5W1H Berita Kecelakaan Beruntun, Truk Tabrak Motor, Mobil, dan Warung di Semarang

Artikel Terbaru:
loading...
loading...
Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Perlu diingat, bahwa setiap bagian kalimat atau paragraf bisa saja mengandung lebih dari satu unsur berita. Namun yang dimaksud di sini adalah dalam satu bagian berita (kalimat ataupun paragraf), unsur berita yang dimaksud adalah yang termaktub dalam inti kalimat atau inti paragraf.

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa dan Di mana
Kecelakaan beruntun terjadi di Jalur Semarang-Yogya tepatnya Jalan Soekarno-Hatta, Kabupaten Semarang. Truk kontainer menabrak sejumlah kendaraan dan menghancurkan warung-warung di pinggir jalan.

Kapan
Peristiwa terjadi sekitar pukul 13.30 WIB Selasa siang (29/8/2017). Truk kontainer bernopol H 1636 BP melaju dari arah Bawen ke Utara dan menabrak mobil box dan berlanjut ke truk pengangkut kayu.

Siapa
Jumlah korban meninggal dalam peristiwa kecelakaan maut di Jalan Soekarno-Hatta, Kabupaten Semarang bertambah. Saat ini ada lima jenazah korban kecelakaan yang berada di RS Ken Saras, Semarang.

Selain kepolisian, PT Jasa Raharja juga mencari data korban terkait dengan santunan sesuai dengan Undang-undang nomor 34 tahun 1964. Dari informasi sementara ada 5 korban tewas yang sudah berada di RS.
"Untuk data sementara ada 5 korban tewas berada di RS Ken Saras," kata Kepala PT Jasa Raharja Jateng, Harwan Muldidarmawan, Selasa (29/8/2017).

Dari 5 korban tewas baru 2 jenazah yang teridentifikasi yakni atas nama Zamzirah warga Tambak Rejo RT 01 RW 08, Bawen, Kabupaten Semarang dan Johan Wijaya warga Tambak Boyo RT 05 RW 01, Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Mengapa dan Bagaimana
Sekitar pukul 13.30 WIB, saat itu truk kontainer H 1636 BP melaju dari Bawen ke arah Utara. Diduga rem blong, truk kontainer menabrak truk angkut kayu, mobil boks, kemudian truk kontainer masih melaju dan oleng menghajar sejumlah motor dan warung.

Sejak kejadian, kemacetan panjang terjadi dari dua arah. Tepat di lokasi kejadian kepolisian lalu lintas memberlakukan contra flow.

Sopir truk kayu, Rohmat mengatakan kendaraannya disundul mobil box hingga oleng dan menabrak warung penjual es kelapa muda. Sedangkan mobil box terus didorong truk kontainer hingga menabrak warung di samping penjual kelapa muda.
"Tiba-tiba ditabrak langsung oleng. Saya pokoknya di depan tiba-tiba oleng," kata Rohmat di lokasi kejadian, Selasa (29/8/2017).

Truk kontainer ternyata terus melaju dan terguling kemudian menggilas motor-motor di depannya. Tidak hanya motor, truk tersebut menabrak warung-warung hingga hancur.

Sumber:
https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3620298/kecelakaan-beruntun-truk-tabrak-motor-mobil-dan-warung-di-semarang
https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3620411/korban-tewas-kecelakaan-beruntun-di-semarang-bertambah-jadi-5-orang

loading...
Artikel Lainnya:
.