Siswa Terbaik Bulan Ini (November-Desember 2016)

Siswa Terbaik Bulan Ini (November 2016)-- Sebagaimana bulan sebelumnya, siswa terbaik dipilih dari kelompok terbaik bulan ini berdasarkan banyaknya perolehan bintang keaktifan kalian di kelas (Khusus kelas IX karena tiak ada aktivitas peebutan bintang, pemilihan didasakan pada nilai tertinggi di kelas).
NO KELAS KELOMPOK JLH BINTANG NAMA SISWA NILAI
1
VII
I
43
NADYA ATALIS
87
2
IX
II
-
LALA AILANI
81
Selamat buat yang terpilih dan buat yang belum terpilih masih ada kesempatan semester depan.........

Menentukan Paragraf yang Mengandung Unsur Deskripsi Umum

Paragraf yang mengandung unsur deskripsi umum adalah ...
a. Rumah makan “ Nyampleng” terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya. Nama rumah makan ini berasal dari bahasa Jawa yaitu nyamleng yang berarti enak sekali. Sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi. Bangunan rumah makan ini beraksitektur Jawa. Hampir semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini berhiaskan dengan nuansa Jawa.
b. Memasuki rumah makan ini, kita disambut gapura bernuansa Jawa yang berdiri kokoh di pintu masuk. Di bagian DEPAN rumah makan ini terpasang gapura yang indah bertuliskan huruf Jawa dengan warna alami. Begitu memasuki pintu utama kita akan disambut ruangan yang sejuk dengan estetika tinggi. Lantai rumah makan ini terbuat dari kayu berwarna coklat tua. Dinding berwarna putih bersih.
c. Di dalam rumah makan ini diletakkan gamelan Jawa yang tertata rapi lengkap dengan niyaganya. Warna gamelan keemasan dengan bingkai kayu warna coklat gelap sangat antik dan menarik. Di samping gamelan di tata meja kursi antik dengan warna legam. Di pojok ruangan diletakkan lampu hias coklat dengan ornamen kuning keemasan.
d. Di bagian belakang terdapat kolam ikan nila. Warna merah yang mendominasi kolam nampak seperti kain indah yang sedang dimainkan seorang penari. Kolam itu tidak terlalu luas, tetapi bersih. Di pinggir kolam dihias beragam bunga. Warna warni bunga dengan semerbakwanginya menambah keasrian rumah makan ini.

Menggunakan Kata Berawalan me- dalam Kalimat

Taman Putroe Phang terletak di wilayah kompleks Istana Sultan Aceh di Banda Aceh. Taman ini dibuat Sultan Iskandar Muda untuk ( .... ) Putri Pahang.di taman tersebut terdapat sebuah bangunan unik, bernama Gunongan.

Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
a. Mengenang
b. Melihat
c. Mengingat
d. Membayangkan

Komisi X DPR RI: Belum Setuju UN Dihentikan

Komisi X DPR RI belum menyetujui usulan Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy terkait moratorium ujian nasional (UN). Moratorium UN tidak bisa dilakukan begitu saja dan membutuhkan kajian mendalam.
"Kami belum menyetujui dulu, sepertinya Pak Menteri yang sekarang ini senang membuat kejutan-kejutan tanpa dibahas dulu dengan matang dengan mitra kerja," ujar anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana kepada Republika.co.id, Jumat (25/11).

Komisi X memandang perlu adanya pendalaman sehingga tidak terkesan membuat terobosan-terobosan yang makin membuat bingung dunia pendidikan. Dia menyebut Mendikbud terdahulu, Anies Baswedan, sudah memutuskan bahwa UN tidak menentukan kelulusan. Dan itu sudah membuat lega.

Namun menurut dia UN dibutuhkan untuk pemetaan dan mengetahui pencapaian standard pembelajaran sekolah maupun peserta didik yang dapat dijadikan dasar bagi treatment pada tahun berikutnya.

Politikus Partai Hanura tersebut mengatakan apabila UN dimoratorium, tetap saja pada dasarnya Indonesia membutuhkan bentuk evaluasi lain untuk mengetahui tingkat ketercapaian peserta didik maupun sekolah.
"Maka tentu harus ditetapkan apakah model ujian sekolah, ujian semester atau evaluasi harian yangg dilakukan oleh guru. Tentunya guru pun harus mendapat pembekalan yang memadai kalau bentuk evaluasi ini berubah," ujar Dadang.

Perlu Kajian Lebih Lanjut
Usulan moratorium terhadap ujian nasional (UN) di Indonesia dinilai perlu kajian lebih lanjut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy perlu memikirkan lebih matang terkait rencananya tersebut.
"Pendapat pribadi saya sebaiknya penghentian UN itu perlu kajian yang tidak mendadak seperti ini," ujar anggota Komisi X DPR RI Nico Siahaan kepada Republika.co.id, Jumat (25/11).

Politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut berharap semua produk pemerintah hendaknya melalui kajian dan pertimbangan mendalam sebelum akhirnya diberlakukan. "Kita tidak ingin semua produk pemerintah sekarang ini jadi produk-produk dadakan tanpa penelitian dan pengkajian yang jelas," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mendikbud telah mengusulkan moratorium UN di seluruh Indonesia. Moratorium tersebut sudah diajukan kepada Presiden Joko Widodo dan tinggal menunggu persetujuannya. Mendikbud ingin mengembalikan kebijakan evaluasi murid, menjadi hak dan wewenang guru, baik secara pribadi maupun kolektif.

Namun pemerintah tetap menerapkan standard nasional kelulusan masing-masing sekolah provinsi, kabupaten, kota. Mendikbud belum menyebut sampai kapan batas waktu moratorium tersebut. Namun, moratorium akan berlaku mulai 2017.
Presiden pun sudah menerima usulan menteri tersebut, namun putusannya menunggu ratas (rapat kabinet terbatas) terlebih dahulu.

Sumber: republika.co.id

Jokowi: Moratorium UN 2017 Menunggu Rapat Kabinet Terbatas

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sentralisasi Ujian Nasional (UN) akan segera diputuskan. Jokowi mengatakan, sebelumnya di tingkat kementerian, UN sudah diputuskan untuk disentralisasi.
"Jadi bukan dihapus, tapi disentralisasi. Pekan ini akan dirapatkan, diputuskan," kata Presiden usai menghadiri acara Hari Guru Nasional (HGN) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Ahad (27/11).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan menggelar rapat kabinet terbatas (ratas) sebelum memutuskan moratorium ujian nasional (UN) pada 2017.
"Masih proses, belum dirataskan, belum," kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai sosialisasi Program Amnesti Pajak Tahap II di Hotel Clarion Makassar, Jumat malam (25/11).

Presiden Jokowi mengaku memang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sudah menyampaikan masalah itu kepadanya. "Tapi tentu saja harus ada rapat terbatas dulu yang nantinya akan kita putuskan," katanya.

Ia menyebutkan kalau memang diperlukan dalam rangka peningkatan standar kualitas pendidikan maka akan dilakukan. "Saya belum tahu laporannya seperti apa, datanya seperti apa," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengusulkan moratorium atau penangguhan ujian nasional (UN) pada 2017. "Sudah tuntas kajiannya, dan kami rencana (UN) dimoratorium. Sudah diajukan ke Presiden dan menunggu persetujuan Presiden," kata Muhadjir pada Kamis (24/11).

Dia mengatakan alasan moratorium UN adalah karena pada saat ini UN berfungsi untuk pemetaan dan tidak menentukan kelulusan peserta didik. Kemendikbud ingin mengembalikan evaluasi pembelajaran siswa menjadi hak dan wewenang guru, baik secara pribadi maupun kolektif.
"Negara cukup mengawasi dan membuat regulasi supaya standar nasional benar-benar diterapkan di masing-masing sekolah," kata Muhadjir.

Rencana moratorium tersebut juga menyesuaikan dengan peralihan kewenangan pengelolaan sekolah menjadi milik pemerintah daerah. "Jadi nanti untuk evaluasi nasional itu SMA/SMK serahkan ke provinsi masing-masing, untuk SD dan SMP diserahkan ke kabupaten atau kota," ucap Muhadjir.

Mendikbud juga mengatakan pemetaan berdasarkan hasil UN telah menunjukkan ada 30 persen sekolah yang sudah berada di atas standar nasional, sementara sisanya belum memenuhi standar tersebut. "Kalau sudah tahu dengan (pemetaan) melalui UN ternyata sekitar 30 persen saja yang bagus, maka kami harus melakukan pembenahan-pembenahan dulu," kata dia.

Keputusan itu disebut sudah mendapatkan persetujuan dari Presiden. Namun, harus rapat terbatas terlebih dahulu. Setelah itu tinggal menerbitkan Inpres. Wacana tersebut bukan akan menghilangkan tugas akhir yang harus dijalani para siswa.

Sumber: republika.co.id

Ujian Nasional Dihentikan, Pelaksanaan Ujian Sekolah Dilimpahkan kepada Pemda

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memastikan bahwa moratorium Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan mulai 2017. Pasca-moratorium, pelaksanaan ujian sekolah akan dilimpahkan kepada pemerintah daerah. Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pelaksanaan ujian kelulusan akan diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten. Sementara, pelaksanaan ujian kelulusan bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) oleh pemerintah provinsi.
"Insya Allah tahun 2017 enggak ada UN. Jadi nanti ujian itu kami limpahkan ke provinsi untuk SMP dan SMA, lalu SD kami limpahkan ke pemerintah kota dan kabupaten," ujar Muhadjir di Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Meski pelaksanaannya diberikan kepada daerah, Kemendikbud tetap akan berperan. Peranan itu melalui penetapan standar dalam ujian kelulusan yang dilaksanakan bersama Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).
Selain itu, Kemendikbud akan berperan dalam pengawasan dan pengendalian pelaksanaan ujian.
"Kami peranannya akan lebih dominan dalam pengawasan dan pengendalian pelaksanaan ujian itu. Tapi untuk pelaksanaannya ditangani pemerintah masing-masing," kata Muhadjir.

Moratorium

Penyelenggaraan ujian nasional direncanakan untuk dihentikan sementara pada 2017.
Namun, penerapan rencana itu masih menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo.
"Saya mengajukannya ke Presiden karena nanti perlu ada inpres," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kamis (24/11), di Jakarta.

Menurut dia, moratorium ujian nasional (UN) dilakukan untuk memenuhi putusan Mahkamah Agung pada 2009.
Putusan ini memperkuat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tahun 2007. Dalam putusan itu, pemerintah diperintahkan meningkatkan kualitas guru, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, serta akses informasi di seluruh Indonesia.

Kualitas guru serta sarana dan prasarana yang memadai diperlukan bagi pelaksanaan UN (Kompas, 2/12/2012).
Menurut Muhadjir, UN kini tak lagi menentukan kelulusan, tetapi lebih berfungsi untuk memetakan kondisi pendidikan. Hasilnya, baru 30 persen sekolah memenuhi standar nasional.
"Evaluasi nasional nanti diserahkan kepada pemerintah daerah. Kita mau mengembalikan evaluasi sebagai hak dan wewenang guru, baik secara pribadi maupun kolektif. Negara cukup mengawasinya," ucap Muhadjir.

Sumber: tribunnews.com

Piala AFF 2016: Indonesia Lolos ke Semifinal

Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 2-1 pada pertandingan terakhir Grup A di Rizal Memorial Stadium, Jumat (25/11/2016). Kemenangan tersebut, ditambah kekalahan Filipina dari Thailand, memastikan Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2016 sebagai runner-up Grup A.

Dengan hasil itu, Indonesia tinggal menunggu lawan di babak semifinal. Sebagai runner-up Grup A, Indonesia akan berjumpa dengan juara Grup B. Penentuan peringkat akhir Grup B dilaksanakan pada Sabtu (26/11/2016). Untuk sementara Vietnam (poin 6) yang mendominasi Grup B, diikuti Myanmar dan Malaysia (poin 3).

Babak semifinal akan digelar dengan format kandang-tandang pada 3 dan 7 Desember mendatang. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu. Bagi Indonesia, ini adalah hasil terbaik dalam tiga edisi terakhir Piala AFF. Setelah menjadi runner-up pada tahun 2010, Indonesia gagal lolos dari babak penyisihan grup pada tahun 2012 dan 2014.

Sebelum terjun ke Piala AFF 2016, Indonesia sebenarnya belum lama lepas dari sanksi FIFA. Sanksi yang berlangsung selama setahun itu baru dicabut pada bulan Mei lalu.
Pelatih Indonesia, Riedl, juga menghadapi kendala dalam mempersiapkan tim sebelum turnamen dimulai. Pelatih asal Austria itu tak bebas memilih pemain karena hanya boleh mengambil maksimal dua pemain dari klub yang sama. Bahkan, sebelum berangkat ke Manila, Irfan Bachdim cedera sehingga tak bisa ikut.

Hasil Pertandingan Grup A:
19 Nov 2016:
1. Thailand 4-2 Indonesia
2. Filipina 1-1 Singapura
22 Nov 2016:
1. Thailand 1-0 Singapura
2. Indonesia 2-2 Filipina
25 Nov 2016:
1. Thailand 1-0 Filipina
2. Indonesia 2-1 Singapura

Klasemen Grup A (Main - Menang - Seri - Kalah - Nilai:
Thailand 3 3 0 0 9
Indonesia 3 1 1 1 4
Filipina 3 0 2 1 2
Singapura 3 0 1 2 1
Hasil Pertandingan Grup B:
20 Nov 2016:
1. Malaysia 3-2 Kamboja
2. Vietnam 2-1 Myanmar
23 Nov 2016:
1. Malaysia 0-1 Vietnam
2. Kamboja 1-3 Myanmar
26 Nov 2016:
1. Malaysia - Myanmar
2. Kamboja - Vietnam

Klasemen Grup A (Main - Menang - Seri - Kalah - Nilai:
Vietnam 2 2 0 0 6
Malaysia 2 1 0 1 3
Myanmar 2 1 0 1 3
Kamboja 2 0 0 2 0

Semifinal 1:
-Leg 1: Indonesia vs Juara grup B?
-Leg 2: Indonesia vs Juara grup B?

Semifinal 2:
-Leg 1: Thailand vs Runner up grup B?
-Leg 2: Thailand vs Runner up grup B?

Final:
-Leg 1: Pemenang Semifinal 1 vs Pemenang Semifinal 2?
-Leg 2: Pemenang Semifinal 1 vs Pemenang Semifinal 2?
Head to head Indonesia:
Indonesia vs Thailand
Main: 64
Menang: Indonesia 17- 30 Thailand
Imbang: 17
Kalah Indonesia 30 - 17 Thailand
Gol: Indonesia 76 - 109 Thailand

Indonesia vs Filipina
Main: 24
Menang: Indonesia 19- 2 Filipina
Imbang: 3
Kalah Indonesia 2 - 19 Filipina
Gol: Indonesia 88 - 19 Filipina

Singapura vs Indonesia
Main: 55
Menang: Singapura 18- 26 Indonesia
Imbang: 11
Kalah Singapura 26 18 Indonesia
Gol: Singapura 67 - 99 Indonesia

Referensi dan foto: detik.com

Mengidentifikasi Kata Berawalan ter- dalam Kalimat

Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya.

Kata bercetak miring pada kalimat tersebut bermakna ....
a. Paling
b. Mempunyai
c. Menyerupai
d. Banyak

Menentukan Kalimat Perincian dalam Kutipan Teks Deskripsi

Kelas VII C sangat bersih, tidak ada sampah berserakan atau coretan-coretan . Mereka kompak membersihkan kelasnya bersama-sama. Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. Tidak heran kalau kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.
Kalimat perincian pada teks deskripsi di atas terdapat pada kalimat....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat

Menentukan Larik atau Kalimat yang Mengandung Majas

(1) Memasuki bibir pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. (2) Angin lembut terasa mengelus kulit. (3) Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. (4) Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. (5) Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah.
Dari kutipan teks di atas, yang termasuk majas personifikasi adalah ...
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)

Program Tahunan Kelas VIII (Kurikulum 2013)

(Sesuai dengan Permen No.24 Tahun 2016, Lampiran 2)

SEMESTER GANJIL (102 Jampel)

Teks Berita (22 Jampel)
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1 Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)

Teks Iklan, Slogan, atau Poster (20 Jampel)
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis

Teks Eksposisi (20 Jampel)
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisandalamteks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau dibaca
4.6 Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan

Teks Puisi (20 Jampel)
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi

Teks Ekplanasi (20 Jampel)
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
4.9 Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca
3.10 Menelaah teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
4.10 Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

SEMESTER GENAP (80 Jampel)

Teks Ulasan (20 Jampel)
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

Teks Persuasi (20 Jampel)
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan

Teks Drama (20 Jampel)
3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
4.15 Menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah

Literasi Buku Fiksi dan Nonfiksi (20 Jampel)
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17 Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
3.18 Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis

Menentukan Kata yang Bersinonim dalam Kutipan Teks Deskripsi

(1).Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang ada di Banjarmasin. (2) Mereka berjualan di sungai dengan menggunakan perahu. (3)Macam-macam yang mereka jual, ada makanan, sayur, buah,ikan, dan kebutuhan lainnya. (4)Deretan perahu yang saling berdempetan dan aneka jualan yang terlihat berwarna-warni di pagi hari sangat memesona. (5) Keunikan pasar Terapung banyak memukau wisatawan lokal maupun luar yang melihat atau berbelanja di pasar Terapung.
Kata bersinonim pada teks deskriptif di atas terdapat pada kalimat ....
a. (4) dan (5)
b. (3) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (1) dan (2)

Menentukan Penggunaan Awalan meN- yang Tepat dalam Kutipan Kalimat

Penggunaan awalan me-N yang tepat terdapat dalam kalimat ....
a. Nilai pelajaran bahasa Indonesia kelas VII F semester ini menurun sekali.
b. Tarian yang dibawakan anak-anak kelas VII G itu sangat mempesona.
c. Siswa kelas VII E tidak ada yang saling mempengaruhi berbuat yang tidak baik.
d. Sebagai pelajar yang baik, kita harus menturuti apa yang dinasihatkan guru.

Menentukan Penggunaan Kata Depan yang Tepat dalam Kalimat

Penggunaan kata depan yang tepat terdapat pada kalimat ....
a. Sungai Barito adalah sungai yang ada di Kalimantan Selatan
b. Orang-orang ramai berjualan menggunakan perahu.
c. Tarian Dayak itu menarik perhatian pada wisatawan.
d. Terdengar suasana riuh ketika drama itu selesai dipentaskan

Menyunting Kata yang Tidak Baku (Salah Penulisan Ejaannya)

Setiap penari profesionil, pada saat berlomba pasti menggunakan metoda secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah ....
a. profesionil, metode, konsekuen, amatiran
b. profesional, methoda, konsekuwen, amatiran
c. profesional, metode, konsekuen, amatiran
d. profesional, methoda, konsekuwen, amatir

Menentukan Cara Penulisan Judul Sesuai Penggunaan Huruf Kapital yang Benar

Berikut adalah contoh judul yang tepat kalau kita ingin menulis karangan teks deskriptif....
a. Tabalong, Kota yang Bersih
b. Dora Emon dan Kantong ajaib
c. Membuat layang-layang
d. Laporan Banjir di Tabalong

Menentukan Isi Teks Fabel

Pada suatu masa ada seekor kucing yang sangat awas dan sigap. Tikus-tikus takut memperlihatkan dirinya karena takut dimangsa oleh sang kucing, sehingga sang kucing harus mencari akal untuk menangkap mereka.
Suatu hari sang kucing naik ke atas rak. Ia menggantungkan diri dengan satu kakinya pada tali, dengan kepala menghadap ke bawah, seolah-olahtelah mati. Saat tikus-tikus melihat posisi kucing seperti itu, mereka menyangka bahwa sang kucing telah melakukan kesalahan. Dengan hati-hati para tikus mengeluarkan kepalanya dari sarang dan mengendus-endus ke sana ke mari. Karena tidak terjadi apa-apa, mereka melompat ke luar dari sarang seraya menari-nari untuk merayakan kebebasan mereka.
Saat itulah sang kucing tiba-tiba melepaskan tali pegangan pada tali, dan sebelum tikus-tikus itu tersadar sang kucing telah menangkap tiga ekor tikus.
Bagian yang menceritakan kecerdasan tokoh tikus pada kutipan cerita tersebut adalah ….
a. Kucing menggantungkan dirinya dengan satu kaki pada tali, dengan kepala ke bawah seolah olah dia telah mati
b. Kucing dengan lincah dapat dapat menerkam tikus-tikus yang suka berkeliaran mencari tikus-tikus.
c. Kucing selalu siap iaga dengan cakarnya menerkam tikus-tikus yang berkeliaran mencari makan.
d. Tokoh kucing mengendus-endus ingin memangsa tikus yang berkeliaran mencari makan.

Menentukan Struktur Teks dalam Kutipan Teks Cerita Fantasi

Kutipan cerita berikut yang merupakan struktur resolusi dalam cerita fantasi adalah….
a. Pak Raden mengambil cangkul yang ada di sampingnya, dan mengarahkan kepada harimau itu. Lalu tembuslah cangkul itu diperut harimau, kemudian harimau itupun mati. Setelah berhasil membunuh harimau itu, Pak Raden mengangkat bayi itu dan membawanya pulang bersamanya untuk diurus dan di angkat menjadi anaknya
b. Tiga rumah bergaya kerucut menyambut mataku. Ketika aku memandang satu persatu, ternyata rumah itu memiliki model yang sama. Hanya satu yang membedakan ketiga rumah itu, yaitu warna pintunya.
c. Alien itu berhidung mancung. Dengan hidungnya yang menjulang ia mengendus sekeliling. Sepertinya ia bingung dan mencoba mengenali tempat itu. Matanya yang sebesar biji kemiri berkedip-kedip memamerkan cahaya kehijauan.
d. Pasukan terdepan dari binatang-binatang hutan segera mengepung para serigala dengan lemparan bola api. Pasukan serigala sempat kaget tak percaya, karena korban berjatuhan di pihak mereka karena lemparan bola api. Namun pemimpin pasukan serigala kembali mengatur siasat pada posisi menyerang.

Menentukan Jenis Kata Sambung dalam Kutipan Kalimat Teks Cerita Fantasi

Kalimat berikut yang tidak menggunakan kata sambung penanda urutan waktu adalah ….
a. Tanpa diduga labu itu berisikan perhiasan emas dan berlian.
b. Farta sampai di planet Mars dan bertemu Tatao, hal itu terjadi dua tahun kemudian.
c. Akhirnya, Nataga bingung mendengar kekalahan pasukan serigala.
d. Setelah kantong ajaib terbuka Doraemon kembali ke masa lampau.

Menentukan Cara Penulisan Kalimat Langsung yang Tepat

Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah ….
a. “Mengapa engkau menangis, Cinderella”, sebuah suara lembut berbisik .
b. Ibu Peri berkata, “Pergilah cinderella, tapi kamu harus pulang sebelum tengah malam”.
c. Dengan gugup Cinderlla berkata, “saya ingin pergi pergi ke pesta, tapi mereka meninggalkan aku di sana”.
d. Sekarang saatnya kamu harus pergi Cinderella, “Bisik ibu peri”.

Menentukan Penulisan Ejaan yang Tepat dalam Kutipan Teks/Kalimat

Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat ..
a. Sekarang saatnya Bawang Putih harus pergi.
b. Setibanya di tepi pantai bawang putih mencari-cari suara ajaib itu.
c. Sang nenek berkata, “kamu hanya boleh membuka kalau sudah tiba di rumah”.
d. Bawang merah sangat terkejut melihat isi labu itu.

Penggunaan UNBK 2017 Akan Ditambah

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Mataram, H Sudenom mengatakan, jumlah sekolah pelaksana ujian nasional berbasis komputer tingkat SMP tahun ajaran 2016/2017, bertambah signifikan. "Jika tahun ini sekolah pelaksana ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP hanya enam sekolah, tahun depan direncanakan menjadi 16 sekolah," katanya kepada wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (10/11/2016).

Ia mengatakan, pertambahan signifikan sekolah pelaksana UNBK terjadi pada tingkat SMP adalah untuk SMP negeri. Pada tahun ajaran 2015/2016 hanya dua SMP negeri yang menjadi pelaksana UNBK yakni SMPN 2 Mataram dan SMPN 6 Mataram. Sedangkan empat sekolah pelaksana UNBK lainnya berasal dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Mataram, SMP Kristen Aletheia Ampenan, SMP Katolik Kesuma Cakranegara, dan SMP Kristen Tunas Daud Mataram. "Data 16 sekolah tingkat SMP yang akan menjadi pelaksana UNBK sudah ada, tapi saya tidak bisa sebut satu persatu karena datanya di kantor," kata Sudenom yang ditemui di Kantor Wali Kota Mataram.

Kendati demikian, Sudenom mengatakan, sebanyak 16 sekolah yang telah mengajukan menjadi pelaksana UNBK saat ini masih dalam tahapan kajian. Pasalnya, untuk menjadi pelaksana UNBK, sekolah harus didukung dengan kesiapan sarana, infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). "Sekolah yang telah mengusulkan diri menjadi pelaksana UNBK antara lain harus bisa menyiapkan komputer, server dan SDM," ujarnya.

Setelah pihak sekolah mampu memenuhi persyaratan itu, barulah sekolah boleh menandatangani surat pernyataan sebagai pelaksana UNBK tahun ajaran 2016/2017. Sudenom menargetkan penetapan sekolah peserta UNBK tahun ajaran 2016/2017 paling lambat Januari 2017. "Harapannya, 16 sekolah tingkat SMP yang sudah mengajukan menjadi pelaksana UNBK, bisa memenuhi berbagai syarat yang ditetapkan panitia UNBK," katanya.

Dari hasil evalusasi UNBK tahun ajaran 2015/2016, menurutnya, para siswa lebih senang melaksanakan ujian dengan menggunakan UNBK dibandingkan manual. Dengan UNBK, siswa tidak lagi menggunakan alat tulis yang membutuhkan waktu untuk melingkari jawaban yang benar, UNBK juga lebih praktis dan meminimalkan terjadinya kebocoran soal. "Tingkat integritas siswa juga lebih baik, karena masing-masing siswa memiliki soal yang berbeda-beda," tandasnya. (afr)

Sumber: okezone.om

Bahasa Indonesia Belum Digunakan dengan Baik oleh Generasi Muda

Sebagai generasi penerus bangsa, anak muda seharusnya bisa menjaga budaya serta bahasa Indonesia dengan baik. Sehingga generasi muda bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Ketua Umum Wikimedia Foundation Indonesia, Biyanto Rebin, menjelaskan bahwa anak muda masih ada yang belum benar dalam penggunaan bahasa Indonesia.
"Banyak masyarakat yang belum menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, termasuk generasi muda," ungkapnya seperti dinukil dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (11/11/2016).

Biyanto juga menyoroti bahwa penggunaan bahasa Indonesia kian memprihatinkan. "Banyak yang menuliskan ide-ide dengan struktur panjang seperti dalam bahasa Inggris. Padahal, bahasa Indonesia itu sederhana berbentuk kalimat SPOK,” imbuhnya.

Sementara itu, Inisiator dan Pengurus Kelompok Sadar Wisata Desa Nglanggeran, Gunungkidul, DIY, Sugeng Handoko, menambahkan generasi muda memiliki peran yang penting dalam pembangunan. Karena itulah, kontribusi pemuda sangat dibutuhkan.

Sumber: okezone.com

Materi Ulangan Harian Ke-2 Semester Ganjil

Kisi-kisi Soal UAS Bersama Kelas VII, VIII, dan IX SMP/MTs Kab.Tabalong Sem. Ganjil (KTSP)

Kisi-kisi Soal UAS Bersama Kelas VII, VIII, dan IX SMP/MTs Kab.Tabalong Sem. Ganjil (KTSP)--
Kelas VII:
1. Menyimpulkan isi berita (Contoh soal)
2. Menulis buku harian atau pengalaman pribadi (Contoh soal)
3. Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa (Contoh soal)
4. Menentukan watak tokoh, latar, dan isi dongeng (Contoh Soal)
5. Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun (Contoh soal)
6. Menulis pengumuman (Contoh Soal)
7. Menentukan watak, tema, dan nilai moral kutipan novel/ cerita anak (Contoh Soal)
8. Menceritakan kembali cerita anak (Contoh Soal)
9. Penjedaan dalam teks perangkat upacara (Contoh
10.Menentukan unsur-unsur berita (Contoh Soal)
11.Menulis pengalaman pribadi



Kelas VIII:
1. Menanggapi laporan, menyusun laporan Contoh soal
2. Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku (Contoh Soal)
3. Menulis surat dinas dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa (Contoh Soal)
4. Menentukan jalur efektif yg ditempuh dalam denah (Contoh Soal)
5. Berwawancara (Contoh Soal)
6. Menyimpulkan bacaan (Contoh Soal)
7. Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat Contoh soal
8. Menulis drama Contoh soal
9. Menentukan suasana, pemeranan drama Contoh soal
10.Menentukan sudut pandang, amanat, nilai tradisi, isi, dan pesan novel (Contoh Soal)
11.Membaca kutipan ensiklopedi
12.Menulis sinopsis novel
13.Perubahan makna ameliorasi, perluasan makna, sinestesia, kata sapaan, kata ganti, kata seru, kalimat aktif
14.Pola kalimat, fungsi kalimat, makna imbuhan peN-an, ke-an, ter-, kalimat dengan keterangan alat

KELAS IX
1. Menentukan isi, amanat, jenis rima dalam kutipan puisi (Contoh Soal)
2. Menentukan citraan puisi (Contoh Soal)
3. Menentukan tema, simpulan dialog interaktif
4. Menanggapi isi paragraf (Contoh Soal)
5. Menentukan isi, topik, dan simpulan laporan (Contoh Soal)
6. Menulis iklan baris (Contoh Soal)
7. Memahami bacaan
8. Menentukan nilai moral, tema, sudut pandang, dan sifat tokoh cerpen
9. Menentukan fakta dan opini kutipan iklan (Contoh Soal)
10. Mengkritik dan memuji hasil karya seni/ produk
11. Menentukan tema dan pesan syair
12. Menulis resensi (Contoh Soal)
13. Memberikan komentar terhadap narasumber
14. Menyunting ejaan
15. Makna imbuhan ter-, memper-, dan se-
16. Perluasan makna, perubahan makna sinestesia, spesialisasi, asosiasi
17. Penggunaan kata “yang”

Selamat belajar.....

Menyusun Teks Cerita Fantasi yang Acak

Cermati ilustrasi berikut!
1) Tikus lapar menemukan keranjang yang penuh jagung.
2) Tikus masuk ke dalam keranjang melalui celah sempit.
3) Tikus makan jagung dengan sangat rakus hingga perutnya tiga kali lebih besar.
4) Tikus tidak dapat keluar dari keranjang dan mengerang-erang minta tolong.
5) Seekor musang lewat dan mengetahui kejadian yang menimpa tikus.
6) Musang menyatakan jika tikus akan keluar harus menunggu badannya kempes seperti semula.

Buatlah cerita fantasi berdasarkan ilustrasi tersebut …
a. Seekor tikus lapar menemukan sebuah keranjang yang penuh jagung. Ia masuk ke dalam keranjang keranjang melalui celah sempit. Jagung itu dimakannya dengan rakus sampai perutnya tiga kali lipat besarnya. Tikus itu tidak dapat keluar dari keranjang jagung. . Ia mengerang-ngerang minta tolong ke luar. Muncullah musang dan mengatakan paada tikus, jika mau keluar harus menunggu sampai perutnya kemps seperti semula.
b. Seekor tikus rakus menemukan sekeranjang jagung. Ia melahap jagung hingga puas dan kekenyangan. Akibatnya perutnya berubah menjadi tiga kali lipat. Ia tidak bias keluar karena celah dalam keranjang terlalu sempit. Tidak lama kemudian musang lewat. Ia merasa iba melihat kejadian itu. Kemudian, musang menolong tikus yang malang itu.
c. Ada sekeranjang jagung di suatu tempat. Seekor tikus sangat gembira karena mendapatkan banyak makanan. Ia ingin segera makan jagung itu. Akan tetapi celah keranjang itu sempit. Tikus dengan susah payah berusaha masuk dalam keranjang. Ia kekenyangan menyantap jagung itu. Tiba-tiba musang dating dan melihat tikus dengan rakus makan jagung itu.
d. Ada sekeranjang jagung makanan kesukaan tikus. Tikus telah memakannya dengan rakus. Perut tikus menjadi tiga kali lipat besarnya. Ia meminta tolong kepada musang yang sedang lewat. Musang segera menolong sahabatnya itu. Jagung itu masih tersisa banyak. Musang lalu memakan jagung itu hingga kenyang.

Unduh (Download) Perangkat Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs

Unduh (Download) Perangkat Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs-- Kemendikbud telah menetapkan bahwa Kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap, baik jenjang maupun sekolah.
Seperti kita tahu bahwa Pada kurikulum 2013 ini, perangkat-perangkat pembelajaran yang dibutuhkan telah dipersiapkan oleh pemerintah, seperti silabus, KI dan KD sementara penyusunan RPP masih menjadi kewajiban guru.

Berikut tautan unduhannya:
-Program Tahunan
-Rincian Minggu Efektif Semester 1 (Ganjil)
-Program Semester (Sem. Ganjil) TP 2016/2017)

Contoh RPP bagus:
-Kelas VIII Teks Cerita Fabel
Beberapa RPP yang perlu perbaikan:
- RPP Kelas VII Teks Deskripsi

Buku teks:
-Buku Pegangan Guru
-Buku Pegangan Siswa

Menentukan Kalimat Imperatif, Deklaratif, Interogatif, ataupun Berita dalam Kutipan Teks Prosedur

Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran !
Pernyataan tersebut merupakan kalimat ....
a. imperatif
b. deklaratif
c.interogatif
d. berita

Menyusun Teks Prosedur yang Acak

1. Perhatikan teks prosedur berikut ini!
1) Menyiram dengan air secukupnya.
2) Membungkus tanah yang telahditempelkan dengan menggunakanSabut atau plastik.
3) Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.
4) Membungkus tanah keratan bagian atas dengan tanah yang subur.
5) Memilih tangkai yang sehat dan tegak.
Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman di atas yang tepat adalah ....
a. 5-3-4-2-1
b. 5-1-3-4-2
c. 1-3-4-2-5
d. 1-5-3-4-2

2. Perhatikan kalimat-kalimat teks prosedur acak berikut!
Teks Prosedur Membuat Rendang
1) Setelah semua bumbu dimasukkan, aduk merata dan tunggu sampai santan mendidih serta mengeluarkan minyak.
2) Pertama-tama, potong dan gepreklah daging sapi yang telah dicuci.
3) Ungkeplah daging sapi yang telah digeprek dengan bumbu yang telah dihaluskan sampai beruap dan daging ungkep kering.
4) Setelah diungkep, masukkan santan kental, merica bubuk, sereh, asam kandis, bunga pekak, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, garam, dan gula pasir.
5) Aduk-aduk terus sampai serundeng menyatu dengan daging sampai berubah warna dan mengering, lalu sajikan.
6) Setelah santan mengeluarkan minyak, kecilkan api dan masukkan bahan pelengkap Kelapa serundeng yang sudah disangrai.
7) Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, dan lengkuas.

Urutan tepat teks prosedur membuat rendang tersebut adalah...
a. 2,,4,7,3,6,1,5
b. 2,3,1,4,7,5,6
c. 2,5,1,4,6,7,3
d. 2,7,3,4,1,6,5

3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. masukan buah mangga kedalam blender
2. nyalakan blender dan tunggu hingaa seluruhna tercampur
3. setelah selesai mtikan blender dan tuang jus kedalam gelas
4. Siapkan blender
5. Jus mangga siap dihidangkan
6. masukan air dan es batu juga gula secukupna
Urutan tepat prosedur membuat jus mangga adalah ….
a. 1,2,5,3,4,6
b. 4,6,2,1,3,5
c. 4,1,6,2,3,5
d. 4,2,3,1,6,5

Menentukan Struktur Teks dalam Kutipan Teks Prosedur

Perhatikan wacana berikut dengan seksama !

Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.
Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.
Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

Kutipan teks tersebut terdapat struktur ....
a. Langkah-langkah
b. Tujuan
c. Latar belakang
d. kesimpulan

Menentukan Bagian yang Menunjukkan Tujuan dalam Kutipan Teks Prosedur

Perhatikan wacana berikut dengan seksama !

Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.
Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.
Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

Tujuan dalam teks prosedur tersebut adalah ....
a. untuk mengetahui teknik membaca puisi di atas pentas.
b. untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik.
c. untuk mengembangkan secara kreatif sebuah puisi.
d. untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas.

Menentukan Isi Kutipan Teks Prosedur

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Beberapa cerpen karangan Seno Gumira Ajidarma menggunakan pola dongeng. Pada dongeng tampak jelas pada peristiwa yang muncul, berkisar pada hal-hal yang bersifat khayal dan luar biasa. Penanda lainnya adalah pada awal cerpen selalu ditandai oleh seorang tokoh lain bercerita kepadanya tentang tema tertentu, kemudian juru cerita mulai mendongeng sesuai dengan tema yang diminta. Cerpen selalu diawali dengan pembuka yang mirip awal dongeng untuk anak-anak misalnya, “ Pada suatu hari .... “

Teks tersebut terdapat langkah-langkah prosedur kompleks tentang ....
a. cara menulis cerpen dengan metode dongeng.
b. cara menulis cerpen dengan metode jelas.
c. cara menciptakan cerpen yang baik.
d. cara menilai cerpen dari sudut dongeng.

Menentukan Kalimat Pasif atau Aktif dalam Kutipan Teks Prosedur

Perhatikan kalimat-kalimat teks prosedur acak berikut!

Teks Prosedur Membuat Rendang
1) Setelah semua bumbu dimasukkan, aduk merata dan tunggu sampai santan mendidih serta mengeluarkan minyak.
2) Pertama-tama, potong dan gepreklah daging sapi yang telah dicuci.
3) Ungkeplah daging sapi yang telah digeprek dengan bumbu yang telah dihaluskan sampai beruap dan daging ungkep kering.
4) Setelah diungkep, masukkan santan kental, merica bubuk, sereh, asam kandis, bunga pekak, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, garam, dan gula pasir.
5) Aduk-aduk terus sampai serundeng menyatu dengan daging sampai berubah warnadan mengering, lalu sajikan.
6) Setelah santan mengeluarkan minyak, kecilkan api dan masukkan bahan pelengkap
Kelapa serundeng yang sudah disangrai.
7) Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, dan lengkuas.

Dari teks prosedur acak di atas, yang merupakan kalimat pasif pada nomor...
a. 1,3,4
b. 1,5,6
c. 2,5,7
d. 3,4,6

Menentukan Kalimat yang Menggunakan Keterangan Cara dalam Teks Prosedur

Pernyataan di bawah ini yang merupakan keterangan cara...
a. Cucilah sayur dengan bersih.
b. Kupas dengan pisau tajam
c. Masukkan garam dengan gula.
d. Nyalakan kompor dengan korek api.

Menentukan Kalimat yang Menggunakan Kata Berakhiran -kan

Setelah santan mengeluarkan minyak, dikecilkan api dan masukkan bahan pelengkap kelapa serundeng yang sudah disangrai dan dikeringkan.

Yang termasuk kata berakhiran -kan pada kalimat di atas adalaha....
a. masukkan
b. dikecilkan
c. mengeluarkan
d. dikeringkan

Menentukan Kalimat yang Merupakan Saran dalam Kutipan Kalimat Teks Prosedur

Pernyataan di bawah ini yang merupakan saran adalah ...
a. Akan lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan hangat
b. Masukkan mie
c. Tambahkan dengan bumbu.
d. Rebus air sampai mendidih,

Menentukan Kalimat/Paragraf yang Merupakan Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini yang merupakan teks laporan hasil observasi adalah….
a. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
b. Dengan tergesa Meza menuju perpustakaan sekolahnya. Tugas dari guru Bahasa Indonesia harus dikumpulkan siang nanti jam ke 7. Padahal dia belum membaca sama sekali buku biografi yang ditugaskan. Perpustakaan masih sepi ketika Meza memasuki perpustakaan
c. Kucingku sangat lucu. Bulunya yang putih lebat membuatnya semakin menggemaskan. Ketika ia ingin makan ia selalu menari-nari dihadapanku
d. Buatlah lubang dengan cara melubangi tanah dengan diameter 10-30 cm dan kedalaman 80-100 cm menggunakan linggis, bamboo, atau alat pengebor biopori.
Daftar Isi Blog ringkasan materi pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, contoh soal, hasil belajar siswa, dan info pendidikan. Copas ke blog lain? Cantumkan link sumber!