728x90 AdSpace

10 September 2016

5W1H Walau Juara Dua, Arafah Rianti Lebih Populer Dibanding Komika SUCA 2 Lainnya

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Aci Resti boleh saja meraih juara di Grand Final Stand Up Comedy Academy 2 (SUCA2) Indosiar. Walau hanya mampu meraih juara dua, Arafah-lah yang jadi favorit banyak penonton dan sempat digadang-gadang para juri bakal jadi calon juara SUCA tahun ini. Arafah memang mampu bersinar di tengah persaingan banyak komika pria yang sudah mapan di SUCA 2.

Di mana dan Kapan
Seusia dengan Aci yang lahir di Tangerang, 12 Agustus 1997, Arafah lahir di Depok pada tanggal 2 September 1997.

Siapa
Arafah sendiri sebenarnya adalah mahasiswa UIN Jakarta jurusan Manajemen Pendidikan yang baru menginjak semester 3. Di kampusnya, ia tergabung dalam komunitas stand up comedy UIN Jakarta. Tak hanya itu, Arafah juga tercatat sebagai comic di komunitas stand up comedy Depok.

Mengapa dan Bagaimana
Arafah Rianti merupakan salah satu dari 3 komika wanita yang lolos ke Babak 42 Besar SUCA 2, bersama Aci Resti (Tangerang) dan Istiqomah (Cianjur) yang gantung mic pada Minggu (7/8/2016).
Berbeda dengan komika wanita lain, gadis berwajah cantik ini mencolok karena materi stand up-nya yang banyak dibilang terlalu absurd untuk dicerna banyak orang. Para juri juga mentor SUCA 2 pun mengaku, keabsurd-an materi Arafah membuat mereka geleng-geleng. Tapi anehnya, materi tersebut justru sukses membuat banyak penonton tertawa hingga terbahak-bahak.

Awalnya, Arafah selalu diremehkan sebagai komika yang hanya bermodalkan suara unik yang menjurus aneh. Wajah cantiknya juga dikritik sebagai hiasan saja. Namun, Arafah berhasil membungkam itu semua setelah 4 penampilannya selalu pecah. Jika SUCA 2 menerapkan sistem polling SMS, Arafah mungkin akan selalu keluar di urutan pertama.

Indikasinya bisa dilihat dari video aksi stand up comedy Arafah di situs berbagi video Youtube Indosiar. Sementara komika lain hanya dilihat puluhan ribu orang, semua video Arafah sukses mendaki angka ratusan ribu pengunjung. Bahkan salah satu penampilannya yaitu di Babak 35 Besar lalu saat membawakan materinya yang bertema 'Malas' dengan judul Mesin Cuci Main HP, sudah dipirsa lebih dari satu juta penonton selama 10 hari.

Akun sosial media milik Arafah juga kebanjiran banyak followers. Saat tampil terakhir di Babak 28 Besar pada Selasa (9/8/2016) tadi malam, Arafah mengaku ia mendapat tambahan pengikut Instagram hingga mencapai 25 ribu akun. Arafah juga senang saat banyak orang memuji dan menjadikannya sebagai favorit juara SUCA 2.
Konon, Arafah juga sudah dinanti produser film dan sinetron selain kontrak tampil di beberapa acara.

Sumber: liputan6

Berita Lainnya:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Walau Juara Dua, Arafah Rianti Lebih Populer Dibanding Komika SUCA 2 Lainnya Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi