Pengertian (Definisi) dan Jenis (Macam) Cerita Fantasi

Update: Sesuai Permen No.24 Tahun 2016, Teks Cerita Fantasi berubah menjadi Teks Narasi, lihat di KD Kelas 7 Kurikulum 2013
Cerita fantasi adalah cerita fiksi bergenre fantasi (dunia imajinatif yang diciptakan penulis). Pada cerita fantasi hal yang tidak mungkin dijadikan biasa. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia nyata. Tema fantasi adalah majik, supernatural, atau futuristik.

Jenis Cerita Fantasi

Cerita Fantasi Total dan Irisan
Jenis cerita fantasi berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata ada dua kategori fantasi total dan fantasi sebagian (irisan).

Pertama, kategori cerita fantasi total berisi fantasi pengarang terhadap objek/ tertentu. Pada cerita kategori ini semua yang terdapat pada cerita semua tidak terjadi dalam dunia nyata. Misalnya, cerita fantasi Nagata itu total fantasi penulis. Jadi nama orang, nama objek, nama kota benar-benar rekaan pengarang.

Kedua, cerita fantasi irisan yaitu cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata, menggunakan nama tempat yang ada dalam dunia nyata, atau peristiwa pernah terjadi pada dunia nyata.

Cerita fantasi Sezaman dan Lintas Waktu

Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi dua kategori yaitu latar lintas waktu dan latar waktu sezaman.
Latar sezaman berarti latar yang digunakan satu masa (fantasi masa kini, fantasi masa lampau, atau fantasi masa yang akan datang/ futuristik).
Latar lintas waktu berarti cerita fantasi menggunakan dua latar waktu yang berbeda (misalnya, masa kini dengan zaman prasejarah, masa kini dan 40 tahun mendatang/ futuristik) .

Ciri-ciri dan Struktur Teks Deskripsi, Teks Cerita Fantasi, Teks Prosedur, dan Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

Ciri-ciri Teks Deskripsi, Teks Cerita Fantasi, Teks Prosedur, dan Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)
Setelah direvisi, Kurikulum 2013 diimplementasikan secara bertahap mulai Tahun pelajaran baru 2015/2016 lalu dan akan berlaku secara nasional pada Tahun Pelajaran 2018/2019 nanti. Saya bagikan sedikit pemahaman saya untuk rekan guru maupun siswa tentang materi Kelas VII yaitu bagaimana membedakan teks deskripsi, teks cerita fantasi, teks prosedur, dan teks laporan hasil observasi.

Ciri-ciri Teks Deskripsi:
1. Strukturnya terdiri atas: - Identifikasi/gambaran umum, Deskripsi bagian, Simpulan/kesan.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual), bisa bersifat ilmiah maupun non-ilmiah.
3. Faktualnya berisi gambaran sesuatu secara rinci.
4. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, dan dapat dikembangkan dengan tambahan imajinasi.

Ciri-ciri Teks Cerita Fantasi:
1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Komplikasi, Resolusi.
2. Memuat cerita yang mengungkapkan hal-hal supranatural/ kemisteriusan, keghaiban
yang tidak ditemui dalam dunia nyata.
3. Merupakan karangan fiksi/ fantasi.
4. Sumber karangan diperoleh dari hasil imajinasi/ khayalan penulis.
5. Hal yang tidak mungkin dijadikan biasa.
6. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia nyata.
7. Temanya seputar majik, supernatural, atau futuristik.
8. Bahasa yang digunakan variatif, ekspresif, dan menggunakan ragam percakapan (bukan bahasa formal).

Ciri-ciri Teks Prosedur:
1. Strukturnya terdiri atas: Bagian pendahuluan (pernyataan tujuan), Alat dan bahan yang digunakan, Langkah-langkah, Bentuk Penyajian Langkah, Kesimpulan.
2. Memuat informasi tentang cara membuat, menggunakan, atau memakai sesuatu.
3. Ciri bahasa: Menggunakan kata bersinonim-antonim, kata bilangan, dan kalimat perintah.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi:
1. Strukturnya terdiri atas: Pernyataan umum/klasifikasi umum/definisi umum, Deskripsi bagian, Simpulan.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya berdasarkan hasil penelitian/ pengamatan yang telah dilakukan.

Parah! Minat Baca Indonesia Rendah Sekali

Peringkat minat baca Indonesia dalam data World's Most Literate Nations berada di urutan 60 dari 61 negara. Peringkat tersebut merupakan hasil penelitian dari Central Connecticut State University tahun 2016.

Selain itu, pada tahun 2012 Unesco melansir index tingkat membaca orang Indonesia yang hanya 0,001. Itu artinya, dari 1.000 penduduk, hanya ada 1 orang yang mau membaca buku dengan serius.

Menyikapi hal tersebut, anggota Komisi X DPR, Abdul Fikri menyatakan prihatin dengan peringkat minat baca atau literasi masyarakat Indonesia. "Malu, Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara yang diteliti," kata Fikri, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (8/6).

Membangun budaya baca lanjutnya, tidak dapat dipisahkan dari buku dan pepustakaan. Karena itu, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengkritisi rencana pemotongan anggaran Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) pada tahun anggaran 2016 dari Rp 701 miliar, menjadi Rp 612 miliar.
"Perpustakaan itu bagian dari pendidikan. Fungsi pendidikan itu tidak bisa ditawar dengan cara memotong anggarannya," ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah IX ini.

Terpisah, anggota Komisi X DPR Muslim juga mengaku prihatin dengan peringkat literasi Indonesia dan dipotongnya anggaran perpustakaan nasional. "Kami sangat prihatin dengan pemotongan anggaran ini ketika peringkat literasi Indonesia anjlok," pungkas politikus Partai Demokrat ini.

jpnn.com

Kemendikbud Luncurkan Apresiasi Film Indonesia 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film), menggandeng Badan Perfilman Indonesia (BPI) serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk meluncurkan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016.

Launching AFI 2016 ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Mendikbud Anies Baswedan dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di kantor Kemendikbud, Jumat (10/6) pagi.

Dalam launching tersebut juga sekaligus mengukuhkan Kota Manado sebagai tempat diselenggarakannya AFI 2016, pada Oktober mendatang.

Nah, di sela peluncuran AFI 2016, juga diperkenalkan Ketua Pelaksana AFI 2016, Donny Damara. Terpilihnya Donny tidak terlepas dari pengalaman aktor senior tersebut, yang telah malang melintang di industri perfilman tanah air.

Sejumlah penghargaan sebagai aktor terbaik dalam berbagai festival film bergengsi baik skala nasional maupun internasional telah diraih selama perjalanan kariernya.
"Apresiasi Film Indonesia memiliki positioning tersendiri. Karena kriteria penilaiannya tidak semata-mata berdasarkan kualitas teknis sebuah film serta perolehan jumlah penonton. Namun juga ke value atau nilai inspiratif yang terkandung di dalamnya," ujar Donny.

Sementara Menteri Anies berharap, AFI 2016 menjadi ajang membanggakan buat bangsa Indonesia, khususnya insan perfilman. "Masyarakat Indonesia pada umumnya, serta warga Sulawesi Utara khususnya, bisa menyaksikan lebih dekat karya-karya Anak Bangsa. Dengan AFI, mari kembalikan rasa percaya diri bangsa Indonesia, terutama di dunia perfilman," tandas Anies.

jpnn.com

Guru SMA/SMK Dibekali Pemahaman Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus menggalakkan program pencegahan paham radikal terorisme di berbagai elemen masyarakat, khususnya pelajar dan generasi muda.

Hal itu dilakukan untuk meredam gencarnya propaganda paham radikal terorisme baik melalui cara-cara konvensional maupun dunia maya. Kali ini BNPT mengumpulkan 1000 lebih guru dan pelajar SMA/SMK, serta Rohis dalam Dialog Pencegahan Paham Radikal Terorisme dan ISIS di Kalangan Guru dan Rohis SMA/SMK Dan Sederajat se-Jabodetabek di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Kegiatan ini dibuka oleh Sestama BNPT Mayjen TNI R Gautama Wiranegara.
"Propaganda paham radikalisme sudah sangat mengkhawatirkan. Karena itu BNPT hari ini menggandeng para guru dan Rohis SMA Sederajat Se-Jabodetabek sebagai upaya membentengi generasi muda dari penyebaran paham-paham negatif ini," ujar Gautama.

Hadir juga dalam dialog itu anggota Komisi III DPR RI Ahmad Basarah. Dalam paparannya, Ahmad Basarah menegaskan bahwa individualisme, sekularisme, kapitalisme, liberalisme dan isme-isme lainnya merupakan musuh utama bangsa Indonesia.

Isme-isme ini masuk ke negara kita atas nama berbagai isu, demokrasi, HAM , lingkungan hidup, kebebasan dan lain-lain. Ironisnya karena isme-isme ini memiliki agen-agen di Indonesia yang setiap saat melakukan propaganda di tengah-tengah masyarakat kita melalui berbagai cara.

"Munculnya paham komunisme, paham radikalisme dan terorisme, paham khilafah dan lain-lain sebagainya bertujuan untuk menghancurkan negara yang kita cintai ini. Mereka menginginkan kita hidup terkotak-kotak dan saling bermusuhan sebagaimana yang kita saksikan saat ini di beberapa negara Timur Tengah,” kata Basarah.

“Perbedaan mazhab, fanatisme, radikalisme, telah berkumpul semuanya dan berkecamuk antara satu dengan yang lain sehingga menimbulkan konflik yang tiada akhir. Korbannya adalah anak-anak dan mereka yang tak berdosa. Ini tentu tidak diinginkan terjadi di negeri yang kita cintai dan kita tidak rela jika anak-anak kita nantinya hidup dalam konflik," papar Basarah.

Menurutnya, Indonesia memiliki falsafah negara yaitu Pancasila yang lebih unggul dari paham isme-isme lainnya yang berkembang di dunia barat. Pancasila memiliki nilai-nilai yang sangat tinggi mulai sila pertama hingga sila kelima semuanya mencakup aspek kehidupan umat manusia.

Oleh karena itu, sejatinya mempertahankan dan membela mati-matian falsafah negara kita sama dengan mempertahankan NKRI.

Dialog itu juga menampilkan beberapa narasumber lainnya antara lain Deputi I BNPT Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir, Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. Drs. Hamidin, Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH. DR. Zakky Mubarak, MA, Guru Besar Sosiologi Agama UIN Syarif Hidayatullah Prof. Dr. Bambang Pranowo, MA, mantan teroris Abdurrahman Ayyub dan Ali Fauzi Manzi, serta korban bom Marriot, Tony Sumarno.

jpnn.com

1 Oktober, Guru SMA Berubah jadi PNS Provinsi

Terhitung MULAI 1 Oktober 2016, status 232 guru SMA sederajat di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, berubah menjadi PNS provinsi. Perubahan status kepegawaian dimaksud sesuai peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2016.

Bupati Kepulauan Sitaro Toni Supit belum lama ini mengakui masih kurang siap dengan adanya pengalihan status kepegawaian seperti ini.
“Ya mau bagaimana lagi, keputusannya sudah seperti itu. Otomatis pegawai yang ada di Sitaro makin berkurang. Jujur saja kami masih belum siap dengan keputusan ini,” bebernya.

Dikatakan, dengan perubahan ini, nantinya masalah mengenai uang sekolah siswa SMA/SMK menjadi tanggungan Pemprov Sulut. Selama ini, di Sulut hanya Kabupaten Kepulauan Sitaro yang memberikan biaya sekolah gratis untuk semua tingkatan.
“Tinggal melihat kebijakan Pak Gubernur ke depannya seperti apa. Karena sejauh ini hanya Kabupaten Kepulauan Sitaro yang menggratiskan biaya sekolah untuk semua tingkatan pendidikan. Tapi jika sudah dialihkan, mudah-mudahan bisa gratis seperti Sitaro juga,” tambah Supit.

Kepala BKDD Sitaro Drs Hans Kalangit MSi mengatakan, pegawai Sitaro akan berkurang karena kebijakan ini. “Jadi tahun ini ada beberapa pengalihan status PNS yang akan dialihkan ke provinsi dan kementerian. Yakni status pendidik dan tenaga kependidikan tingkat SMA/SMK akan dialihkan ke provinsi serta Badan Kesbangpol ke kementerian menjadi vertikal,” terang Kalangit.

jpnn.com

Ini Dia Data dan Daerah Peraih Indeks Integritas UN SMP/MTs Tertinggi 2016

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswesan‎ mengaku gembira dengan perkembangan indeks integritas UN SMP/MTs. Tahun ini peningkatannya cukup signifikan dibanding 2015.
"Saya mengapresiasi daerah yang menunjukkan peningkatan integritas dalam penyelenggaraan UN‎ SMP/MTs tahun ini," kata Mendikbud dalam konpres, Jumat (10/6).

Dia menyebutkan, daerah dengan kenaikan IIUN tertinggi adalah Sulawesi Barat, Sumatera Selatan di peringkat kedua, diikuti Sulawesi Utara, Aceh, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Sumatera Utara.

Sedangkan daerah dengan nilai IIUN tertinggi tahun ini adalah DI Yogyakarta, diikuti oleh DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau. Nilai rerata nasional UN 2016 adalah sebesar 58,57 untuk SMP, 59,06 untuk MTs, dan untuk 48,36 SMP Terbuka.

Dengan meningkatnya nilai IIUN, lanjut Anies, tingkat kejujuran naik, maka nilai yang keluar adalah lebih akurat mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya.

Ke depan, soal UN mendatang akan lebih dititikberatkan pada kemampuan penalaran dan analisa. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan penalaran, dan analisa.
"Kemampuan menalar dan menganalisa sangat diperlukan pada masa mendatang mengingat kecenderungan dunia yang lebih kompleks dan kompetitif,” jelas Mendikbud.

Data Indeks Integritas UN
UN SMP tahun 2016 diikuti 4.372.872 siswa dan 60.067 satuan pendidikan. Sebanyak 72 persen sekolah mengalami peningkatan IIUN dibandingkan tahun lalu.

Terdapat kenaikan jumlah sekolah yang memiliki IIUN di atas 80, yaitu sebanyak 23.634 sekolah atau setara 44,03 persen. Tercatat, pada 2015 terdapat 12.039 sekolah yang memiliki nilai IIUN di atas 80 atau sebesar 23,44 persen.

Mendikbud Anies Baswedan mengungkapkan kenaikan rerata nilai IIUN menunjukkan semakin jujurnya penyelenggaraan UN.
"Dengan semakin jujurnya UN, maka diharapkan hasil UN makin tepat memetakan capaian pendidikan sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengoptimalkan pembinaan sekolah secara lebih baik," ujar Anies, saat Konferensi Pers Hasil UN SMP, di Kantor Kemendikbud, Jumat (10/6).

‎jpnn.com

Inilah Peraih Nilai UN Tertinggi MTs se-Kalsel 2016

Kalimat syukur pun meluncur di mulut Aldin Akbar Rahmatullah atau akrab disapa Aldin (15) ketika disambangi Bpost Online di kediamannya di Komplek BPI Sungai Ulin Banjarbaru Utara, Jumat (10/6) siang.

Betapa tidak, Aldin yang semula mendekti dirinya sebagai siswa biasa ternyata malah meraih nilai tertinggi ujian nasional tingkat Madrasah Tsanawiyah se Kalsel.
"Alhamdulillah, sebelumnya saya juga sempat membaca di Bpost Online tadi ka," ungkap Aldin kepada koran ini.

Informasi didapat siswa kelas tiga di Mtsn Model Martapura itu meraih nilai tertinggi se Kalsel yakni 374,5 dengan torehan rincian nilai Bahasa Indonesia 98,0, Bahasa Inggris 84,0, Matematika 95,0 dan IPA 97,5.

Tak hanya itu, peraih nilai tertinggi tingkat Madrasah Tsanawiyah se Kalsel tersebut rupanya merupakan anak kembar pasangan suami istri, Mesiman Waegiso dan Sri Oetami.

Kendati saudara kembar Aldin, Alvin Akbar Rahmatullah tak seperingkat dengan Aldin. Namun nilai torehan ujian nasional Alvin tak kalah bagus seperti saudara kembarnya yakni 308,0.

Sedangkan Kepala Sekolah Mtsn Model Martapura, Abdullah mengaku sangat senang siswanya meraih nilai tertinggi ujian nasional tingkat Tsanawiyah se Kalsel.

Prestasi tersebut menurutnya bukan kali pertama ditorehkan siswa-siswinya. Melainkan sudah berkali-kali bahkan dua tahun terakhir yang lalu.
" Seiring itu pula, siswa yang bersangkutan kerap mendapatkan reward uang tunai sebesar Rp 21 juta dari Pemprov Kalsel. Tapi berkenaan dengan kepala daerah yang baru, saya belum berani siswa bersangkutan memperoleh hal serupa. Meskipun hal itu merupakan salah satu motivasi siswa meraih prestasi," terangnya.

Baca di http://banjarmasin.tribunnews.com

Inilah Peraih Nilai UN SMP Tertinggi se-Kalsel 2016

Bupati Arifin Arpan berfoto bersama Ananda Yuri Altahaf, siswi peraih nilai tertinggi UN SMP se-Kalsel dan orangtuanya.
Eneng –demikian Ananda Yuri Altahaf yang kelahiran Bogor 25 Februari 2001 itu akrab disapa – meraih nilai tertinggi UN tingkat SMP se- Kalsel. Nilai UN yang diraih Eneng 38,15, dari mata empat mata pelajaran yang diujikan. Berarti, kalau dirata-ratakan nilai yang dirai Eneng nyaris sempurna yaitu 9 lebih. Khusus Pelajaran Bahasa Inggiris, dia meraih angka 100.

Selain Eneng, nilai 100 juga diraih Cindy Sugiarto, siswa kelas IX SMP Kanaan Banjarmasin yang menempati terbaik kedua nilai UN. Cindy meraih nilai 100 untuk mata pelajaran Matematika.

Kedua orangtua Eneng, Yumanto dan Rosaria Sari meneteskan air mata mengetahui anak tercintanya meraih nilai tertinggi se Kalsel.
"Ulun kada menduga bisa meraih nilai terbaik se Kalsel," tutur Eneng.

Sejatinya, pengumuman resmi hasil UN SMP dan kelulusan siswa baru dilaksanakan serentak di masing-masing sekolah pada Sabtu (11/6). Pada Rabu (8/6) Disdik Kalsel baru menyerahkan nilai ke Disdik kabupaten dan kota untuk diserahkan lagi ke sekolah-sekolah. Namun, BPost mendapat bocoran nama siswa peraih nilai UN terbaik. Hanya sebatas itu. Sedangkan kelulusan ditentukan oleh sekolah masing-masing dengan komponen nilai yang telah ditetapkan.

Secara umum, nilai UN SMP terbaik tak lagi dominasi Banjarmasin dan Banjarbaru. Kabupaten Tapin mampu menempatkan tiga wakilnya dalam 11 nilai UN SMP terbaik se-Kalsel.

Bahkan, peringkat pertama diraih siswi SMPN 1 Rantau atas nama Ananda Yuri Althaf. Selain itu, dari 11 peraih nilai UN SMP terbaik, ada tiga wakil dari Tapin, semuanya dari SMPN 1 Rantau. Sisannya diraih dari Banjarmasin dan Banjarbaru.

H Juwaini, Kadisdik Tapin mengaku kaget siswa di daerahnya peraih UN SMP terbaik se Kalsel, dan ada dua siswa masuk dalam 10 besar. Terkait penghargaan untuk siswa berprestasi, akan nanti disampaikan ke bupati.
“Saya yakin pasti ada reward dari Pemkab Tapin. Saya benar-benar belum tahu seandainya tidak diberitahu. Mudahan benar-benar Tapin yang tertinggi se-Kalsel,” ujarnya.

Baca di banjarmasin.tribunnews.com

Ciri-ciri dan Struktur Teks Berita, Teks Iklan, Slogan, atau Poster, Teks Eksposisi, Teks Puisi, Teks Ekplanasi, Teks Ulasan, Teks Persuasi, dan Teks Drama

Ciri-ciri Teks Deskripsi, Teks Cerita Fantasi, Teks Prosedur, dan Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)
Setelah direvisi, Kurikulum 2013 diimplementasikan secara bertahap mulai Tahun pelajaran baru 2015/2016 lalu dan akan berlaku secara nasional pada Tahun Pelajaran 2018/2019 nanti. Saya bagikan sedikit pemahaman saya untuk rekan guru maupun siswa tentang materi Kelas VIII yaitu bagaimana membedakan Teks Berita, Teks Iklan, Slogan, atau Poster, Teks Eksposisi, Teks Puisi, Teks Ekplanasi, Teks Ulasan, Teks Persuasi, dan Teks Drama.

Ciri-ciri Teks Berita:
Teks berita adalah teks yang berisi kabar/ peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Ciri-ciri Teks Iklan, Slogan, atau Poster:
1. Pengertian: Iklan adalah berita pesanan untuk membujuk khalayak ramai membeli/memakai produk/jasa yang ditawarkan. Iklan biasa dipasang di tempat-tempat umum dan media massa (cetak maupun elektronik).
2. Ciri: kalimatnyah singkat, padat, dan sugestif. Yang dimaksud sugestif adalah bersifat menyadarkan, mempengaruhi.

Ciri-ciri Teks Eksposisi:
1. Strukturnya terdiri atas: Pembukaan (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Memuat informasi tentang fakta dengan argumen dan contoh-contoh.
4. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, atau pengalaman.

Ciri-ciri Teks Puisi:

Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. (Bagian interpretasi sifatnya opsional, boleh ada boleh tidak ada)
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Ciri-ciri Teks Ulasan:
1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
2. Memuat informasi berdasarkan pandangan/ opini penulis terhadap suatu karya/ produk.
3. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
4. Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Ciri-ciri Teks Persuasi:

Ciri-ciri Teks Drama:

Ciri-ciri dan Struktur Teks Deskripsi, Teks Cerita Fantasi, Teks Prosedur, dan Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)
.

Alumni SMPN 2 Tanta Tahun 2016

  1. ADAS NORAINI
  2. AKHMAD BAHRANI
  3. ALDIANSYAH
  4. ALFRED JOEJOE
  5. ANISA SRI RAHAYU
  6. ANNISA
  7. ANNISA AYUNI
  8. ATY YANG MEIY
  9. DESY YANTI
  10. DEVI YANTI
  11. DEVI YUSTINA
  12. DIDI RAHMAN
  13. DINDA MEILINDA INUNG
  14. DINI SEPTIA
  15. FILMON
  16. INDAH F.
  17. LAURA OKSIN KAWALO
  18. LISA DEWI
  19. M. SYAHYUDA
  20. MAHRITA
  21. MILENIA F.
  22. NICO H.
  23. NOR HIKMAH
  24. PATIMAH
  25. PUTRI INDAH
  26. RAMADANI
  27. RATNA DELLA
  28. RIKA AKANA
  29. ROBBY
  30. RONY EKAT K.
  31. SEPRIANTO EDY
  32. SYAHRIADI
  33. SYNTIA PIRENI
  34. VANSIANUS JAMPUR
  35. VINTALELO HAWINI
  36. WINIE KATRIANI
  37. YEREMIA HAWIANO

Alumni SMPN 2 Muara Uya Tahun 2016

Berikut alumni SMPN 2 Muara Uya Tahun 2016:
  1. AFRIZAL AJI PRATAMA
  2. AHMAD ZAID ALFARIZI
  3. AMOS JAYA ADIE SITINJAK
  4. ANDRES YUSIA
  5. ARIYANDIKA
  6. ASTRIANA SINULINGGA
  7. EGO BAYU ASYARI
  8. HAIRUDIN AKBAR
  9. HANIA MEGA
  10. JUWITA ANGGRAINI
  11. KURNIA DEWANTI
  12. NOOR AGUS
  13. NOR SAFITRI
  14. NURUL AMALIA
  15. SYAHRIL HIDAYATULLAH
  16. WAHYU WARDIYANSYAH
  17. YULIANTI

Foto saat belajar:

Sinopsis Sinetron Ramadan 2016: Para Pencari Tuhan (PPT) Jilid 10

Sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 10 akan menemani pemirsa setiap hari mulai Senin (6/6) pukul 03.00 WIB. Pada jilid ke-10 ini, dikisahkan Bang Jack (Deddy Mizwar) merasa sudah terlalu tua untuk memikirkan dunia hingga membuatnya semakin khusuk dalam menjalankan ibadah. Namun keseriusan ibadahnya mulai terusik sejak kehadiran Dewi (Inneke Koesherawati).

Sementara itu, kecemburuan justru menghinggapi perasaan Aya (Zaskia Adya Mecca) kepada Azam (Agus Kuncoro), suaminya. Cerita terus bergulir lebih menarik dengan kehadiran-kehadiran beberapa tokoh baru dan berbagai pelajaran kehidupan yang penuh makna. Dengan formasi lengkap, Para Pencari Tuhan Jilid 10 akan lebih menarik (Baca: Sinopsis lengkap PPT Jilid 10).

"Di tahun ke 10 Para Pencari Tuhan menjadi sederhana, dengan kesederhanaan itu terdapat kerumitan di sinetron ini " ungkap Agus Kuncoro, selaku penulis naskahnya.

Grup band GIGI kembali dipercaya mengisi original soundtrack (OST) sinetron Ramadan "Para Pencari Tuhan Jilid 10". Ini merupakan pencapaian tersendiri bagi Armand Maulana Cs yang telah menyumbangkan sekitar delapan lagu selama 10 tahun PPT berjalan.

Selama 10 hari penggarapan lagu di studio musik, akhirnya terciptalah lagu "Gerbang Rahmat-Mu" sebagai OST PPT Jilid 10. Berbeda dengan OST sebelumnya, Armand diminta menuliskan lirik dan tema secara global.
"Liriknya brain storming dari Bang Deddy. Kami tanya ceritanya apa di PPT ini. Kalau dulu kan lagu "Amnesia" cerita orang yang siang ibadah, malamnya korupsi. Nah, kali ini mohon ampun kepada Tuhan, lebih global saja," ucap Armand Maulana.

Dalam lagu "Gerbang Rahmat-Mu", Armand coba menuliskan lirik tentang rahmat Tuhan yang Maha Luas. GIGI berharap lagu "Gerbang Rahmat-Mu" bisa mewakili cerita PPT secara keseluruhan dan diterima baik.
"Lagu "Gerbang Rahmat-Mu" ini bersangkutan dengan Tuhan yang Maha Segalanya. Kita buat dosa banyak tapi masih diampuni, malah dikasih rezeki banyak. Tuhan benar-benar luar biasa banget. Dan intinya manusia banyak dosa, tidak ada yang sempurna," ujar pencetak hits "11 Januari" ini.

Tabloid Nova, bintang
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara