Widget HTML Atas

Contoh Soal Menentukan Informasi Berita dari Bidang Tertentu

Indikator Soal : Disajikan topik berita, peserta didik dapat menentukan kutipan berita yang sesuai topik.

SOAL 1:
Kutipan berita berikut yang mengandung informasi di bidang pendidikan adalah....
A. Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.
B. Secara tingkatan perkembangan kepribadian anggotanya, Pramuka dibagi menjadi beberapa tingkat, yaitu Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina.
C. Las Vegas (ANTARA News) - Pria bersenjata yang melakukan penembakan massal di Las Vegas melepaskan tembakan ke penjaga keamanan sebelum menghujani kerumunan penonton konser dengan peluru hingga menewaskan 58 orang menurut para pejabat pada Senin mengenai perubahan linimasa penembakan massal paling mematikan dalam sejarah modern Amerika Serikat itu.
Sumber: http://www.antaranews.com/berita/657598/polisi-ungkap-rincian-kejadian-jelang-penembakan-massal-las-vegas
D. Terjadi kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang di Dusun Gununglurah, Rancamaya, Banyumas. Peristiwa itu menelan korban 5 penumpang tewas dan lebih 100 orang luka-luka. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) dini hari.

SOAL 2:
Perhatikan teks berita berikut ini!
Senin 22 Oktober tadi pagi bus penumpang dari Banjarmasin – Balikpapan masuk parit di wilayah Kasiau. Kecelakaan di duga disebabkan terlepasnya ban depan sehingga menabrak tiang listrik lalu masuk parit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Karena benturan bus tidak terlalu kuat. Saat ditemui di lokasi kejadian kepala Organda Cabang Balikpapan menuturkan penyebab pasti kecelakaan itu beberapa kemungkinan, antara lain factor bus, pemasangan ban depan, dan factor teknis lain.
Informasi teks berita tersebut …
a. Bus penumpang Balikpapan mengalami kecelakaan pada hariSenin yang mengakibatkan korban jiwa
b. Kecelakaan terjadi pada bus penumpang karena sopir mengantuk
c. Organda Cabang Balikpapan dapat memastikan akibat kecelakaan itu
d. Hari Senin terjadi kecelakaan bus penumpang Banjarmasin-Balikpapan akibat lepasnya ban depan dan tidak ada korban jiwa
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!