728x90 AdSpace

02 April 2016

Ini yang Menarik dari Ujian Nasional 2016

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Ini yang Menarik dari Ujian Nasional 2016--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap melaksanakan Ujian Nasional 2016 untuk SMA Sederajat, yang dimulai Senin, 4 April nanti. Mendikbud Anies Baswedan menyampaikan yang penting dibicarakan tentang Ujian Nasional (UN) kali ini adalah soal kejujuran, bukan lagi soal kelulusan. Sejak 2015 UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Kelulusan ditentukan oleh sekolah, melalui ujian sekolah, bukan UN.
“Yang dibicarakan tentang UN saat ini adalah kejujuran, bukan kelulusan. Prestasi penting, jujur yang utama. Ujian itu tidak boleh menghalalkan segala cara. Tidak ada lagi ‘subsidi jawaban’. Ini berarti Revolusi Mental yang dicanangkan presiden sudah mulai terlaksana,” kata Menteri Anies, Sabtu (2/4).

Menurut Anies, yang menarik dari UN 2016 ini adalah sekolah-sekolah yang melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016 ini meningkat 800 persen.
“Tahun lalu 500 sekolah, tahun ini 4.400 sekolah melaksanakan UNBK. Dari data Indeks Integritas UN tahun lalu, sekolah yang melaksanakan UNBK, tingkat kecurangan nol, atau indeks integritas UN-nya 100%,” tutur Menteri Anies.

Provinsi dengan tingkat partisipasi terbesar UNBK adalah Yogyakarta. Sementara Propinsi Papua dan propinsi baru Kalimantan Utara (Kaltara) juga masuk dalam daerah yang dengan tingkat partisipasi UNBK tinggi: Papua 10 persen dan Kaltara 20 persen.
“Bahkan di Surabaya, pada UN 2016 seluruh sekolah melaksanakan UNBK. Karena itu saya berencana meninjau pelaksanaan UNBK di Surabaya pada UN hari pertama, 4 April 2016," tandasnya.

Sumber: jpnn.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Ini yang Menarik dari Ujian Nasional 2016 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi