Puisi Rakyat: Contoh dan Ciri-cirinya

Puisi Rakyat adalah kesusastraan rakyat yang sudah tertentu bentuknya, biasanya terjadi dari beberapa deret kalimat, ada yang berdasarkan mantra, ada yang berdasarkan panjang pendek suku kata, lemah tekanan suara, atau hanya berdasarkan irama.
Puisi rakyat dapat berbentuk ungkapan tradisional, pertanyaan tradisional, kategori : paparikan dan wawangsalan. Selanjutnya paparikan dibagi menjadi dua : rarakitan cerita rakyat, dan kepercayaan rakyat yang berupa mantra. Puisi rakyat berisi nilai-nilai yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Termasuk puisi rakyat adalah puisi lama yang berisi pesan-pesan dan nilai- nilai warisan leluhur bangsa Indonesia.

Puisi rakyat berupa pantun, syair, gurindam, atau puisi rakyat yang berkembang di daerah tertentu. Pada acara-acara di televisi, kepiawaian membuat pantun masih menjadi andalan untuk melucu. Pada lagu-lagu juga masih ditemukan pantun. Sementara untuk gurindam, syair, dan sastra lama yang lain agak kurang lagi didengar.

Dalam dunia kesastraan kita memiliki warisan turun-temurun berupa cerita rakyat atau puisi rakyat yang tidak diketahui siapa pengarangnya. Karena merupakan hasil turun-temurun dan tidak diketahui siapa pengarangnya, puisi lama biasanya disampaikan dari mulut-kemulut. Puisi lama terlihat kaku karena terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah kata dalam tiap baris, jumlah baris dalam tiap bait dan juga pengulangan kata yang bisa di awal maupun di akhir sajak atau kita kenal dengan sebutan rima. Pada bagian ini puisi lama yang akan dibahas adalah pantun, syair dan gurindam.

Gurindam
Gurindam adalah puisi lama yang berasal dari negeri India. Istilah gurindam berasal dari bahasa India, yaitu kirindam berarti “mulamula” atau “perumpamaan”. Gurindam sarat nilai agama dan moral. Tak dimungkiri bahwa gurindam bagi orang dulu sangat penting dan dijadikan norma dalam kehidupan. Seperti apakah gurindam sebenarnya? Gurindam adalah puisi lama (Melayu) yang sangat penting sebagai warisan budaya.

Ciri gurindam
a) terdiri atas dua baris dalam sebait
b) tiap baris memiliki jumlah kata sekitar 10-14 kata
c) tiap baris memiliki rima sama atau bersajak A-A, B-B, C-C, dan
seterusnya
d) merupakan satu kesatuan yang utuh.
e) baris pertama berisi soal, masalah, atau perjanjian
f) baris kedua berisi jawaban, akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama. (isi atau maksud gurindam terdapat pada baris kedua)
g) isi gurindam biasanya berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata mutiara

Baca: Ringkasan | Mengenal Gurindam, Puisi Lama dari Tamil

Pantun
Pantun adalah puisi Melayu yang mengakar dan membudaya dalam masyarakat. Pantun dikenal dengan banyak nama di berbagai bahasa di Nusantara, tonton (bahasa Tagalog), tuntun (bahasa Jawa), pantun (bahasa Toba) yang memiliki arti kurang lebih sama, yaitu sesuatu ucapan yang teratur, arahan yang mendidik, bentuk kesantunan. Pantun tersebar hampir diseluruh Indonesia. Fungsi pantun di semua daerah (Melayu, Sunda, Jawa, atau daerah lainnya) sama, yaitu untuk mendidik sambil menghibur. Melalui pantun kita menghibur orang dengan permainan
bunyi bahasa, menyindir (menegur bahwa sesuatu itu kurang baik) secara tidak langsung, atau memberi nasihat. Ini bukan berarti orang kita tidak tegas kalau hendak mengatakan sesuatu, tetapi dapat dikatakan bahwa kita memiliki gaya tersendiri dalam mengungkapkan sesuatu. Melalui pantun leluhur kita terkesan lebih santun untuk menegur atau menasihati orang secara tidak langsung agar orang yang kita tuju tidak merasa malu atau dipojokkan.
Ciri-ciri pantun dapat dilihat berdasarkan bentuknya. Ciri-ciri ini tidak boleh diubah. Jika diubah, pantun tersebut akan menjadi seloka, gurindam, atau bentuk puisi lama lainnya.

Ciri-ciri pantun
• Tiap bait terdiri atas empat baris (larik).
• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.
• Rima akhir setiap baris adalah a-b-a-b.
• Baris pertama dan kedua merupakan sampiran.
• Baris ketiga dan keempat merupakan isi.



Syair
Syair adalah salah satu puisi lama. Syair berasal dari Persia dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dengan masuknya Islam ke Indonesia. Kata atau istilah syair berasal dari bahasa arab yaitu syi’ir atau syu’ur yang berarti “perasaan yang menyadari”, kemudian kata syu’ur berkembang menjadi syi’ru yang berarti puisi dalam pengetahuan umum.
Dalam perkembangannya syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi sehingga menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair negeri Arab. Penyair yang berperan besar dalam membentuk syair khas Melayu adalah Hamzah Fansuri dengan karyanya, antara lain: Syair Perahu, Syair Burung Pingai, Syair Dagang, dan Syair Sidang Fakir.

Ciri-ciri syair antara lain :
• Setiap bait terdiri dari empat baris.
• Setiap baris terdiri atas 8-14 suku kata.
• Bersajak a-a-a-a.
• Semua baris adalah isi.
• Bahasa yang digunakan biasanya berupa kiasan.


Ciri-ciri dan Contoh Surat Pribadi dan Surat Dinas

Surat Pribadi

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi. Di Indonesia, menulis surat pribadi sebenarnya lebih sulit karena perlu memperhatikan hal-hal di luar aturan kebahasaan bahasa Indonesia. Jika bahasa dalam surat resmi lebih baku dan jelas polanya maka tidak demikian dengan surat pribadi. Dalam surat pribadi ini, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu tata etika atau sopan santun. Khususnya jika kamu menulis kepada orang yang lebih dewasa atau orang yang baru saja kamu kenal. Agar kamu mengetahui bagaimana surat pribadi, perhatikan surat pribadi di bawah ini.

1) Surat pribadi adalah bentuk komunikasi interaktif antara orang pertama (pengirim) dan orang kedua (penerima)
2) Surat pribadi berisi unsur tanggal surat, alamat surat, pembuka surat, pendahulua, isi, dan penutup surat, serta nama pengirim surat atau juga tanda tangan.
3) Isi surat pribadi berkaitan dengan masalah pribadi menanyakan kabar, keperluan pribadi, dan tujuan komunikasi pribadi yang lain

Contoh Surat Pribadi:

Tanjung, 09 September 2014
Untuk orangtuaku tercinta
di Yogyakarta

Assalammualaiku wr.wb
Apa kabar Pak, Bu? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat wal afiat. Di sini ananda dan keluarga baik dan sehat juga.
Ananda sangat rindu kepada Bapak dan Ibu di Bogor. Kapan Bapak dan Ibu pulang ke Warukin? Tolong kabarkan jika Bapak dan Ibu akan pulang ke Warukin. Ananda dan keluarga di sini akan menunggu kedatangan Bapak dan Ibu.
Sekian dulu surat dari ananda. Ananda tunggu balasan surat dari Bapak dan Ibu.
Wassalamualaikum wr.wb.
Salam Rindu,
Shinta Bachua


Surat Dinas
Surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas ini dapat ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi. Dalam menulis surat dinas, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan pada surat dinas ini lebih mudah dibanding surat pribadi. Surat resmi tidak memerlukan bahasa yang “berbunga-bunga”. Bahasa surat resmi singkat dan jelas, serta berpola tetap.

Surat dinas berisi tentang keperluan kedinasan yang bersifat resmi. Sebelum kamu mengetahui contoh surat dinas yang baik, terlebih dahulu kamu harus mengetahui struktur surat dinas. Pada dasarnya struktur surat dinas tidak jauh berbeda dengan surat pribadi.

Struktur surat dinas
• Kop surat
• Nomor surat
• Tanggal surat
• Lampiran
• Perihal
• Alamat surat
• Salam pembuka
• Isi surat
• Paragraf penutup
• Nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat
• Nama dan tanda tangan penulis surat

Surat dinas hanya boleh ditulis oleh sebuah instansi kepada instansi lain atau individu. Seseorang atas nama individu tidak diperbolehkan menulis surat dinas. Oleh sebab itulah, pada surat dinas ada kepala surat dan nomor surat. Isi surat dinas berkaitan dengan topik kedinasan. Misalnya, undangan rapat, permohonan maaf suatu instansi kepada orang/ instansi/ perusahaan, lamaran pekerjaan, surat permintaan izin tidak masuk, izin menggunakan tempat, dan sebagainya.

Contoh Surat Dinas:

PANITIA KEGIATAN PERKEMAHAMAN SABTU DAN MINGGU
(Persami)
PRAMUKA SMP MUTIARA HARAPAN 1
TUBAN
No : 08/K/UKS 23 November 2015
Lamp : 1 berkas
Yth. Wali Murid Sofia Nazila
Di Tuban

Hal: Permohonan izin
Dengan Hormat,
Dalam rangka upaya untuk lebih mengenal lingkungan pantai dan membantu pelestarian lingkungan, Pramuka SMP Mutiara Harapan 1 akan mengadakan perkemahaman Sabtu dan Minggu pada tanggal 5 s.d. 6 Desember 2015 di kawasan pantai Kelapa, Tuban. Oleh sebab itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu untuk mengizinkan putra putrinya mengikuti kegiatan Persami tersebut. Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan jadwal kegiatan.
Terima kasih atas perhatian dan izin Bapak dan Ibu.

Hormat kami,
Ketua Panitia
Ttd
Rozik Ahmad Zaini

Mengetahui,
Kepala Sekolah
Ttd
Imam Mustaqim, M.Pd

5W1H Tak Sampai 48 Jam, Pelaku Perampokan di Pulomas Berhasil Ditangkap

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:

Apa
Tak ada kejahatan yang sempurna. Begitu ujar Kombel Pol. Awi Setiyono. Tak sampai 48 jam sejak para korban dikeluarkan dari kamar mandi berukuran 2x1 meter (sebelumnya disebut 1,5x1,5 meter), tiga dari empat pelaku berhasil ditangkap polisi. Dua pelaku itu bernama Ramlan Butar Butar (51 tahun) dan Erwin Situmorang. Ramlan tewas karena melawan saat akan ditangkap. Sementara Erwin dan Alfin Sinaga masih hidup. Satu pelaku lainnya (Ius Pane) masih dikejar polisi.

Di mana dan Kapan
Berdasarkan informasi yang diterima TRIBUNNEWS, para pelaku diringkus di Gang Kalong, Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat,
Ramlan dan Erwin ditangkap di Kelurahan Rawalumbu, Kota Bekasi, pada Rabu (28/12/2016) sekitar pukul 15.00 WIB.
Sementara itu, Alfins Bernius Sinaga, satu pelaku lainnya, ditangkap di sebuah rumah di Kelurahan Harapan Baru, Bekasi Utara, Kota Bekasi, malam harinya.

Di samping tiga orang itu, ditangkap pula Roland alias Ucok, adik Ramlan Butar-Butar. Ucok ditangkap tim Polda Metro Jaya di Bekasi, Jawa Barat bersamaan dengan kakaknya dan seorang tersangka pelaku lainnya (Erwin) karena tempat tinggalnya menjadi tempat persembunyian kedua pelaku.
Siapa
Terduga pelaku pembunuhan sadis di Pulomas, Ramlan Butarbutar (RBB) yang diketahui pincang jalannya tersebut menjadi dedengkot di balik perampokan yang menewaskan enam orang. Dalam CCTV rumah korban terlihat pria tersebut membawa senjata api merampok keluarga Dodi Triono di Pulomas.
Ia menggiring 11 penghuni rumah tersebut ke dalam kamar mandi yang akhirnya menyebabkan enam dari 11 orang tersebut meninggal dunia.

Mengapa
Sampai saat ini, sementara motif pelaku adalah perampokan. Saat baru memasuki rumah, pelaku langsung menanyakan kepada PRT di mana posisi kamar utama.
Kapolda Irjen Pol M Iriawan, Rabu (28/12/2016), mengatakan motif dari pelaku adalah perampokan dengan pembunuhan. Polisi, sambungnya, menemukan barang bukti yang diambil pelaku, yakni satu tas ransel dan satu tas jinjing.
Sementara dari hasil otopsi, memastikan enam korban yang meninggal dikarenakan kehabisan oksigen.

Bagaimana
Pelaku penyekapan 11 orang di Pulomas Utara no 7A, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur kemarin, diduga terkecoh karena berniat mengambil kaset rekaman CCTV namun yang diambil justru power supply, atau alat untuk menghidupkan kamera pengintai.
Kapolsek Pulogadung, Kompol Andi B Rahman menegaskan pembunuh Dodi tidak sempat mengambil decoder closed circuit television (CCTV).
"Pelaku sempat mengambil power supply," kata Andi di lokasi kejadian, Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (28/12/2016).

Dari hasil rekaman CCTV itulah, polisi akhirnya berhasil mengungkap pelaku.
Nama Ramlan Butar-Butar bukanlah sosok asing di dunia kelam perampokan. Pria ini tercatat di berbagai media online merupakan kawanan perampok spesialis rumah elite. Oktober tahun 2010 ia ditangkap jajaran Polda Jawa Tengah.

Ramlan tercatat sebagai pimpinan (leader), Erwin dan Yus Pane membantu Ramlan, dan Alfins Sinaga beperan sebagai driver. Kawanan perampok ini beraksi menggunakan senjata tajam dan senjata api dan kawanan ini dibekuk di Bekasi. Sementara itu pada Agustus 2015 kawanan yang dipimpin oleh Ramlan Butar-Butar ini juga tertangkap pihak kepolisian. Seperti aksi-aksi sebelumnya Ramlan dan kawan-kawan selalu menyasar rumah warga asing dan rumah elite.
Saat melakukan aksinya di Pulomas, pelaku menggunakan mobil minibus warna putih dengan plat nomor palsu.

Barang Bukti yang diamankan dari Erwin yakni uang Rp 3,4 juta, 4 lembar uang Thailand, handphone Nokia warna hitam, handphone merk China, STNK Yamaha Jupiter MX No. Pol. B 6769 EIX a.n. Siti Maria, jaket kulit warna hitam, tas warna coklat dan topi warna abu-abu.
Sementara dari Ramlan yang berhasil diamankan adalah uang sejumlah Rp 6,3 juta, jam rolex warna silver, topi hitam, 2 handphone.

Sumber: Tribunnews.com

5W1H Perampokan/ Pembunuhan Sadis Satu Keluarga di Pulomas, Jakarta

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:

Apa
Aksi perampokan sadis terjadi di Pulomas, Jakarta Timur. Dalam aksinya, pelaku memasukkan 11 korban yang ada di rumah tersebut ke dalam kamar mandi berukuran 1,5 meter.

Di mana
Dalam kejadian di rumah mewah berlantai dua yang beralamat di Jalan Pulomas Utara Nomor 7A, Kayuputih, Pulogadung, Jakarta Timur ini, korban ditemukan di kamar mandi pembantu seluas 1,5 meter x 1,5 meter yang terkunci, berjumlah enam orang penghuni rumah sudah meninggal, sementara lima lainnya dalam keadaan kritis.
Untuk sementara, korban dibawa ke Rumah Sakit (RS) Kartika Pulomas, Jakarta Timur. RS itu hanya berjarak sekitar 200 meter dari tempat kejadian perkara (TKP).

Kapan
Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan menyebut korban pembunuhan sadis di Pulomas, Jakarta Timur, sudah disekap di kamar mandi sejak Senin (26/12/2016) sore.
Kemudian, 11 korban tersebut baru bisa dikeluarkan pada Selasa (27/12/2016) pagi.
"Para korban disekap di dalam kamar mandi berukuran kecil dari kemarin sore sampai pagi tadi," ujar Iriawan di lokasi.

Siapa
Mereka yang meninggal ialah Dodi Triono (59), Diona Arika (16), Dianita Gemma (9), dan Amelia Calista Putri (9) yang merupakan teman anak korban, serta Yanto (Sugiyanto) dan Tasrok (40) yang merupakan sopir keluarga.
Adapun korban selamat yang saat ini di rawat di RS Kartika Pulomas bernama Zanette Kalila (13) ditemukan masih hidup bersama Emi (41), Santi (22), dan Fitriani serta Windy (23) yang merupakan pembantu rumah tangga. Emi dan Santi merupakan ibu dan anak yang baru dua minggu bekerja.

Dodi Triono (59) dikenal kerabat dan tetangga sebagai pengusaha properti di Jakarta setelah mengawali karir sebagai arsitektur. Meski menjadi pengusaha, rupanya Dodi Triono juga merupakan Ketua RT 12 RW 16, di komplek Pulomas Residence, tempat rumah keduanya berada. Jarak rumah yang menjadi lokasi kejadian dan rumah kedua Dodi Triono hanya sekitar 100 meter.
"Rumah yang ini sudah dibeli dan ditinggali sejak 5 tahun lalu. Dan baru dua tahunan ini bapak dan anak-anak pindah ke rumah yang jadi lokasi kejadian itu," ujar Edi Saputri (50), karyawan Dodi Triono, saat ditemui Tribunnews.com di rumah kedua Dodi Triono, komplek Pulomas Residence.

Pantauan Tribunnews.com, rumah Dodi Triono di komplek Pulomas Residence terlihat megah dengan balkon di lantai dua. Sebuah kolam kecil terdapat di bagian belakang rumah. Edi menceritakan, majikan dan anak-anaknya pindah ke rumah di Jalan Pulomas Utara no 7A karena rumah di komplek Pulomas Residence tengah dilakukan renovasi.
Namun, terkadang Dodi Triono kerap bolak-balik untuk sekadar memantau perkembangan renovasi rumahnya hingga pernah menginap.
"Rumah yang jadi lokasi kejadian juga ada kolamnya di bagian bawah tak jauh dari ruang tengah. Di rumah itu kolamnya lebih besar dibandingkan kolam renang di dalam rumah ini," jelasnya.

Edi mengenal Dodi Triono sebagai seorang pengusaha properti yang juga mempunyai hobi mengoleksi mobil sport Completly Built Up (CBU). Dodi Triono sempat mempunyai Ferrari, Lamborghini, BMW seri sport dan Toyota Vellfire.
"Sekarang mobil-mobil sport-nya sudah dijual. Sekarang mobilnya tinggal empat, Vellfire, BMW sport, Honda Brio seri sport. Bapak biasanya pakai Honda Jazz yang abu-abu, yang ada di depan rumah tempat kejadian," paparnya.

Secara terpisah, Ketua RW 16, Gani, juga mengakui hal yang sama, bahwa korban merupakan pengusaha properti dan menjadi Ketua RT. Buat Gani, Dodi Triono merupakan salah satu orang kaya di wilayahnya.
"Pak Dodi ini Ketua RT paling kaya se-Jakarta Timur. Beliau punya Lamborghini dan beberapa mobil lainnya," ujar Gani di depan lokasi kejadian.

Mengapa
Polisi masih menyelidiki motif dan siapa pelaku yang telah berbuat sadis ini. Pelaku yang diduga berjumlah empat orang masuk rumah sekitar jam 3 sore, Senin (26/12/2016). Secara kasat mata, motif pembunuhan belum bisa dipastikan karena tidak ada barang yang hilang.
Baca: 5W1H Tak Sampai 48 Jam, Pelaku Perampokan di Pulomas Berhasil Ditangkap

John Siregar, pengacara korban penyekapan hingga tewas di Jalan Pulomas Utara--Dodi Triyono-- menduga pelaku tindakan keji itu bukan orang dekat (keluarga). Bahkan, dia yakin pelaku pembunuhan bukan dua mantan istri Dodi yang telah diceraikan. Pasalnya, John tahu benar Dodi telah menunaikan kewajiban gono-gininya kepada dua mantan istrinya.
"Saya yang mengurus cerainya, gono-gininya sudah dibayar semua. Sampai belasan miliar dibayarkan," kata John Siregar di lokasi, Selasa (27/12/2016) malam.

Meski sudah tidak hidup satu rumah lagi, jelas John, para mantan istri Dodi masih dinafkahi setiap bulannya. Perlakuan baik juga muncul dari mantan mertuanya.
"Sama mertuanya saja baik banget, sudah pisah juga. Mana ada si orang sudah cerai sama mertua masih bisa baik," katanya.

Meski demikian, pengacara Dodi yakin pasti ada motif lain dalam pembunuhan ini. Sebab, semasa hidupnya, kliennya itu dikenal baik di lingkungan pergaulannya. Terlebih lagi, tidak ditemukan bahwa ada barang-barang berharga milik korban yang hilang. Dengan begitu, ia berkesimpulan bahwa kasus ini bukan perampokan.
"Pasti ada sesuatu yang tak beres ini. Enggak mungkin orang seperti Pak Dodi begitu mudahnya dihabisin. Okelah kalau Pak Dodi ya kan, tetapi kalau anak-anaknya kan kasihan. Ada teman anaknya itu, kasihan itu," ujar Jhon.
"Seluruh Indonesia juga tahu kalau maling itu ada barang kita yang hilang. Ini kan barang tak ada yang hilang."

Sementara itu, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Erlinda usai menjenguk Zanette menyinggung soal adanya dendam yang melatarbelakangi kejadian tersebut. Namun, Erlinda enggan menjelaskan lebih jauh mengenai informasi yang diperolehnya itu.

Bagaimana
Pembunuhan yang diduga dilakukan kawanan perampok, Selasa (28/12/2016) dini hari dinilai tindakan keji.
Banyak yang tak habis pikir dengan kekejaman yang dilakukan oleh pelaku. Komplotan sengaja menumpuk 11 orang di dalam sebuah kamar mandi berukuran 2 x 1 meter.
Lutfi (34) yang turut mengevakuasi korban menuturkan betapa menyeramkannya pemandangan yang ia saksikan saat pintu kamar mandi berhasil dibuka.
"Orang-orang ditumpuk sudah kayak barang saja. Sebagian tergencet dan meninggal. Darah bercucuran di lantai kamar mandi," jelasnya ditemui di lokasi.

Paman salah satu korban selamat, Tengku Kevin (26), bercerita terkait kronologi peristiwa tersebut usai menjenguk Zanette di Rumah Sakit (RS) Pulomas. Ia mengatakan, kondisi rumah saat itu sedang ramai.
"Kondisi Zanette masih syok, walaupun dia (Anet) Tunawicara, tapi kami mengerti akan cerita yang disampaikan olehnya," papar Tengku.

Seorang warga di kompleks Pulomas Residence yang enggan disebutkan namanya bercerita sempat berbicara dengan korban selamat kasus ini di RS Kartika Pulomas. Korban tersebut menyampaikan ada lebih 3 orang pelaku yang datang ke rumah kedua Dodi Triono pada Senin sore. Mereka membawa senjata api dan golok. Dodi pulang ke rumah keduanya itu justru setelah para pelaku sudah berada di dalam rumahnya.
"Tadi korban yang selamat cerita, jadi waktu Pak Dodi pulang ke rumah, Pak Dodi sempat mau kabur karena waktu datang sudah ada para pelaku, tapi pas mobilnya mau keluar pagar rumah langsung dicegat sama pelaku pakai senjata api," ujarnya.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Erlinda menceritakan bagaimana korban yang masih hidup bisa bertahan hidup meski disekap semalaman itu. Cerita itu disampaikan Zanette Kalila (13), salah satu korban selamat, kepada Erlinda saat dijenguk pada Selasa (27/12/2016) malam.
"Kejadiannya kan Senin (26/12/2016) sore, baru ditemukan Selasa pagi. Bayangkan mereka ditumpuk di ruangan kecil begitu sudah kayak (ikan sarden). Tapi, ananda Anet (panggilan Zanette) ini selalu berpesan, harus kena air, biar bisa selamat," kata Erlinda kepada pewarta.

Erlinda mengungkapkan, beberapa kali Zanette berusaha menguatkan anggota keluarganya yang disekap dan ditumpuk di dalam kamar mandi saat mereka semua masih hidup. Namun, karena ruangan yang sempit dan sesaknya udara di sana, beberapa di antaranya tidak dapat selamat. Bahkan, kakak kandung Zanette, Diona Arika (16), sempat memberi tanda bahwa dia tidak kuat bertahan lagi.
"Sang kakak saking dia tidak bisa bernafas, hanya bisa teriak dan menggigit tangan adiknya, seolah-olah untuk mengucapkan kalau Anet harus kuat karena dia yang bisa selamat," tutur Erlinda. "Anet (panggilan Zanette) yang selamat ini diperlakukan tidak manusiawi. Dia diceburkan di dalam bak mandi, ditodongkan dengan senjata api. Traumanya sangat luar biasa."

Rosy Herawati, ibu dari Amelia Callista (10), salah satu korban pembunuhan di rumah milik Dodi Triono (59), Jalan Pulomas Utara Nomor 7A, Jakarta Timur, terakhir berkomunikasi melalui ponsel dengan Amel pada Senin (26/12/2016) siang. Saat itu, Amel mengirim pesan singkat bahwa Dianita Gemma (9), anak Dodi yang juga menjadi korban, menangis.
"Saya tanya, 'Kenapa Gemma menangis, Kak?' ke anak saya. 'Kakak lagi di mana, kakak sedang apa sekarang'," ujar Rosy di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (27/12/2016) petang.

Balasan pesan singkat Rosy itu menjadi komunikasi terakhirnya dengan Amel. Setelah itu, Amel tidak bisa dihubungi.
"Itu langsung tiba-tiba, lho. Pas habis bilang Gemma menangis, saya balas. Itu pukul 14.00, Senin siang, sudah terputus," kata dia.

Setelah terakhir berkomunikasi pada Senin siang, Rosy sudah tidak bisa menghubungi Amel. Dia juga tidak bisa menghubungi Dodi ataupun yang lainnya pada Selasa pagi tadi.
"Saya telepon Gemma (ponsel) mati, saya telepon anak saya, Amelia, (ponsel) pun mati. Sampai di kantor, sopir-sopir saya telepon, enggak angkat," ucap dia.

Rosy juga sempat berkomunikasi dengan putri sulungnya itu pada Minggu (25/12/2016) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Amel menanyakan hal yang sedang dilakukan ibu dan adiknya.
"Dia kalau nginep di rumah Gemma selalu komunikasi. Malam kasih info, 'Aku lagi nonton, aku lagi ini dengan Gemma'," kenang Rosy.

Diketahuinya peristiwa pembunuhan sadis ini bermula dari kecurigaan Sheila Putri. Sheila merupakan teman dari Diona Arika (16). Sheila sudah mencoba menghubungi Diona sejak Senin sore. Namun, tidak ada respons dari Diona. Padahal, keduanya berjanji akan jalan-jalan bersama. Keesokan harinya, Sheila memutuskan untuk ke rumah Diona.
"Tadi pagi (Sheila) ke sini ternyata enggak ada jawaban dan pintu tidak terkunci. Sampai dia masuk ke dalam, ada rintihan di kamar mandi. Karena cewek, dia takut, berlari, langsung ke mencari bantuan ke sekuriti," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

Setelah mengadu ke sekuriti, akhirnya diputuskan untuk melapor ke polisi yang berada di Pos Kayu Putih.
Kemudian, polisi menemani Sheila untuk mengecek keadaan di rumah Diona.
"(Ternyata) korban ada di dalam kamar mandi yang hanya ada full set ukuran satu setengah meter diisi 11 orang. Setelah dibuka oleh anggota pos kayu putih, ada 11 orang. Enam orang dibawa ke rumah sakit dan lima orang yang meninggal di TKP," kata Argo.

Argo menceritakan bagaimana di balik pintu kayu jati kamar mandi berukuran 1,5 x 1,5 meter persegi di dekat ruang makan rumah mewah itu.
"Di dalam kamar mandi itu, yang ada hanya kloset satu. Tidak ada ventilasi."

Neli, tetangga korban Dodi Triyono yang disekap dalam kamar mandi berukuran 1,5 meter x 1,5 meter, tidak mengetahui kegaduhan di rumah Dodi. Padahal, rumah Neli berada di sisi sebelah kanan rumah Dodi.
"Saya mau ambil kunci di mobil tadi pagi ada satpam ramai. Saya tanya, kenapa?" tanya Neli saat hendak keluar dari rumah.

Dodi dan keluarga menempati rumah nomor 7A. Rumah tersebut berwarna putih dengan dua lantai. Neli akhirnya baru mengetahui bila sang tetangga menjadi korban penyanderaan. Ia lalu bersama sejumlah orang masuk ke kediaman Dodi yang tidak terkunci. Pagar rumah Dodi tidak terlihat rusak. Gembok pagar pun masih terpasang.
Neli lalu menuju kamar mandi pembantu yang disebut-sebut terdengar suara rintihan manusia. Sejumlah warga mencoba mendobrak pintu kamar mandi pembantu tersebut.
"Kamar mandinya di bawah tangga, memang sempit sekali. Biasanya itu dipakai pembantu," ujarnya.

Upaya membongkar kamar mandi tidak mudah. Sedikitnya satu jam dilakukan upaya pembongkaran pintu kamar mandi.
"Sempat dicoba buka dengan linggis, tapi tidak bisa. Mungkin akhirnya digergaji, saya tidak lihat sampai selesai dibuka, saya ngeri," kata Neli yang akhirnya memilih mundur lantaran takut.

Sukino, Komandan Satpam di kawasan perumahan Pulomas menyebut, sejak Senin (26/12/2016), kediaman Dodi terlihat lengang.
"Kelihatan kosong saja dari kemarin," kata Sukino.
Sukino yang ikut membongkar pintu kamar mandi tempat penyekapan, sempat memantau kamera pengintai (CCTV) di rumah itu. Di bagian depan rumah saja, ada empat kamera yang terpasang.
"Ada empat, di luar ada dua, di dalam ada dua," katanya.

Ketika proses penyelamatan usai, laki-laki yang sudah bekerja sebagai satpam sejak 1988 sempat mencari alat perekamnya. Namun, ternyata sudah raib.
"Diangkat (diambil) perekamnya," katanya.
Dia menduga, hanya perekam itu satu-satunya barang yang tidak ada lagi di rumah tersebut. Pasalnya, tiga mobil milik Dodi masih terparkir, kuncinya pun masih ada.

Sumber: Tribunnews.com

Program Tahunan Kelas VII (Kurikulum 2013)

(Sesuai dengan Permen No.24 Tahun 2016)

SEMESTER GANJIL (112 Jampel)

Teks Deskripsi (28 Jampel)
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.1 Menjelaskan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis

Teks Narasi (28 Jampel)
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan

Teks Prosedur (28 Jampel)
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis

Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) (28 Jampel)
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan

SEMESTER GENAP (104 Jampel)

Literasi Buku Fiksi dan Nonfiksi (26 Jampel)
3.9 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.9 Membuat peta pikiran/sinopsis tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca
3.10 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.10 Menyajikan tanggapan secaralisan, tulis, dan visual terhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca

Surat Pribadi dan Surat Dinas (26 Jampel)
3.11 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
4.11 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
3.12 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
4.12 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi

Puisi Rakyat (Pantun, Syair, dan Bentuk Puisi Rakyat Setempat) (26 Jampel)
3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
4.13 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
4.14 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa.

Fabel/Legenda Daerah Setempat (26 Jampel)
3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
4.15 Menceritakan kembali isi cerita fabel/legenda daerah setempat yang dibaca/didengar
3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Klik tautan di bawah ini:
UNDUH FILE

Puisi "Sebuah Jaket Berlumur Darah" Karya Taufik Ismail

Sebuah Jaket Berlumur Darah
Karya: Taufik Ismail

Sebuah jaket berlumur darah
Kami semua telah menatapmu
Telah pergi duka yang agung
Dalam kepedihan bertahun-tahun.

Sebuah sungai membatasi kita
Di bawah terik matahari Jakarta
Antara kebebasan dan penindasan
Berlapis senjata dan sangkur baja
Akan mundurkah kita sekarang

Seraya mengucapkan ’Selamat tinggal perjuangan’
Berikara setia kepada tirani
Dan mengenakan baju kebesaran sang pelayan?.

Spanduk kumal itu, ya spanduk itu
Kami semua telah menatapmu
Dan di atas bangunan-bangunan
Menunduk bendera setengah tiang.

Pesan itu telah sampai kemana-mana
Melalui kendaraan yang melintas
Abang-abang beca, kuli-kuli pelabuhan
Teriakan-teriakan di atas bis kota, pawai-pawai perkasa
Prosesi jenazah ke pemakaman

Mereka berkata
Semuanya berkata
Lanjutkan Perjuangan.

Perubahan Istilah dalam Standar Penilaian Terkait Permen No.23 Tahun 2016

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Perubahan Istilah dalam Standar Penilaian Terkait Permen No.23 Tahun 2016-- Implementasi Kurikulum 2013 terus dilakukan perbaikan-perbaikan, termasuk dasar hukumnya, pemendikbud. Tak terhitung sudah permen yang dikeluarkan hingga muncul guyonan sesama pendidik yang katanya sakit gigi gara-gara kebanyakan permen. Terkait penilaian ini, Permen No. 53 tahun 2015 dinyatakan tidak berlaku setelah diganti dengan permen No. 23 tahun 2016. Hal ini juga berimbas munculnya istilah-istilah baru (termasuk singkatannya) yang mengiringinya.

1. Istilah "KKM" berubah menjadi "KBM" (Ketuntasan Belajar Minimal)
2. Istilah "UH" berubah menjai "PH" (Penilaian Harian).
3. Istilah "UTS" berubah menjadi "PTS" (Penilaian Tengah Semester)
4. Istilah "UAS" berubah menjadi "PAS" (Penilaian Akhir Semester)
5. Istilah "UKK" menjadi "PAT" (Penilaian Akhir Tahun)
Materi soal "PAT" meliputi "25% semester ganjil" dan "75% semester genap".

Baca: Mekanisme Penilaian, Kriteria, dan Penentuan Kenaikan Kelas dalam Kurikulum 2013 Revisi
Terkait istilah ini, dalam hal pembuatan SK Kepanitian Pelaksanaan PAS yang masih menggunakan kata UAS untuk diubah sesuai dengan aturan terbaru karena ada hubungannya dengan instrumen penilaian:
1. Pelaksanaan perpanjangan IJIN OPERASIONAL
2.Pelaksanaan AKREDITASI SEKOLAH

Berikut Permen-permen baru tersebut:
1. Permendikbud No.20 Th 2016 tentang STANDAR KOPETENSI LULUSAN
2. Permendikbud No.21 Th 2016 tentang STANDAR ISI PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH
3. Permendikbud No.22 Th 2016 tentang STANDAR PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH
4. Permendikbud No.23 Th 2016 tentang STANDAR PENILAIAN
5. Permendikbud No.24 Th 2016 tentang KOPETENSI INTI dan KOPETENSI DASAR

Dengan keluarnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.20.21.22.23.24 tahun 2016, Permen-permen berikut TIDAK BERLAKU:
1. Permendikbud No.54 Th.2013
2. Permendikbud No.65 Th.2013
3. Permendikbud No.54 Th.2013
4. Permendikbud No.66 Th.2013
5. Permendikbud No.104 tahun 2014

Puisi "Pahlawan Tak Dikenal" Karya Toto Sudarto Bachtiar

Pahlawan Tak Dikenal
Karya: Toto Sudarto Bachtiar

Sepuluh tahun yang lalu dia terbaring
Tetapi bukan tidur, sayang
Sebuah lubang peluru bundar di dadanya
Senyum bekunya mau berkata, kita sedang perang

Dia tidak ingat bilamana dia datang
Kedua lengannya memeluk senapang
Dia tidak tahu untuk siapa dia datang
Kemudian dia terbaring, tapi bukan tidur sayang

wajah sunyi setengah tengadah
Menangkap sepi padang senja
Dunia tambah beku di tengah derap dan suara merdu
Dia masih sangat muda

Hari itu 10 November, hujan pun mulai turun
Orang-orang ingin kembali memandangnya
Sambil merangkai karangan bunga
Tapi yang nampak, wajah-wajahnya sendiri yang tak dikenalnya

Sepuluh tahun yang lalu dia terbaring
Tetapi bukan tidur, sayang
Sebuah peluru bundar di dadanya
Senyum bekunya mau berkata : aku sangat muda.

Sumber: Waluyo, J. Herman. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Gambar: Google

Puisi "Diponegoro" Karya Chairil Anwar

DIPONEGORO
Karya: Chairil Anwar

Di masa pembangunan ini
Tuan hidup kembali

Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.

MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.

Sekali berarti
Sudah itu mati.

MAJU

Bagimu negeri
Menyediakan api.

Punah di atas menghamba
Binasa di atas ditinda

Sungguhpun dalam ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai

Maju.
Serbu.
Serang.
Terjang.

Sumber: Buku Kumpulan Puisi Aku Ini Binatang Jalang
Gambar: Wikiwand.com

Puisi "Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini" Karya Taufiq Ismail

Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini
Karya: Taufiq Ismail, 1966

Tidak ada pilihan lain
Kita harus
Berjalan terus
Karena berhenti atau mundur
Berarti hancur
Apakah akan kita jual keyakinan kita
Dalam pengabdian tanpa harga
Akan maukah kita duduk satu meja
Dengan para pembunuh tahun yang lalu
Dalam setiap kalimat yang berakhiran
“Duli Tuanku ?”

Tidak ada lagi pilihan lain
Kita harus
Berjalan terus
Kita adalah manusia bermata sayu, yang di tepi jalan
Mengacungkan tangan untuk oplet dan bus yang penuh
Kita adalah berpuluh juta yang bertahun hidup sengsara
Dipukul banjir, gunung api, kutuk dan hama
Dan bertanya-tanya inikah yang namanya merdeka
Kita yang tidak punya kepentingan dengan seribu slogan
Dan seribu pengeras suara yang hampa suara
Tidak ada lagi pilihan lain
Kita harus
Berjalan terus.

Sumber: Tirani dan Benteng, Jakarta: Yayasan Ananda, 1993

"Sajak Burung-Burung Kondor" Karya W.S.Rendra

Sajak Burung-Burung Kondor
Karya: WS Rendra

Angin gunung turun merembes ke hutan,
lalu bertiup di atas permukaan kali yang luas,
dan akhirnya berumah di daun-daun tembakau.
Kemudian hatinya pilu
melihat jejak-jejak sedih para petani – buruh
yang terpacak di atas tanah gembur
namun tidak memberi kemakmuran bagi penduduknya.

Para tani – buruh bekerja,
berumah di gubug-gubug tanpa jendela,
menanam bibit di tanah yang subur,
memanen hasil yang berlimpah dan makmur
namun hidup mereka sendiri sengsara.

Mereka memanen untuk tuan tanah
yang mempunyai istana indah.
Keringat mereka menjadi emas
yang diambil oleh cukong-cukong pabrik cerutu di Eropa.
Dan bila mereka menuntut perataan pendapatan,
para ahli ekonomi membetulkan letak dasi,
dan menjawab dengan mengirim kondom.

Penderitaan mengalir
dari parit-parit wajah rakyatku.
Dari pagi sampai sore,
rakyat negeriku bergerak dengan lunglai,
menggapai-gapai,
menoleh ke kiri, menoleh ke kanan,
di dalam usaha tak menentu.
Di hari senja mereka menjadi onggokan sampah,
dan di malam hari mereka terpelanting ke lantai,
dan sukmanya berubah menjadi burung kondor.

Beribu-ribu burung kondor,
berjuta-juta burung kondor,
bergerak menuju ke gunung tinggi,
dan disana mendapat hiburan dari sepi.
Karena hanya sepi
mampu menghisap dendam dan sakit hati.

Burung-burung kondor menjerit.
Di dalam marah menjerit,
bergema di tempat-tempat yang sepi.

Burung-burung kondor menjerit
di batu-batu gunung menjerit
bergema di tempat-tempat yang sepi

Berjuta-juta burung kondor mencakar batu-batu,
mematuki batu-batu, mematuki udara,
dan di kota orang-orang bersiap menembaknya.

WS Rendra, 1973

Puisi "Surat dari Ibu" Karya Asrul Sani

SURAT DARI IBU
Karya: Asrul Sani

Pergi ke dunia luas, anakku sayang
pergi ke hidup bebas !
Selama angin masih angin buritan
dan matahari pagi menyinar daun-daunan
dalam rimba dan padang hijau.

Pergi ke laut lepas, anakku sayang
pergi ke alam bebas !
Selama hari belum petang,
dan warna senja belum kemerah-merahan
menutup pintu waktu lampau.

Jika bayang telah pudar
dan elang laut pulang kesarang
angin bertiup ke benua

Tiang-tiang akan kering sendiri
dan nakhoda sudah tahu pedoman
boleh engkau datang padaku !

Kembali pulang, anakku sayang
kembali ke balik malam !
Jika kapalmu telah rapat ke tepi
Kita akan bercerita
“Tentang cinta dan hidupmu pagi hari.”

Sumber: Horison Sastra Indonesia: Kitab Puisi, 2002

Menyimpulkan Paragraf Teks Laporan Hasil Observasi

Industri kimia dan pettrokimia, industri pulpen dan kertas,serta industri baja menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar utama untuk menggerakkan mesin-mesin pabrik.Demikian juga halnya alat transportasi laut,darat, dan udara,juga menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar utamanya.
Simpulan umum paragraf di atas adalah...
a. Minyak bumi merupakan bahan bakar utama untuk berbagai macam industri dan alat transportasi.
b. Minyak bumi dan batubara merupakan sumber energi yang penting
c. Alat transportasi menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar utama
d. Minyak bumi sebagai bahan bakar berbagai industri

Contoh Teks Biografi tentang Stefano Lilipaly

Teks biografi adalah teks yang berisi kisah hidup seseorang yang patut diteladani. Teks biografi memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Peristiwa/ Masalah, dan Reorientasi; 2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual) dalam bentuk narasi; 3. Faktualnya berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang patut diteladani.
Tokoh yang biasa ditulis bisa negarawan, politikus, pahlawan, olahragawan, ataupun artis. Jika artis, maka harus artis yang memiliki keistimewaan dan patut diteladani serta dapat memberi inspirasi bagi kita.

Stefano Lilipaly, Vini Vidi Vici

Stefano Lilipaly (lahir di Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990; umur 26 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia. Ayahnya Ron Lilipaly merupakan orang Indonesia, sementara ibunya Adriana adalah warga negara Belanda. Saat ini dia bermain untuk SC Telstar, Belanda. Dia pernah mewakili Belanda U-15 hingga U-18, namun sekarang membela timnas senior Indonesia. Ia resmi menjadi pemain naturalisasi Indonesia dari Belanda pada 2011.

Foto saat pengucapan sumpah sebagai WNI bersama Tonnie Cusell Lilipaly, Greg Nkwolo, Johnny Van Beukering, dan Victor Igbonefo.

Ia mulai menekuni sepak bola sejak umur 7 tahun di klub amatir DCG. Sempat menimba ilmu di tim junior AZ Alkmaar sebelum akhirnya bergabung dengan tim junior FC Utrecht.
Pada 2012 dia pindah ke Almere City dan memutuskan untuk mencari peruntungan di klub kasta kedua liga Jepang Consodale Sapporo pada 2014. Semusim di Jepang, Fano akhirnya hijrah ke Persija pada 2015.

Kiprah Fano di timnas penuh liku. Stefano nyaris tampil dalam laga kedua Indonesia di Pra Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi pada 23 Maret 2013. Pemain yang saat itu masih membela FC Utrecht itu gagal memperkuat timnas karena resume dari federasi sepak bola Belanda, KNVB terkait dengan rekam jejak Stefano di timnas Oranye, belum diterima oleh PSSI. Padahal resume tersebut dibutuhkan oleh PSSI untuk memberikan keterangan kepada AFC dan FIFA terhadap status pemain tersebut yang belum pernah mencetak satu penampilan pun di timnas senior Belanda.
Sesuai dengan aturan FIFA bahwa seorang pemain naturalisasi bisa memperkuat timnas negaranya yang baru dengan syarat sang pemain belum mencetak satu penampilan pun di timnas senior.

Stefano juga melakukan pengorbanan besar demi mewujudkan mimpi bermain bersama timnas Indonesia. Pemain yang saat itu berstatus gelandang asal klub Divisi Dua Belanda, Almere City itu sampai mengusulkan setengah gajinya ditahan agar diperbolehkan terbang ke Jakarta, dan ikut pemusatan latihan timnas Indonesia jelang laga Pra-Piala Asia 2013 melawan Arab Saudi, Sabtu (23/3).
"Aku mengatakan kepada klub bahwa siap setengah gajiku ditahan agar bisa memperkuat timnas," ujarnya.

Stefano Lilipaly akhirnya mengawali debut resminya di Tim Merah-Putih saat beruji coba melawan Filipina di Stadion Manahan, Solo, Agustus 2013. Ia menyumbang satu assist ke Greg Nwokolo dalam pertandingan yang dimenangi 2-0 oleh Indonesia itu. Pelatih Timnas Indonesia saat itu, Jacksen F. Tiago, melayangkan pujian kepadanya. "Stefano membuktikan kelasnya sebagai pemain matang jam terbang di kompetisi Eropa. Ia sama sekali tidak kesulitan beradaptasi dengan pemain-pemain lainnya walau baru berkumpul dengan tim," kata Jacksen.

Setelah itu, Stefano tak lagi pernah punya kesempatan bermain dalam laga resmi bersama Timnas Indonesia. Bahkan untuk memenuhi panggilan bergabung ke pelatnas pun sulit.
"Pelatih dan manajemen di klub melarang saya untuk bergabung dengan timnas jika jadwal pertandingan bukan termasuk kalender resmi FIFA. Sedangkan Piala AFF tidak termasuk turnamen resmi dalam kalender FIFA. Alasan itu yang membuat klub tidak memberi izin pada saya untuk pergi mengikuti pelatnas Timnas Indonesia di masa lalu," katanya.

Stefano bukannya tak melakukan usaha supaya mendapat lampu hijau dari pelatih dan klub. Ia mengungkapkan, relasinya dengan sang pelatih rusak lantaran hal ini.
"Saya bertengkar hebat dengan pelatih karena ngotot ingin pergi ketika mendapat panggilan dari Timnas Indonesia. Jika saya tetap pergi, klub mengancam tak mau menerima saya lagi. Sejak saat itu, hubungan saya dengan pelatih rusak. Kami tak pernah lagi bicara atau sekadar bertegur sapa," kata pemain kelahiran 10 Januari 1990 tersebut.

Agar kesempatannya membela Indonesia terbuka, Stefano sempat menerima tawaran Persija Jakarta pada tahun 2014. Sayang ia tidak lama berada di Tim Macan Kemayoran, pasalnya kompetisi ISL 2015 dihentikan oleh PSSI karena tersandung legalitas klub Persebaya dan Arema Cronus. Kala itu, PT Liga Indonesia sebagai operator kompetisi Indonesia Super League (ISL) tetap ngotot untuk memainkan Persebaya dan Arema yang menurut BOPI, tidak lolos verifikasi karena tidak memenuhi aspek legalitas resmi.

Keputusannya terbukti benar karena pada akhirnya kompetisi Indonesia Super League 2015 terhenti, karena konflik antara PSSI dengan Kemenpora. Persija lalu terjebak krisis keuangan akut. Stefano memutuskan pulang ke Belanda karena merasa kecewa dengan manajemen Persija yang tak menepati janji membayar gaji dan uang muka kontrak tepat waktu.

Di Belanda, Stefano diikat kontrak oleh SC Telstar. Ia memulai petualangan baru di negara tempat kelahirannya, setelah sebelumnya sempat mengadu peruntungan di Jepang pada 2014 bersama Consadole Sapporo, klub yang kini dibela Irfan Bachdim.

Kesulitan Stefano untuk bergabung di Timnas Indonesia berubah saat ia bergabung dengan Telstar yang merupakan klub Divisi Dua Liga Belanda. Ia diizinkan bergabung ke pelatnas Timnas Indonesia yang berlatih di Karawaci, Banten. Ia pun dipercaya tampil sebagai starter saat Timnas Indonesia dijamu Vietnam (8/11/2016).
"Saya berbicara baik-baik ke pelatih dan minta izin untuk pergi memenuhi panggilan pelatnas. Beda dengan pelatih di klub-klub sebelumnya, pelatih sekarang bisa mengerti dan memberi izin. Saya diberi keleluasaan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia di Piala AFF," jelas Stefano.

Hal ini jelas membuat Stefano gembira. Penantian panjang selama hampir lima tahun pun usai dan kesempatan bermain bersama Timnas Indonesia di turnamen Piala AFF 2016 kini terwujudkan. Stefano akhirnya bisa bergabung di pelatnas Timnas Piala AFF 2016 yang dilatih Alfred Riedl. Ia sempat melakoni satu laga uji coba terakhir timnas Indonesia jelang Piala AFF melawan Vietnam walau harus takluk 2-3.
"Lima tahun menunggu dan akhirnya saya ada di sini, bersama timnas. Tentu saja saya senang. Saya tahu lawan yang kami hadapi tidak mudah. Saya juga harus cepat melakukan adaptasi dengan pemain lain yang sudah lebih dulu berada di pelatnas. Tapi secara keseluruhan, prosesnya berjalan baik. Rekan-rekan di tim ini menerima saya dengan sikap yang baik dan hal itu membantu saya," ujar Stefano seperti dikutip Bola.com.

Piala AFF 2016 jadi turnamen internasional pertama Stefano Lilipaly bersama tim nasional Indonesia. Pelatih Alfred Riedl sudah melempar pujian awal soal fungsi Stefano Lilipaly di Timnas Indonesia. Menurut pelatih asal Austria itu, Stefano bisa mengangkat kualitas permainan Tim Merah-Putih.

Alfred tak basa-basi kalau dirinya sejak awal menginginkan Stefano menjadi bagian dari tim asuhannya, karena tahu kiprah sang pemain terhitung bagus di Telstar. Terbukti, bersama Boaz dan Andik, ia menjadi inspirator tim dan hal tersebut juga mengangkat permainan Timnas Indonesia guna membawa kesuksesan di Piala AFF 2016.

Struktur:
- Orientasi: "Stefano Lilipaly (lahir di..."
- Peristiwa dan Masalah: "Kiprah Fano di timnas penuh liku..."
- Reorientasi: "Piala AFF 2016 jadi..."

Sumber: wikipedia.org, tribunnews.com, bola.com

Tags: #contoh teks biografi #contoh teks biografi olahragawan #contoh teks biografi pahlawan sepakbola #contoh teks biografi diri sendiri #contoh teks biografi singkat #contoh teks biografi atlet sepakbola #contoh teks biografi tokoh #contoh teks biografi pemain timnas

Menentukan Kata yang Tepat Berdasarkan Definisi yang Disajikan

Dalam dunia jurnalistik,orang yang melakukan wawancara disebut...
a. Reporter.
b. sastrawan
c. Wartawan
d. orator

Menentukan Kalimat Utama Teks Laporan Hasil Observasi

1. Perhatikan paragraf di bawah ini!
Kucing merupakan binatang peliharaan yang paling populer.(1) Kucing merupakan hewan mamalia.(2) Berdasarkan makannya kucing termasuk binatang karnivora karena pemakan daging.(3) Ciri karnivora terlihat dari struktur gigi kucing yang tajam dan bertaring.(4) Kucing feliscatus merupakan kucing piaraan atau rumahan yang sering kita lihat berkeliaran.Kucing disebut juga kucing domestik atau kucing rumah.(5)
Kalimat utama pada paragraf di atas adalah...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

2. (1) Dalam kehidupan sehari-hari manusia bergantung pada sarana komunikasi . (2) Kegiatan apa pun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi. (3) Sarana komunikasi yang digunakan manusia ada yang sederhana dan modern. (4) Kebudayaan manusia tidak akan bisa maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan kalimat nomor ....
a. (2)
b. (1)
c. (4)
d. (3)

Fakta Menarik Timnas Indonesia di Piala AFF Suzuki 2016

Fakta adalah sesuatu yang bersifat benar dan nyata (terjadi), tak terbantahkan lagi, sedangkan opini merupakan ungkapan yang belum tentu benar, bersifat subyektif (menurut pendapat seseorang).

Yuk, kita simak saja fakta-fakta Timnas Indonesia di Piala AFF Suzuki Cup 2016 tersebut:

1. Indonesia menjejak final selain menang agregat 4-3 atas Vietnam di semifinal juga karena "dibantu" Thailand saat lolos dari fase grup. Di pertandingan terakhir, tuan rumah Filipina berpeluang lolos karena menghadapi Thailand yang sudah pasti lolos. Kekhawatiran andai Thailand kalah karena menyimpan pemain tidak terjadi karena mereka tetap menang atas Filipina ketika di saat yang sama, Indonesia mengalahkan Singapura.

2. AFF 2016 merupakan kelima kalinya bagi Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016. Sebelumnya Tim Merah Putih sukses melangkah ke final pada tahun 2000, 2002, 2004, dan 2010.

3. Dengan hasil imbang 2-2, Vietnam masih belum bisa mengalahkan Indonesia di kandangnya dalam turnamen Piala AFF. Terakhir Vietnam merasakan kemenangan melawan Indonesia di Piala AFF 1996 dengan skor 3-2.

4. Indonesia merupakan satu-satunya klub yang mampu menjebol gawang Thailand (saat penyisihan grup A).

5. Indonesia selalu mencetak dua gol di setiap pertandingan Piala AFF 2016 sejak babak penyisihan Grup A hingga lolos ke final.
Dari 12 gol yang dicetak Indonesia, 10 di antaranya diciptakan di babak kedua.

6. Pertandingan Indonesia vs Vietnam menjadi debut pertama bagi Dedi Kusnandar di Piala AFF 2016. Dedi bermain menggantikan Andik Vermansah pada menit ke-88.

7. AFF 2016 merupakan debut manis bagi Stefano Lilipally, Lerby, Hansamu, dan Manahati. Di debut mereka tersebut, mereka mencetak gol perdananya di tim senior Indonesia.
Stefano mencetak gol penentu saat melawan Singapura, Lerby saat melawan Thailand di penyisihan grup, Hansamu saat melawan Vietnam di semifinal leg 1, dan Manahati saat melawan Vietnam di semifinal leg 2.

8. Sejak Piala AFF digelar, Indonesia meraih status posisi runner-up terbanyak (4 kali). Sementara Thailand menempati posisi peraih juara terbanyak (4 kali).

Road to final:

Penyisihan Grup A:
19 Nov 2016:
1. Thailand 4-2 Indonesia
2. Filipina 1-1 Singapura
22 Nov 2016:
1. Thailand 1-0 Singapura
2. Indonesia 2-2 Filipina
25 Nov 2016:
1. Thailand 1-0 Filipina
2. Indonesia 2-1 Singapura

Klasemen Grup A (Main - Menang - Seri - Kalah - Nilai:
Thailand 3 3 0 0 9
Indonesia 3 1 1 1 4
Filipina 3 0 2 1 2
Singapura 3 0 1 2 1

Semifinal 1:
-Leg 1: Indonesia 2-1 Vietnam
-Leg 2: Vietnam 2-2 Indonesia

Semifinal 2:
-Leg 1: Myanmar 0-2 Thailand
-Leg 2: Thailand 4-0 Myanmar

Final:
-Leg 1: Indonesia 2-1 Thailand
-Leg 2: ? - ?

Head to head Indonesia vs Thailand:
Indonesia vs Thailand
Main: 65
Menang: Indonesia 18- 30 Thailand
Imbang: 17
Kalah Indonesia 30 - 18 Thailand
Gol: Indonesia 78 - 110 Thailand

berbagai sumber
Foto: detiksport.om

Menyunting Penggunaan Kata dalam Kalimat Klasifikasi

Perhatikan kalimat klasifikasi berikut ini!
Berdasarkan bentuk maka terumbu karang dapat dikelompokkan menjadi dua.
Kata yang harus dihilangkan untuk perbaikan kalimat klasifikasi di atas adalah ....
a. Maka
b. Bentuknya
c. Dapat
d. Menjadi

Menentukan Istilah yang Digunakan dalam Kutipan Teks Laporan Hasil Observasi

1. Simak teks berikut!
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapatmenciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.

Di bawah ini merupakan salah satu istilah yang terdapat dalam teks tersebut adalah….
a. berkembang biak
b. masyarakat
c. manusia
d. tumbuhan

2. Tentukan istilah biologi yang baku pada teks observasi berikut!
Kucing merupakan binatang peliharaan yang paling populer.Kucing merupakan hewan dari kelas mamalia. Berdasarkan makannya kucing termasuk karnivora karena pemakan....
a. binatang – kelas
b. mamalia – karnivora
c. populer – kucing
d. mamalia – pemakan

Menentukan Bagian Sturktur Teks Laporan Hasil Observasi

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur teks....
a. definisi umum b. deskripsi bagian c. deskripsi manfaat d. penutup

Menyimpulkan Teks Laporan Hasil Observasi

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapatmenciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.

Simpulan kutipan diatas adalah….
a. benda hidup perlu makan sedangkan benda mati tidak
b. lingkungan hidup baik benda mati maupun benda hidup
c. lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup mencakup benda mati dan benda hidup
d. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara.

Moratorium Ujian Nasional Ditolak, Ini Respons Mendikbud

Mendikbud Muhadjir Effendi mengaku pernah dipanggil Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) terkait rencananya ingin moratorium Ujian Nasional (UN). Menurut Muhadjir, ia telah berusaha mengakomodasi semua usulan JK dalam rencana kebijakan moratoruium UN.
"Saya dipanggil Pak Wapres dan diberi pengarahan kira-kira lebih dari satu jam untuk pengarahannya dan saya usahakan untuk mengadopsi, usahakan untuk menerima masukan, arahan beliau itu ke dalam rencana revisi ujian nasional," kata Muhadjir di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (8/12/2016).
"Jadi kalau ternyata belum ya saya harus minta maaf. Saya kan pembantu Presiden dan Wakil Presiden. Itu saja intinya," ujar Muhadjir.

Terkait dengan arahan JK yang cenderung tak sepakat dengan moratorium UN, Muhadjir mengatakan perintah pendalaman tersebut tak ada kaitannya dengan batal atau tidaknya kebijakan ini. Jika akhirnya moratorium tak dilakukan dan UN tetap berjalan, maka Kemdikbud akan meminimalisir dampak negatif dari UN yang selama ini banyak menuai kritik dari praktisi pendidikan. "Ujian Nasional itu di samping memang banyak positifnya, kan selama ini juga banyak efek negatifnya, efek yang tak terkendali," kata dia.

Dari masukan-masukan serta kajian di internal Kemendikbud itulah, Muhadjir berpandangan, moratorium UN adalah keputusan yang tepat. Namun kemudian, oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan JK, kebijakan ini diperintahkan untuk didalami kembali. Kebijakan moratorium diketahui juga menjadi bahasan utama dalam sidang kabinet, Rabu 7 Desember 2016. JK pun menyatakan Muhadjir harus mempertimbangkan UN sebagai acuan capaian pendidikan antar daerah. "Jadi sebetulnya saya sudah berusaha untuk menampung, mengakomodasi semua saran Pak Wapres. Jadi kalau ternyata belum ya saya harus minta maaf. Saya kan pembantu Presiden dan Wakil Presiden," ujar Muhadjir. Mantan Rektor Univesitas Muhammadiyah Malang itu menceritakan, kebijakan moratorium UN sebenarnya merupakan perwujudan visi Nawacita yang diusung Jokowi-JK. Hal inilah yang ia ungkapkan di hadapan Komisi X DPR beberapa waktu lalu ketika dimintai keterangan soal pelaksanaan UN. "Saya hanya sampaikan waktu itu, bahwa sesuai dengan visi dari program aksi Nawacita Presiden Jokowi, itu memang di situ dicantumkan bahwa mengevaluasi masalah penyeragaman kurikulum termasuk didalamnya adalah mengevaluasi ujian nasional. Ya karena saya ini pembantu presiden dan wakil presiden, ya melaksanakan visi beliau itu," jelas dia.

Ia melanjutkan, jika nantinya kebijakan moratorium ini ditolak dan UN tetap dilaksanakan, maka yang diupayakan adalah meminimalisir dampak negatif UN yang selama ini dirasakan siswa dan menuai kritik praktisi pendidikan. "Akan kita telaah lagi, terutama tentu saja Ujian Nasional itu di samping memang banyak positifnya, kan selama ini juga banyak efek negatifnya. Jadi akan kita telaah secara seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya sehingga nanti kita harapkan kalau memang Ujian Nasional akan dilanjutkan, kita harapkan dampak-dampak negatif yang selama ini tidak dikehendaki itu bisa kita kurangi semaksimal mungkin," pungkas Muhadjir.

Sebelumnya, Wapres JK mengatakan UN adalah acuan capaian pendidikan antar daerah. Oleh karenanya Muhadjir diminta untuk mendalami kembali rencana moratorium UN.

Sumber: okezone.com

Penolakan Moratorium Ujian Nasional Disayangkan

Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Yazidie Fauzy menyayangkan penolakan pemerintah terhadap usulan moratorium ujian nasional atau UN. "Saya mendukung rencana moratorim UN, karena akan meringankan beban dan tidak membuat peserta didik stres. Sebagaimana pengalaman UN selama ini, banyak anak didik yang kelihatannya tertekan mental," ujarnya di Banjarmasin, Kamis (8/12/2016).

Menurut dia, selama sarana dan prasarana pembelajaran tidak sama antara sekolah atau ibu kota provinsi dengan ibu kota kabupaten/kota, dan terlebih daerah pinggiran, maka hasil UN akan pincang. "Dengan melihat hal tersebut berarti sistem pendidikan kita masih kurang berkeadilan," ujar mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel itu. Ia mengatakan hasil UN di ibu kota provinsi relatif akan lebih baik bila dibandingkan dengan daerah pinggiran. "Apalagi kelengkapan sarana dan prasarana sekolah pinggiran jauh dari sempurna, bisa dipastikan hasil UN tidak sama dengan perkotaan," tuturnya. Oleh sebab itu, dia akan mengundang instansi terkait untuk membicarakan UN, bagaiamaan cara menyiasati agar hasilnya nanti tidak terlalu jomplang antara sekolah di perkotaan dan daerah pinggiran/terpencil. "Pada dasarnya saya sependapat perlunya UN sebagai salah satu pengukur keberhasilan pendidikan, asalkan kelengkapan sarana dan persarana pembelajaran sama di semua sekolah," katanya. Sebelumnya Ketua Komisi IV DPRD Kalsel yang juga membidangi pendidikan itu berpendapat positif peniadaan atau moratorium UN tersebut, sebagaimana wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

UN Hanya Buat Siswa Sibuk Ikut Bimbel
Sementara, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai pelaksanaan ujian nasional (UN) menimbulkan pengaruh kurang baik bagi siswa. Salah satunya, baik sekolah atau siswa hanya fokus belajar mata pelajaran yang diujikan dalam UN sehingga menganggap pelajaran lainnya kurang penting. "Siswa jadi terlalu sibuk ikut bimbingan belajar (bimbel) dan les. Akibatnya mereka kurang membaca," ujar Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) di Jakarta, belum lama ini.

Retno sendiri termasuk pihak yang mendukung adanya moratorium UN. Menurutnya, jika siswa sudah terlanjur bimbel tidak terlalu menjadi masalah, karena dampak moratorium UN yang sebenarnya adalah adanya perbedaan standar di setiap daerah. "Dampaknya itu ketika ada siswa yang dari daerah minus sarana dan kualitas pindah ke daerah yang kaya sarana dan kualitasnya bagus. Karena memang akan ada perbedaan standar. Tetapi itu hanya sebagian kecil, dan bisa disesuaikan melalui proses pembelajaran," paparnya.

Dia juga mengakui, moratorium UN akan berdampak pada lembaga bimbel atau les dan percetakan yang notabennya ramai peminat jelang UN. "Memang mereka (bimbel) akan dirugikan. Tapi bagi saya yang rugi bangsa ini kalau sistem pendidikan terus seperti ini. Untuk memperbaikinya, diawali dengan moratorium UN," imbuhnya.

Sumber: okezone.com

Rencana Penghapusan Ujian Nasional Ditunda

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin sidang kabinet Paripurna Rabu pagi. Salah satu yang menjadi pembahasan adalah evaluasi pelaksanaan ujian nasional (UN). Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan, rencana pemerintah untuk melaksanakan moratorium ujian nasional pada 2017 akhirnya ditunda. Presiden Jokowi, ia menambahkan, ingin ada kajian lebih mendalam terkait rencana moratorium ujian nasional tersebut.
"Ya hasilnya usulan moratorium itu tidak disetujui, tapi disuruh kaji ulang," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Saat ini, JK menjelaskan, ujian nasional masih dibutuhkan untuk meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan secara nasional. Evaluasi sistem pendidikan secara nasional justru dapat dilihat dari hasil ujian nasional.
"Tanpa ujian nasional bagaimana bisa mendorong bahwa kita pada tingkat berapa, dan apa acuannya untuk mengetahui bahwa dari ini kemudian nanti tanpa ujian nasional," jelas JK.

Menurut JK, belum ada sistem yang bisa mengukur pemerataan pendidikan di Indonesia selain ujian nasional. Tentunya, ia menambahkan, dengan soal-soal yang ada pada ujian nasional.
"Harus dengan soal yang hampir sama harus diketahui, oh Jawa begini, Sulawesi begini, Kalimantan bagaimana. Baru bisa. Kalau tanpa itu bagaimana caranya," pungkas JK.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memastikan bahwa moratorium Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan mulai 2017. Pasca-moratorium, pelaksanaan ujian sekolah akan dilimpahkan kepada pemerintah daerah. Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pelaksanaan ujian kelulusan akan diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten. Sementara, pelaksanaan ujian kelulusan bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) oleh pemerintah provinsi. Peran Kemendikbud hanya melalui penetapan standar dalam ujian kelulusan yang dilaksanakan bersama Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Selain itu, peran mereka dalam hal pengawasan dan pengendalian pelaksanaan ujian.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, moratorium ujian nasional (UN) dilakukan untuk memenuhi putusan Mahkamah Agung pada 2009.
Putusan ini memperkuat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tahun 2007. Dalam putusan itu, pemerintah diperintahkan meningkatkan kualitas guru, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, serta akses informasi di seluruh Indonesia.
Kualitas guru serta sarana dan prasarana yang memadai diperlukan bagi pelaksanaan UN (Kompas, 2/12/2012).
Menurut Muhadjir, UN kini tak lagi menentukan kelulusan, tetapi lebih berfungsi untuk memetakan kondisi pendidikan. Hasilnya, baru 30 persen sekolah memenuhi standar nasional.

Sumber: liputan6.com, tribunnews.com, kompas.com

Nilai UAS Sem.Ganjil Siswa Kelas VII SMPN 2 MU TP. 2016/2017

Berikut nilai UAS Semester Ganjil siswa kelas VII SMPN 2 Muara Uya:
1. SALEHA DAMAYANTI 80
2. CLARA AYU RAHMANIA 78
3. NADYA ATALIS 76
4. GUSTI ERA FAJIRA 72
5. IQBAL DESEMBRI 72
6. DANI INDRAWAN 70
7. SILVIONITA FIRNANDA 70
8. AYU SULISIYA WATI 66
9. RONI RESO SASONGKO 66
10. BAGUS SULISTYO 64
11. TINI ASMAWATI 64
12. IPIN ISRO'I 62
13. ALVINA FARADYA MARULI 58
14. RAHMAT 58
15. ARI DWI PRASOJO 56
16. SITI MAHMUDAH 56
17. KHUSNUL KHOTIMAH 54
18. OKTAPIANI 52
19. ANDI 48
20. NUR HASANAH 46
21. RADIANA 30

Menentukan Isi Kutipan Teks Deskripsi

Pemerintah Kabupaten Probolinggo menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memberikan jaminan bahwa gunung setinggi 2.329 m dari permukaan laut tersebut aman dikunjungi meskipun berstatus siaga. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari jauh. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit.
Teks deskripsi tersebut membahas. . .
a. penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo
b. keindahan gunung Bromo
c. peningkatan kunjungan wisatawan
d. pemandangan eksotis Gunung Bromo

Menentukan Perbedaan Isi Dua Kutipan Teks Deskipsi

Perhatikan kedua teks berikut !

TEKS 1
PANTAI MOJOPAHIT
Pemandangan Pantai Mojopahit - Mojokerto sangat mempesona. di sebelah kiri terlihat tebing yang amat sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Mojopahit ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Di pantai Mojopahit ini keta bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut.

TEKS 2
TARI GAMBYONG
Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.

Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil.Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg).
(sumber:http://www.guruberbahasa.com/2016/02/2-contoh-teks-deskripsi-tari-saman-dan.html)

Perbedaan teks 1 dan teks 2 tersebut adalah ...
a. Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit, Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Pemandangan pantai, tebing di kanan kiri pantai, pengunjung, keindahan matahari terbenam. Teks 2 Waktu pementasan, koreografi tari Gambyong
b.
Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Keindahan Pantai Mojopahit, Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Pemandangan pantai, pengunjung, permainan yang ada di pantai, keindahan matahari terbenam. Teks 2 Penemu tari Gambyong, gerakan tari Gambyong
c.
Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Keindahan Pantai Mojopahit ketika sore hari Teks 2 Kelenturan Tari Gambyong
d.
Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Alasan mengapa pantai ini sangat banyak pengunjungnya, Teks 2 Tujuan tari, gerakan tari Gambyong

Nilai UAS Semester Ganjil Kelas IX SMPN 2 MU TP 2016/2017

Berikut nilai UAS Semester Ganjil siswa kelas IX SMPN 2 Muara Uya:
1. ARISKA DIAN FATMAWATI 90
2. INDAH DWI RAHAYU 90
3. AZIZ AJIPRASETIYA 86
4. ERVINA ERI MALDIANA 86
5. DIAN AGUSTINA 84
6. BARON FAYIK IRVAN 80
7. DIDIK MAERINO 80
8. ERMA YANTI 80
9. FATNAN HAMID 80
10. LALA AILANI 80
11. EKA SAFITRI NINGSIH 78
12. LIUS SEPRENDI 78
13. MUHAMMAD ROVY IRVAN 76
14. SIGIT SETIAWAN 76
15. RANDI ASTUTI 74
16. AKHMAD AKBAR 72
17. SUGENG RAHAYU 72
18. SAPUTRA HENDRA LESMANA 70
19. AHMAD JUNAIDI 64
20. GIYON CITARO WIJAYA 62
21. BICKY AFRIANTO 60
22. SUSILAWATI 60
23. OLIVIA FEBRI KARIYANTI 58
24. SANIAH 58
25. AREL ANGGRIO LEREAN 56
26. IRWIN RIYADI 54
27. LINI HERLINA 44

Menentukan Ciri dan Struktur Teks Deskripsi

1. Pernyataan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah. . .
a. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra.
b. Mengandung bukti dan kebenaran.
c. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, dan angka.
d. Bersifat menceritakan.

2. Setiap memandang wajahnya, hatiku terasa teduh. Ya, wajah ibuku memang meneduhkan. Matanya yang bulat menyiratkan kasih sayang kepada orang lain. Tangannya yang mungil dan lembut mengajari kami berjalan untuk pertama kalinya. Dengan tangannya yang mungil, ibuku menyuapi kami untuk pertama kalinya dan menghapus air mata kami saat kami menangis.
Rambut ibu yang indah menggambarkan keindahan pikirannya. Tidak pernah terbesit dalam pikirannya berbuat buruk kepada orang lain. Dengan bibir mungilnya nasihat-nasihat indah tentang kehidupan mengalir ke telinga kami.
Kalimat di atas merupakan deskripsi. . .
a. Deskripsi teknis/ekspositoris
b. Deskripsi sugestif
c. Deskripsi subjektif
d. Deskripsi objektif

Menentukan Obyek yang Dideskripsikan dalam Teks Deskripsi

Setiap memandang wajahnya, hatiku terasa teduh. Ya, wajah ibuku memang meneduhkan. Matanya yang bulat menyiratkan kasih sayang kepada orang lain. Tangannya yang mungil dan lembut mengajari kami berjalan untuk pertama kalinya. Dengan tangannya yang mungil, ibuku menyuapi kami untuk pertama kalinya dan menghapus air mata kami saat kami menangis.
Rambut ibu yang indah menggambarkan keindahan pikirannya. Tidak pernah terbesit dalam pikirannya berbuat buruk kepada orang lain. Dengan bibir mungilnya nasihat-nasihat indah tentang kehidupan mengalir ke telinga kami.

Berdasarkan teks deskripsi di atas objek yang dideskripsikan adalah. . .
a. sosok ibuku
b. tangan ibuku
c. keramahan ibuku
d. wajah ibuku

Menentukan Paragraf yang Menyatakan Aspek Bidang Perasaan

Paragraf yang menyatakan aspek bidang perasaan adalah. . .
a. Hani sangat sensitif. Ia mudah tersinggung jika temannya salah mengucapkan kata-kata. Oleh karena itu, teman-teman Hani sangat hati-hati memperlakukannya.
b. Dilihat dari penampilannya, orang itu pasti kaya. Setiap hari baju yang dikenakan selalu bagus. Ia selalu menggunakan baju dan perhiasan mahal jika akan pergi ke pesta.
c. Kedua anak itu bak pinang dibelah dua. Wajahnya sangat mirip. Rambut kedua anak itu ikal. Kulitnya putih bersih seperti ibunya.
d. Ayah dan ibu tidak pernah berbuat kasar terhadap kami. Ayah dan ibu selalu memperlakukan kami dengan lembut. Keluarga kami hangat dan saling menyayangi.

Macam-macam Kata Ulang dan Contohnya

Kata ulang adalah kata yang diulang. Misalnya anak-anak, berasal dari kata anak. Berbeda dengan kupu-kupu, ini bukan kata ulang karena tidak dikenal adanya kata kupu.
Yang jelas, prinsip kata ulang memerhatikan hal berikut:
- selalu memiliki bentuk dasar yang diulang
- bentuk dasarnya merupakan kata yang biasa dipakai dalam bahasa Indonesia
- proses pengulangannya tidak mengubah kelas kata (jika kata benda akan tetap sebagai kata benda, dst) dan maknanya.

Macam-macam Kata Ulang:
1. Kata ulang utuh (Contoh: rumah-rumah, persawahan-persawahan)
2. Kata ulang berimbuhan (Contoh: mobil-mobilan, rumah-rumahan)
3. Kata ulang sebagian (Contoh: berjalan-jalan
4. Kata ulang berubah bunyi (Contoh: sayur-mayur, bolak-balik)
5. Kata ulang suku awal (Contoh: sesama, tetamu)

Bukan kata ulang:
- kupu-kupu
- laba-laba
- kura-kura
- teka-teki
- mondar-mandir
Alasan: karena tidak ada bentuk dasarnya (kupu, laba, kura, teka).
Memang ada kata laba (sinonim untung) tapi beda maknanya.

Makna Kata Ulang:
1. Bermacam-macam:
Contoh: sayur-sayuran (makna: bermacam sayur)
2. Menyerupai:
Contoh: kuda-kudaan (makna: menyerupai kuda)
3. Menyatakan makna paling (superlatif):
Contoh: sebesar-besarnya (makna: paling besar)
4. Menyatakan arti seperti disebut bentuk dasarnya (hal)
Contoh: masak-memasak (makna: hal masak)
5. Berbalasan (resiprok)
Contoh: pukul-pukulan (makna: saling pukul)
6. Menyatakan intensitas
Contoh: kuat-kuat, menggeleng-gelengkan
7. Menyatakan makna banyak
Contoh: anak-anak, kambing-kambing
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara