5W1H Aci Resti Juara SUCA 2 (Stand Up Comedy Academy) Indosiar 2016

Artikel Terbaru:
Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Grand Final Stand Up Comedy Academy 2 (SUCA2) Indosiar usai. Tiga komika terbaik, Aci Resti (Tangerang), Wawan (Bekasi), dan Arafah Rianti (Depok) telah mengerahkan kekuatan materi terbaiknya untuk bisa menarik perhatian para juri yang bertugas menentukan terpilihnya sang juara. Adalah Aci Resti (tangerang) yang kemudian keluar sebagai juara pertama, disusul Arafah Rianti (Depok) di posisi kedua, dan Wawan (Bekasi) di posisi ketiga.

Di mana, Kapan, dan Siapa
Resti Surtika, nama panjang Aci, kelahiran Tangerang, 12 Agustus 1997 (usianya sama dengan Arafah, kelahiran 2 September 1997). Meski cuma lulusan SMK, tak lantas membuat Aci Resti minder. Aci Resti membuktikan bisa bersaing sehat dengan Arafah, bahkan juga dengan komika pria lainnya.

Mengapa
Gadis berkaca mata yang santai dengan gaya tomboynya ini selalu tampil slengek'an. Celetukannya seperti lelaki, begitu kata salah satu juri, Abdel Achrian. Inilah yang menjadi kekuatan dan keunikan Aci yang asyik diikuti. Aci tak pernah tampil jaim. Ditambah lengkingan suaranya yang makin tinggi justru membuat materi yang ia bawakan makin pecah di panggung.

Bagaimana
Perjalanan Aci di SUCA 4 tidaklah mudah. Tak ada yang mengira, komika wanita satu ini bakal begitu menggebrak hingga penghujung kompetisi. Mentornya, Arief Didu, bahkan masih tak habis pikir. Di awal, ia malah diremehkan oleh sang mentor sendiri. Sebelum grandfinal, Aci justru jadi kandidat kuat juara SUCA 2, ketimbang dua finalis lainnya.

Meski kalah populer dibanding Arafah, menurut salah satu juri, Ernest Prakasa, jika bicara materi dan kualitas stand up, Aci Resti sebenarnya jauh lebih baik dari komika asal Depok tersebut.

Aci sudah menorehkan rekor tersendiri di SUCA 2. Ia sudah menerima 3 kali standing ovation sempurna dari 5 juri dan 5 mentor. Selain Aci, tak ada yang melakukan ini sebelumnya. Di grandfinal, penampilannya juga melebihi kedua pesainganya sehingga pantaslah kiranya ketika ia terpilih menjadi juara SUCA 2.

Sumber: liputan6

Berita Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara