728x90 AdSpace

10 September 2016

5W1H Aci Resti Juara SUCA 2 (Stand Up Comedy Academy) Indosiar 2016

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Grand Final Stand Up Comedy Academy 2 (SUCA2) Indosiar usai. Tiga komika terbaik, Aci Resti (Tangerang), Wawan (Bekasi), dan Arafah Rianti (Depok) telah mengerahkan kekuatan materi terbaiknya untuk bisa menarik perhatian para juri yang bertugas menentukan terpilihnya sang juara. Adalah Aci Resti (tangerang) yang kemudian keluar sebagai juara pertama, disusul Arafah Rianti (Depok) di posisi kedua, dan Wawan (Bekasi) di posisi ketiga.

Di mana, Kapan, dan Siapa
Resti Surtika, nama panjang Aci, kelahiran Tangerang, 12 Agustus 1997 (usianya sama dengan Arafah, kelahiran 2 September 1997). Meski cuma lulusan SMK, tak lantas membuat Aci Resti minder. Aci Resti membuktikan bisa bersaing sehat dengan Arafah, bahkan juga dengan komika pria lainnya.

Mengapa
Gadis berkaca mata yang santai dengan gaya tomboynya ini selalu tampil slengek'an. Celetukannya seperti lelaki, begitu kata salah satu juri, Abdel Achrian. Inilah yang menjadi kekuatan dan keunikan Aci yang asyik diikuti. Aci tak pernah tampil jaim. Ditambah lengkingan suaranya yang makin tinggi justru membuat materi yang ia bawakan makin pecah di panggung.

Bagaimana
Perjalanan Aci di SUCA 4 tidaklah mudah. Tak ada yang mengira, komika wanita satu ini bakal begitu menggebrak hingga penghujung kompetisi. Mentornya, Arief Didu, bahkan masih tak habis pikir. Di awal, ia malah diremehkan oleh sang mentor sendiri. Sebelum grandfinal, Aci justru jadi kandidat kuat juara SUCA 2, ketimbang dua finalis lainnya.

Meski kalah populer dibanding Arafah, menurut salah satu juri, Ernest Prakasa, jika bicara materi dan kualitas stand up, Aci Resti sebenarnya jauh lebih baik dari komika asal Depok tersebut.

Aci sudah menorehkan rekor tersendiri di SUCA 2. Ia sudah menerima 3 kali standing ovation sempurna dari 5 juri dan 5 mentor. Selain Aci, tak ada yang melakukan ini sebelumnya. Di grandfinal, penampilannya juga melebihi kedua pesainganya sehingga pantaslah kiranya ketika ia terpilih menjadi juara SUCA 2.

Sumber: liputan6

Berita Lainnya:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Aci Resti Juara SUCA 2 (Stand Up Comedy Academy) Indosiar 2016 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi