Contoh Soal Materi Teks Eksplanasi (Kelas VIII)

loading...
1. Paragraf berikut yang merupakan teks eksplanasi adalah . . . .
a. Mungkin tidak banyak orang menyadari bahwa sebenarnya sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, penting untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh Anda sehingga energi Anda terpenuhi sepanjang hari. Selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya.
b. Dangau-dangau kecil yang berjajar di tepi danau Tanjung Puri, desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak, kini tampak sepi. Pun mobil-mobil pengunjung tak satu pun terlihat parkir di halaman di sekitar danau itu. Pengelola restoran di Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkan lokasinya yang cukup jauh dari kota Tanjung. Akibatnya, warga malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan hutan dan danau.
c. Perpustakaanku berukuran 30 meter persegi. Di dalamnya terdapat beberapa kelompok buku. Kelompok buku tersebut adalah fiksi, nonfiksi, pengetahuan umum, dan referensi. Setiap hari pengunjung perpustakaanku rata-rata 50 orang. Jumlah pengunjung yang begitu banyak bisa dilayani oleh satu orang pustakawan.
d. Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami". Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.

2. Simaklah kutipan teks berikut:
Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami". Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.
Apakah yang dimaksud dengan tsunami?
Jawaban pertanyaan tersebut adalah . . . .
a. Tsunami berasal dari bahasa Jepang
b. Tsunami berasal dari kata "tsu"
c. Tsunami berasal dari kata "nami"
d. Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar

Simaklah kutipan teks eksplanasi berikut:
Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ('nami"). Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.

Tsunami terjadi ketika dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal
mengubah posisi air yang datar. Gerakan vertikal yang besar dari patahan bumi dapat terjadi pada lapisan bumi.

Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang di hasilkan. Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.

Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang terbesar disebabkan oleh gelombang besar yang membanjir daratan. Gelombang ini ketika mengenai pemukiman manusia akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang, korban jiwa yang terjadi bukanlah karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.

3. Pernyataan umum pada teks eksplanasi di atas adalah ....
a. paragraf 1
b. paragraf 2
c. paragraf 3
d. paragrat 4

4. Berikut ini yang bukan merupakan bagian penjelasan pada teks di atas adalah....
a. Tsunami terjadi ketika dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal merubah posisi air yang datar.
b. Gerakan vertikal yang besar dari patahan bumi dapat terjadi pada lapisan bumi.
c. Gempa bumi yang tejadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami.
d. Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia.

5. Paragraf terakhir pada teks di atas merupakan bagian ....
a. pernyataan umum
b. deretan penjelasan
c. interpretasi
d. orientasi

6. Simaklah kutipan teks eksplanasi berikut:
Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami"). Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.
Ringkasan teks tersebut adalah . . . .
a. "Tsunami" berasal dari bahasa Jepang. "tsu" (pelabuhan) dan "nami" (gelombang), yaitu rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.
b. Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami")
c. Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang berasal dari bahasa Jepang.
d. Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar

7. Simaklah kutipan teks eksplanasi berikut:
Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang di hasilkan. Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
Ringkasan teks tersebut adalah . . . .
a. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat menimbulkan tenaga gelombang yang mengalir deras ke daratan yang sangat berbahaya bagi manusia.
b. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan tenaga gelombang yang mengalir deras ke daratan, Gelombang inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
c. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar patahan yang terjadi, semakin besar gelombang yang di hasilkan. Gelombang inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
d. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut menimbulkan patahan dan tenaga gelombang yang sangat berbahaya bagi manusia.

8. Simaklah kutipan teks eksplanasi berikut:
Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang terbesar disebabkan oleh gelombang besar yang membanjiri daratan. Gelombang ini ketika mengenai pemukiman manusia akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang, korban jiwa yang terjadi bukanlah karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
Ringkasan teks tersebut adalah . . . .
a. Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia seperti mengenai pemukiman dan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang, korban jiwa yang terjadi karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
b. Tsunami selalu membawa korban jiwa yang terjadi bukanlah karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami.
c. Tsunami selalu membawa kerusakan besar. Gelombangnya yang besar bergerak membanjiri daratan dan ketika mengenai pemukiman manusia, akan menyeret apa saja yang dilaluinya seperti benda-benda dan lumpur. Inilah yang kadang menjadi penyebab manusia sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
d. Tsunami disebabkan oleh gelombang besar yang membanjir daratan. Gelombang ini mengenai pemukiman manusia dan korban jiwa karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.

Kunci : D D A B C A B C

Contoh Soal Lainnya:

Bacalah kutipan teks berikut ini!

Benarkah semua awan berada di langit? Sesungguhnya, tidak semua awan berada di langit. Ada juga awan yang menyentuh permukaan bumi. Awan yang menyentuh permukaan bumi disebut mega atau halimun.
Udara mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Zat lengas dalam bentuk uap air tidak mampu ditahan jika udara yang lengas dan hangat itu menjadi dingin. Zat lengas yang berlebihan itu akan berubah menjadi tetes-tetes air yang memutih. Tetes-tetes air kecil yang memutih ini disebut awan.
Awan di langit didesak oleh udara. Namun, jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Kemudian, tetesan kecil itu bertambah besar kateran terdapat banyak lengas. Jika tetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan di atas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi.
Awan dapat terbentuk di berbagai tingkat ketinggian di atas bumi. Jenis awan pun dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat ketinggiannya masing-masing, yaitu kelompok awan tinggi, kelompokawan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.

42. Teks eksplanasi tersebut membahas...
a. Proses terjadinya awan
b. Proses hujan turun di bumi
c. Tingkat ketinggian awan di langit
d. Pergerakan awan di langit

43. Pernyataan sesuai dengan isi teks eksplanasi tersebut adalah....
a. Sesungguhnya semua awan berada di langit
b. Tetes-tetes air kecil yang memutih disebut awan.
c. Awan di langit didesak oleh angin kencang.
d. Awan terbentuk berdasarkan tiupan angin di bumi.

44. Ringkasan tepat berdasarkan teks eksplanasi tersebut adalah...
a. Awan tidak hanya berada di langit. Awan dapat pula berada di permukaan bumi. Awan berada di udara yang mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Zat lengas yang berlebihan itu akan berubah menjadi tetes-tetes air kecil yang memutih. Tetes-tetes air yang memutih tersebut disebut awan. Awan di langit didesak oleh udara. Jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Awan dapat dibedakan berdasarkan tingkat ketinggiannya dari bumi.
b. Semua wwan berada di langit. Awan di langit terbentuk karena udara mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Jika jumlah uap air di langit berlebihan dapat membentuk tetes-tetes air kecil. Tetesan air tersebut disebut awan. Awan dapat dibedakan berdasarkan ketinggiannya dari bumi. Berdasarkan ketinggian dari bumi awan dapat dibedakan yaitu kelompok awan tinggi, kelompok awan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.
c. Awan adalah benda langit. Awan berasal dari uap air yang terkena tiupan angin. Jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Jika atetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan di atas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi. Berdasarkan ketinggian dari bumi awan dapat dibedakan yaitu kelompok awan tinggi, kelompok awan menenagah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.
d. Tidak semua awan menghasilkan hujan. Awan berubah menjadi hujan jika didesak oleh udara. Jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Jika tetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan di atas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi. Berdasarkan ketinggian dari bumi awan dapat dibedakan yaitu kelompok awan tinggi, kelompok awan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.

45. Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut ini!
Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu menutupi cahaya matahari sepenuhnya. Keadaan itu disebabkan jarak dari bumi ke bulan lebih dekat daripada jarak dari bumi ke matahar. Bulan berjarak sekitar 384.400 km dari bumi. Sementara itu, matahari berjarak sekitar 149.680.000 km dari bumi.
Gagasan pokok kutipan di atas adalah ....
a. Posisi bulan dan mataharisaat terjadi gerhana.
b. Jarak matahari dan bumi saat terjadi gerhana.
c. Peristiwa terjadinya gerhana matahari.
d. Kondisi bumi saat terjadi gerhana matahari.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 4!

Kelompok Pergunjingan

Pergunjingan merupakan bagian dari kehidupan sosial manusia sebagai sarana untuk meluapkan kekecewaan seseorang dalam interaksi sosialnya. Ruang gunjing selalu tercipta bahkan menjadi rutinitas. Dalam pergunjingan terpendam hasrat dan kepuasan ketika bisa mengorek aib kehidupan orang lain, termasuk menikmati kehancuran orang lain dalam interaksi sosial. Umumnya setiap agama mengutuk perbuatan bergunjing ini. Sebenarnya, mengapa dan bagaimana pergunjingan itu dapat terjadi dalam kehidupan sosial?
Salah satu penyebab menjamurnya kelompok pergunjingan dalam interaksi sosial adalah adanya pikiran menganggur yang tidak mendapat pekerjaan tepat. Kondisi yang demikian, akan mendorong interaksi antar manusia untuk saling menjejali pekerjaan pikiran berupa gunjingan aib orang lain, akibat dari kelebihan energi pikirannya.Pergunjingan terjadi begitu saja, tanpa ada sponsor dan moderator. Dalam kesehariannya, manusia saling berbicara tentang berbagai hal ringan. Seperti sekadar berbasa-basi dan bertukar canda. Ketika seseorang telah merasakan kekecewaan pada objek yang sama dengan orang lain, mereka akan dengan mudah membentuk kelompok sosial yang tujuannya adalah sebagai wahana pencurahan atas kekecewaannya tadi. Kelompok tersebut disebut kelompok pergunjingan.Setelah terbentuk kelompok pergunjingan atas dasar perasaan senasib sepenanggungan tersebut, individu secara personal akan mengungkapkan rasa kekecewaannya dengan rinci tanpa ada yang tertinggal. Masing-masing individu akan saling menyetujui, meyakinkan, dan mengiyakan semua hal yang mereka anggap benar dalam forum pembicaraan tidak resmi itu. Di sini, ruang gunjing sangat memberi dampak positif bagi si pelaku pergunjingan, karena secara tidak langsung dapat meringankan kepenatan sosial.
Dengan demikian, pergunjingan terjadi dengan diawali adanya pikiran yang menganggur. Kemudian terjadi interaksi sosial yang didukung perasaan senasib sepenanggungan atas dasar kekecewaan yang sama, serta sikap egois yang akan mendorong terbentuknya interaksi sosial antar manusia untuk saling menjejali pikiran masing-masing dengan berupa gunjingan aib orang lain.

1. Berikut ini adalah isi dari teks eksplanasi tersebut …
a. Pergunjingan terjadi karena pikiran yang menganggur dan adanya kekecewaan terhadap orang lain.
b. Pergunjingan adalah hal yang dilarang oleh agama mana pun tetapi banyak orang yang masih melakukannya karena menggunjing orang bisa membuat orang tersebut merasa puas mencurahkan isi hatinya.
c. Pergunjingan adalah bagian dari kehidupan sosial manusia yang terjadi karena pikiran yang menganggur dan bertujuan untuk meluapkan kekecewaan seseorang terhadap orang lain.
d. Pergunjingan harus dihentikan karena bukanlah hal yang baik dan dilarang oleh agama.

2. Berdasarkan teks di atas, struktur teks eksplanasi yang tepat adalah …
a. Identifikasi fenomena : paragraf 1
penggambaran kejadian : paragraf 2
ulasan : paragraf 3
b. Identifikasi fenomena : paragraf 2
penggambaran kejadian : paragraf 1
ulasan : paragraf 3
c. Identifikasi fenomena : paragraf 3
penggambaran kejadian : paragraf 2
ulasan : paragraf 1
d. Identifikasi fenomena : paragraf 1
penggambaran kejadian : paragraf 3
ulasan : paragraf 2

3. Konjungsi kronologis yang terdapat dalam paragraf terakhir adalah …
a. Untuk
b. Serta
c. Kemudian
d. Dengan demikian

4. Pola pengembangan teks eksplanasi tersebut adalah …
a. Kronologis
b. Kausalitas
c. Deduktif
d. Induktif

5. Perhatikan kutipan teks acak berikut ini!
1) Untuk pencegahan terjadinya longsor bisa dengan menggunakan pohon, karena akar pohon akan banyak membantu dengan cara menyerap air hujan sehingga bisa meminimalisir.
2) Ada banyak hal lagi yang bisa memicu dan menyebabkan terjadinya kelongsoran.
3) Setelah penguapan maka akan muncul pori-pori atau rongga tanah, kemudian terjadi retakan di permukaan, saat hujan air akan menyusup ke bagian yang retak lalu air akan masuk sehingga terakumulasi di bagian dasar lereng, lalu menimbulkan gerakan lateral kemudian terjadilah longsor.
4) Baik itu diakibatkan oleh alam atau karena ulah manusia itu sendiri, diantaranya Tingginya curah hujan, jika musim penghujan dengan durasi lama maka akan terjadi penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar.
Susunan yang tepat agar menjadi kutipan teks eksplanasi yang benar adalah …
a. 1 – 2 – 3 - 4
b. 2 – 4 – 3 – 1
c. 2 – 4 – 1 – 3
d. 2 – 1 – 3 - 4
loading...
Bagikan:
loading...