Menyimpulkan Sebab/Akibat Konflik

Artikel Terbaru:
Masalah dalam cerita memunculkan konfik. Konflik merupakan pertemuan atau benturan antara dua kekuatan yang berlawanan. Konflik dibedakan menjadi dua macam, yaitu: konflik dari luar (fisik) dan dari dalam (batin).
Konflik dari luar terjadi antara tokoh dan sesuatu di luar dirinya. Konflik ini bisa terjadi dengan lingkungan ataupun manusia. Konflik dari luar dibagi menjadi dua:
a. Konflik fisik merupakan konflik yang disebabkan benturan antara tokoh dan lingkungan.
Sebagai contoh konflik yang dialami tokoh akibat bencana alam.
b. Konflik sosial merupakan konflik yang muncul karena hubungan antarmanusia.
Misalnya: masalah pertikaian, perebutan, atau perceraian.
Konflik batin timbul dari dalam diri tokoh, konflik ini terjadi antara tokoh dan dirinya sendiri. Konflik terdapat dalam strukutur alur dan alur merupakan salah satu unsur intrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun cerita dari dalam. Konflik dalam cerita disebabkan oleh suatu peristiwa sebagai pemicunya. Konflik dalam cerita juga menyebabkan terjadinya sebuah peristiwa. Sebab-akibat dalam karya sastra dapat dilihat dalam novel dan cerpen.

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
"Jadi, kita akan kuburkan dia di Simagara?" katanya pelan-pelan, setengah, ditujukan kepada dirinya sendiri; Soleha tidak bisa menjawab. Ia mau berpikir panjang. Ia mau mengatakannya, tapi ia segera ingat pada yang lain. "Tapi, kita sudah menikahkan dia. Dan sekarang dia sudah jadi istri Sumarto. Apa yang akan dikatakan oleh Sumarto?" Pikirannya makin tidak enak kalau mengingat soal itu. Ia memang sudah keberatan ketika suami Soleha dipanggil orang dari kampung sawah untuk mengobati Pak Murad. Sebagai mantri kesehatan di sekitar itu memang tak ada dokter. Suami Soleha sering diminta pertolongan. Namun, ia tahu betul Pak Murad ayah Mumi. Murni sekarang menjanda karena suaminya meninggal dunia. Suami Soleha saling mencintai dengan Murni ketika masih bujang dan gadis. Mereka tak dapat melaksanakan niat hatinya sebab Murni dipaksa menikah.

1. Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....
A. Soleha perang batin sewaktu mau bicara dengan Sumarto.
B. Pak Sumarto kebingungan sewaktu mau bicara dengan Soleha.
C. Soleha tidak rela menguburkan jenazah anaknya di Simagara.
D. Suami Soleha dan Soleha perang mulut mengenai penguburan jenazah.
Jawaban: D
Pembahasan:
Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah suami Soleha dan Soleha perang mulut mengenai penguburan jenazah anaknya.

2. Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan tersebut adalah ....
A. Karena suaminya mantri kesehatan.
B. Karena suaminya diminta pertolongan
C. Karena cemburu terhadap Murni.
D. Karena suami Soleha pernah mencintai Murni.
Jawaban: D
Pembahasan:
Konflik dalam cerita tersebut terjadi disebabkan karena suami Soleha pernah mencintai Murni. Hal ini dijelaskan dalam penggalan kalimat Murni sekarang menjanda karena suaminya meninggal dunia. Suami Soleha saling mencintai dengan Murni ketika masih bujang dan gadis.

3. Peristiwa yang terjadi akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Suaminya mengobati Pak Murad yang sakit.
B. Suaminya sering diminta pertolongan karena tidak ada dokter.
C. Soleha tidak dapat menentukan tempat penguburan anaknya.
D. Suaminya akan bertemu dengan Murni anak Pak Murad.
Jawaban: D
Pembahasan:
Peristiwa akibat konflik merupakan kejadian yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya. Konflik dalam cerita terjadi karena Soleha pernah mencintai Murni sehingga peristiwa yang mungkin akan terjadi akibat konflik adalah suami Soleha akan bertemu dengan Murni anak Pak Murad.
Artikel Terbaru Mapel Lainnya: