728x90 AdSpace

21 April 2016

Tips Belajar Mandiri Siapkan SBMPTN 2016

Tips Belajar Mandiri Siapkan SBMPTN 2016
Para siswa-siswi tingkat SMA dan sederajat kini bisa bernapas lega lantaran ujian nasional (UN) telah usai. Saat ini, mereka sedang menantikan pengumuman hasil UN, sekaligus menunggu jadwal seleksi masuk perguruan tinggi.

Bagi yang ingin lanjut kuliah di kampus negeri, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi salah satu kesempatan emas yang tak boleh dilewatkan. Nah, mumpung masih ada waktu mempersiapkannya, yuk simak tips belajar mandiri berikut ini.

1. Kumpulkan soal-soal

Tipe dan pola soal SBMPTN berbeda dengan UN. Soal jauh lebih kompleks dan membutuhkan analisis tinggi. Oleh karema itu, pahami tipe dan pola soal SBMPTN. Belilah buku bank soal atau fotokopi dari teman. Pelajari juga soal tes kemampuan dasar (TKD) dan trik menjawabnya.

2. Atur waktu belajar

Karena belajar mandiri, disiplinlah dalam mengatur waktu belajar. Belajar termudah adalah dengan mengerjakan soal, sehingga kamu semakin lancar dalam menjawab. Pilih jam belajar yang efektif, seperti pagi atau malam hari masing-masing sekira dua jam. Saat belajar, pastikan kamu fokus dan tidak mengganggu aktivitas lainnya.

3. Manfaatkan belajar kelompok

Belajar bersama teman yang mempersiapkan SBMPTN secara otodidak akan membantumu dalam memecahkan soal-soal yang sulit diselesaikan. Kalian bisa saling berdiskusi dan berbagi soal dengan variasi berbeda.

4. Tanya kepada guru

Jangan sungkan bertanya dengan guru di sekolah bila menemukan kesulitan. Mintalah dengan sopan untuk mengajarimu mengerjakan latihan soal. Cari waktu yang tepat, misalnya setelah guru itu selesai mengajar di sekolah.

5. Ikut try out

Banyak try out yang bisa diikuti tanpa harus bergabung dalam bimbingan belajar (bimbel). Dengan ikut try out, kamu akan memiliki gambaran akan kemampuanmu menjawab soal SBMPTN. Cara ini juga sekaligus menjadi simulasi SBMPTN lantaran menunggu waktu untuk menyelesaikan seluruh soal.

6. Jangan minder

Jangan merasa minder karena kamu belajar sendiri untuk SBMPTN. Persaingan masuk perguruan tinggi memang ketat. Sehingga, mereka yang ikut les belum tentu akan diterima. Yang penting, berusahalah dengan baik dan pantang menyerah.


Sering Ikut Try Out Buat Tak Takut SBMPTN

Mengerjakan soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tentu tak sama dengan soal ujian nasional (UN). Bagaimana tidak, tes akbar masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut menyajikan soal-soal yang lebih kompleks dan analisis tinggi.

Sadar akan kemampuannya yang masih kurang, seorang pelajar bernama Dedin Aneke Putra mengikuti banyak try out guna mengukur kemampuan dalam menjawab pola soal SBMPTN. Dia mengungkapkan, mengikuti lima kali try out dalam kurun waktu satu bulan jelang tes.

"Awal Mei daftar ke bimbel intensif buat SBMPTN karena tes dilaksanakan awal Juni. Di situ banyak try out, sempat ikut juga try out yang diselenggarakan Universitas Brawijaya," ucapnya dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Hasil try out Dedin tidak langsung memuaskan. Menurut dia, awalnya nilai try out-nya tidak mampu mencapai passing grade minimum jurusan teknik. Namun, perlahan mulai ada perbaikan, ditambah usahanya belajar siang-malam.
"Setiap try out selanjutnya ada peningkatan. Kemudian didukung cara belajar dua jam di pagi hari, dua jam di bimbel, dan tiga jam sebelum tidur," terangnya.

Dedin menceritakan, hasil try out yang jelek tidak membuatnya patah semangat. Bahkan banyaknya jam terbang mengerjakan pola soal SBMPTN membuat dia tak lagi takut saat menghadapi ujian yang sesungguhnya.
"Alhamdulillah itu malah jadi bahan bakar belajar buat saya. Sehari sebelum SBMPTN saya juga tidak takut karena sudah niat mau kuliah. Jadi rasa takutnya kalah dengan niat kuat," ujarnya.

Kini mahasiswa semester dua Teknik Informatika Universitas Brawijaya itu tengah menikmati hasil kerja kerasnya. Bahkan diamendapat beasiswa bidikmisi dan menjadi salah satu mahasiswa berpestasi di kampusnya.
"Alhamdulillah, padahal saat mengerjakan soal TKD dulu saya baru mengerjakan matematika sama biologi, dan waktunya tiba-tiba tinggal 10 menit. Beruntung bisa lulus dan kuliah sampai sekarang," tambahnya.

Nah, bagi kamu yang sedang mempersiapkan SBMPTN, jangan lewatkan Try Out Online SBMPTN Okezone mulai 25 April sampai 10 Mei 2016. Bagi peraih nilai tertinggi akan ada hadiah menarik, lho! (okezone.com)
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Tips Belajar Mandiri Siapkan SBMPTN 2016 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi