DMCA.com Protection Status

Tanpa Pemain Naturalisasi, Filipina Muda Kesulitan Hadapi Garuda Muda

Selain Singapura, Filipina juga termasuk negara yang getol melakukan naturalisasi pemain untuk timnas seniornya demi membentuk tim sepakbola yang tangguh. Memang, berkat program instan itu, timnas senior) mereka mampu 'lebih bergigi' dari sebelumnya. Namun, hal itu tak berlaku bagi timnas mudanya. Di kelompok umur U-18, mereka nampak kesulitan menghadapi Garuda Muda.
Rekor sebelumnya:
- Timnas Senior Piala AFF 2016:
Indonesia 2-2 Filipina.
- Timnas U-22 SEA Games 2017: Indonesia 3-0 Filipina.
Di matchday kedua ajang Piala AFF U-18, Timnas Indonesia U-19 tampil sangat dominan menghadapi Filipina. Baru separuh babak, Garuda Muda sudah unggul 5-0.

Bermain di Tuwanna Stadium, Kamis (7/9/2017) malam WIB, Indra Sjafri tak banyak melakukan perubahan di skuat Garuda Muda. Namun, di laga ini mantan pelatih Bali United itu menjadikan Asnawi Mangkualam sebagai starter.

Di babak pertama Indonesia tak terlihat kesulitan menghadapi Filipina. Keran gol dibuka pada menit ketujuh lewat kaki Feby Eka Putra.
Unggul satu gol Indonesia berada di atas angin dengan menciptakan banyak pelaung, namun tak membuahkan gol lantaran penyelesaian akhir yang buruk.

Namun, setelah laga berjalan 20 menit Indonesia bermain lebih baik. Egy Maulana Vikri dan Muhammad Iqbal masing-masing berhasil mencetak dua gol.

Jalannya Pertandingan:

Indonesia langsung mengontrol permainan di awal-awal laga. Skuat Indra Sjafri menerapkan permainan dengan umpan-umpan pendek cepat.

Filipina mampu mengancam gawang Indonesia lebih dulu di menit ketiga, setelah Mariano Jr.Mallari Suba mencuri bola dari pemain Garuda Muda. Suba langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, beruntung Muhamad Riyandi bisa menepis bola keluar lapangan.

Di menit ketujuh Indonesia berhasil mencuri gol lebih dulu. Feby melepaskan tembakan dari luar kotak penalti setelah menerima sodoran bola dari rekannya. Bola hasil sepakan Feby melengkung ke sudut kanan atas gawang Quincy Julian Boltron Kammeraad dan masuk ke gawang setelah lebih dulu mengenai mistar. 1-0 Indonesia memimpin.

Indonesia nyaris menggandakan skor di menit ke-10. Egy, yang mendapat umpan terobosan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, tendangan pemain bernomor punggung 10 itu masih terlalu lemah.

Skuat Garuda Muda berhasil melesakkan gol kedua di menit ke-21. Sepak pojok yang didapat Indonesia berhasil menciptakan kemelut di kotak penalti Filipina. Egy, yang berdiri bebas sukses menceploskan bola liar ke jala gawang lawan.

Selang empat menit kemudian Indonesia memperlebar keunggulan menjadi 3-0. Kali ini giliran Muhammad Iqbal yang merobek gawang Filipina setelah menyambar umpan dari Asnawi Mangkualam.

Indonesia mendapat kesempatan untuk mencetak gol keempat di menit ke-30 lewat titik penalti setelah pemain Filipina melakukan handball. Akan tetapi kesempatan itu tak bisa dikonversi menjadi gol oleh Asnawi setelah arah bolanya mampu dibaca kiper lawan.

Enam menit kemudian Indonesia kembali dihadiahi penalti setelah pemain Garuda Muda dijatuhi di kotak terlarang. Egy, yang ditunjuk sebagai eksekutor bisa menjalankan tugasnya dengan baik. 4-0 Indonesia memimpin.

Di menit ke-39 Indonesia melesakkan gol kelima lewat tendangan bebas yang dieksekusi Iqbal. Pemain nomor punggung itu mengarahkan bola ke sisi kanan gawang lawan, yang tak bisa dijangkau Quincy Julian. 5-0 Indonesia memimpin hingga turun minum.

Susunan Pemain:

Filipina: Quincy Julian Boltron Kammeraad; Lemark Sayson Unaba, Elljhone Clyde Binoluan Rasonable, Vince Eric Trembevilla Baito, Lean Panes Perez; Robert Lawrence Pajara Wilson, Kier John Pedroso Napolitano, Mark Francis Baclia-An Mercenes, Fidel Victor Palogan Tacardon; Marcel Ivan Arcenal Ouano, Mariano Jr.Mallari Suba.

Indonesia: Muhamad Riyandi; Samuel Christianson, Nurhidayat Haji Haris, Muhammad Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto; Muhammad Iqbal, Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra, Syahrin Abimanyu, Asnawi Mangkualam Bahar; Hanis Saghara Putra.

Sumber: sport.detik.com
loading...
Demikian artikel Tanpa Pemain Naturalisasi, Filipina Muda Kesulitan Hadapi Garuda Muda. Jika ada pertanyaan, silakan beri komentar, atau via Whatsapp untuk respon cepat (gunakan ponsel). Jangan lupa LIKE dan SHARE artikel ini. Terima kasih. COPY
Bagikan:

#pelajaran bahasa indonesia #sd #smp #sma #ringkasan materi #kurikulum 2013 #kisi-kisi soal #contoh soal #sastra #novel #soal #ujian nasional #UNBK #tips dan trik ujian
Loading...

0 Response to "Tanpa Pemain Naturalisasi, Filipina Muda Kesulitan Hadapi Garuda Muda"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Blog Pelajaran Bahasa Indonesia
loading...