.

Contoh Soal Materi Teks Eksplanasi

Artikel Terbaru:
loading...
loading...
1. Paragraf berikut yang merupakan teks eksplanasi adalah . . . .
a. Mungkin tidak banyak orang menyadari bahwa sebenarnya sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, penting untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh Anda sehingga energi Anda terpenuhi sepanjang hari. Selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya.
b. Dangau-dangau kecil yang berjajar di tepi danau Tanjung Puri, desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak, kini tampak sepi. Pun mobil-mobil pengunjung tak satu pun terlihat parkir di halaman di sekitar danau itu. Pengelola restoran di Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkan lokasinya yang cukup jauh dari kota Tanjung. Akibatnya, warga malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan hutan dan danau.
c. Perpustakaanku berukuran 30 meter persegi. Di dalamnya terdapat beberapa kelompok buku. Kelompok buku tersebut adalah fiksi, nonfiksi, pengetahuan umum, dan referensi. Setiap hari pengunjung perpustakaanku rata-rata 50 orang. Jumlah pengunjung yang begitu banyak bisa dilayani oleh satu orang pustakawan.
d. Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami". Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.

2. Simaklah kutipan teks berikut:
Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami". Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.
Apakah yang dimaksud dengan tsunami?
Jawaban pertanyaan tersebut adalah . . . .
a. Tsunami berasal dari bahasa Jepang
b. Tsunami berasal dari kata "tsu"
c. Tsunami berasal dari kata "nami"
d. Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar

Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ('nami"). Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar. Tsunami terjadi ketika dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal
mengubah posisi air yang datar. Gerakan vertikal yang besar dari patahan bumi dapat terjadi pada lapisan bumi.
Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang di hasilkan. Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang terbesar disebabkan oleh gelombang besar yang membanjir daratan. Gelombang ini ketika mengenai pemukiman manusia akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang, korban jiwa yang terjadi bukanlah karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.

3. Pernyataan umum pada teks eksplanasi di atas adalah ....
a. paragraf 1
b. paragraf 2
c. paragraf 3
d. paragrat 4

4. Berikut ini yang bukan merupakan bagian penjelasan pada teks di atas adalah....
a. Tsunami terjadi ketika dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal merubah posisi air
yang datar.
b. Gerakan vertikal yang besar dari patahan bumi dapat terjadi pada lapisan bumi.
c. Gempa bumi yang tejadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami.
d. Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia.

5. Paragraf terakhir pada teks di atas merupakan bagian ....
a. pernyataan umum
b. deretan penjelasan
c. interpretasi
d. orientasi

Artikel Lainnya:
.