terapung.
Kata bersinonim pada teks deskriptif di atas terdapat pada kalimat ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)

13. Penggunaan awalan me-N yang tepat terdapat dalam kalimat ....
a. Tarian yang dibawakan anak-anak kelas VII G itu sangat mempesona
b. Nilai pelajaran bahasaIndonesia kelas VII F semester ini menurun sekali.
c. Siswa kelas VII E tidak ada yang saling mempengaruhi berbuat yang tidak baik.
d. Sebagai pelajar yang baik, kita harus menturuti apa yang dinasihatkan guru.

14. Penggunaan kata depan yang tepat terdapat pada kalimat ....
a. Orang-orang ramai berjualan menggunakan perahu .
b. Sungai Barito adalah sungai yang ada di Kalimantan Selatan
c. Tarian Dayak itu menarik perhatian pada wisatawan.
d. Terdengar suasana riuh ketika drama itu selesai dipentaskan

15. Setiap penari profesionil, pada saat berlomba pasti menggunakan metoda secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah ....
a. profesional, methoda, konsekuwen, amatiran
b. profesionil, metode, konsekuen, amatiran
c. profesional, metode, konsekuen, amatiran
d. profesional, methoda, konsekuwen, amatir

16. Berikut adalah contoh judul yang tepat kalau kita ingin menulis karangan teks deskriptif....
a. Tabalong, Kota yang Bersih
b. Membuat layang-layang
c. Dora Emon dan Kantong ajaib
d. Laporan Banjir di Tabalong

17. Simak teks berikut!
(1).Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang ada di Banjarmasin. (2) Mereka berjualan di sungai dengan menggunakan perahu. (3)Macam-macam yang mereka jual, ada makanan, sayur, buah,ikan, dan kebutuhan lainnya. (4)Deretan perahu yang saling berdempetan dan aneka jualan yang terlihat berwarna-warni di pagi hari sangat memesona. (5) Keunikan pasar Terapung banyak memukau wisatawan lokal maupun luar yang melihat atau berbelanja di pasar Terapung.
Kata bersinonim pada teks deskripsi di atas terdapat pada kalimat ....
a. (4) dan (5)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (1) dan (2)

18. Perhatikan teks prosedur berikut ini!
1) Menyiram dengan air secukupnya.
2) Membungkus tanah yang telah ditempelkan dengan menggunakan Sabut atau plastik.
3) Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.
4) Membungkus tanah keratan bagian atas dengan tanah yang subur.
5) Memilih tangkai yang sehat dan tegak.
Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman di atas yang tepat adalah ....
a. 1-3-4-2-5
b. 5-1-3-4-2
c. 5-3-4-2-1
d. 1-5-3-4-2

Teks berikut untuk Soal no.19-23.
Parangtritis nan Indah
Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimba matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.
Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjunngi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.
loading...


19. Tujuan teks deskripsi Parangtritis nan Indah yaitu…
a. Memberi informasi secara sistem tentang pantai Parangtritis.
b. Mengemukakan keindahan Pantai Parangtritis.
c. Menggambarkan keindahan Pantai Parangtritis.
d. Merinciakan keindahan Pantai Parangtritis.

20. Objek teks deskripsi di atas adalah…
a.Wisata kota Yogya
b.Pantai Parangtritis
c.Keindahan Pantai
d.Pengunjung Parangtritis

21. Rincian objek teks deskripsi Pantai Parangtritis nan Indah adalah….
a. Keindahan fisik pantai, keindahan sore hari (sunset), suasana kegiatan orang di pantai .
b. Tempat pantai Parangtritis, keindahan pantai Parangtritis dan kegiatan Pantai Parangtritis.
c. Kemolekan Pantai Parangtritis dan tempat Parangtritis.
d. Suasana keindahan Pantai Parangtritis.

22. Perasaan pembaca kepada teks deskripsi Pantai Parangtritis nan Indah adalah….
a.Takjub keindahan Pantai Parangtritis
b.Kekaguman dan kebanggaan
c.Terpesona keindahan Pantai Parangtritis
d.Bangga dengan keindahan Parangtritis.

23. Tentukan isi paragraf kedua pada teks deskripsi Pantai Parangtritis nan Indah di atas!
a. Letak Pantai Parangtritis.
b. Keindahan Pantai Parangtritis pada sore hari
c. Pesona Pantai Parangtritis yang diapit tebing dan batu karang
d. Wisatawan yang banyak terpesona Pantai Parangtritis

24. Teks satu
Drama tari kolosal “Ariah” dipentaskan di area Monas. Pementasan tari kolosal ini dalam rangka hari jadi Kota Jakarta ke- 386. Drama musikal “Ariah” diambil dari cerita Betawi. “Ariah” menceritakan pejuang perempuan muda Betawi yang penuh semangat dan mempunyai martabat. Atilah Soeryadjaya memprakarsai dan menjadi sutradara cerita rakyat Betawi ini. Selain itu, seniman serba bisa itu juga menulis naskah dan sekaligus menulis lirik lagu pementasannya. Dari awal sampai akhir, pementasan ini sangat memukau.

Teks dua
Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan
Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja.

Pernyataan isi yang tepat pada dua kutipan teks deskripsi tersebut adalah…
a. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal dan teks dua menggambarkan suku Toraja.
b. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal Ariah dan teks dua menggambarkan suku Toraja.
c. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal Ariah dan teks dua menggambarkan Tongkonan.
d. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal dan teks dua menggambarkan tongkonan

25. Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Struktur teks deskripsi di atas adalah …
a. Identifikasi
b. simpulan
c. deskripsi bagian
d. koda

26. Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan berwarna putih dan titik-titik hitam. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.

Kata umum dan kata khusus dalam teks deskripsi di atas adalah…
a. Hitam dan putih
b. Panjang dan tebal
c. coklat dan madu
d. warna dan hitam

27. Kelinciku bernama bagas. Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

Kata sifat yang terdapat di dalam cuplikan tersebut adalah…
a. Komat-kamit
b. manja
c. selalu
d. sangat

28. Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok. Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari

Penggunaan majas pada teks tersebut berada pada kalimat …
a. Pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

29. Kelas VII C sangat bersih, tidak ada sampah berserakan di lantai atau coret-coretan di dinding. Mereka kompak membersihkan kelasnya bersama-sama. Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. Tidak heran jika kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.

Kalimat perincian pada teks deskripsi di atas terletak pada kalimat…
a. Pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

30. Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di NTB. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan.

Penggunaan kata bersinonim terdapat padakalimat
a. Pertama dan kedua
b. ketiga dan keempat
c. kedua dan keempat
d. kedua dan kelima

Kutipan teks deskripsi berikut untuk soal no.31-33.
tugu obor tanjung atau monumen tanjung puri merupakan tugu kebanggaan masyarakat tabalong. Terletak di perempatan jalan keberadaan tugu ini sangat strategis, mempukau dan memesona. Jika datang ke arah selatan, yaitu di Banjarmasin atau dari arah timur, yaitu pada Kalimantan timur ketika memasuki kota tanjung perhatian pertama pasti akan terkesima dengan sosok kuat, kokoh,dan berapi-api ini mensimbolkan energi yang tak pernah habis dan semangat masyarakat tabalong yang selalu bekerja keras pantang menserah.
31. Penggunaan imbuhan meN- yang tepat pada teks deskripsi di atas adalah…
a. mempukau
b. mensimbolkan
c. memesona
d. menserahkan

32. Penggunaan kata depan yang tepat pada teks deskripsi di atas adalah…
a. di perempatan
b. di Banjarmasin
c. ke arah selatan
d. pada Kalimantan

33. Perbaikan penulisan kalimat yang bertulis miring pada teks deskripsi di atas adalah…
a. Tugu Obor Tanjung atau Monumen Tanjung Puri merupakan Tugu kebanggaan masyarakat Tabalong.
b. Tugu Obor Tanjung atau monumen Tanjung Puri merupakan tugu kebanggaan masyarakat Tabalong.
c. Tugu Obor Tanjung Atau Monumen Tanjung Puri merupakan tugu kebanggaan masyarakat Tabalong.
d. Tugu Obor Tanjung atau Monumen Tanjung Puri merupakan tugu kebanggaan masyarakat Tabalong.

34. Perhatikan gambar berikut
Teks deskripsi yang sesuai dengan gambar di atas adalah…
a. Hutan yang lebat penuh dengan pepohonan yang rindang.
b. Hutan gundul, pepohonan rusak karena ditebang secara membabi buta.
c. Sebuah rumah yang dikelilingi pohon yang roboh.
d. Hutan gundul, pohon hancur dan tidak terawat.

loading...
Baca juga:
    Bagikan:
    loading...