728x90 AdSpace

02 April 2016

Ini Tata Tertib Ujian Nasional (UN) 2016!

Senin, 4 April mendatang, sekira tiga juta siswa SMA/sederajat di seluruh Indonesia akan mengikuti ujian nasional 2016. Jika kamu termasuk salah satu peserta UN tahun ini, maka sebaiknya cari tahu tata tertib yang harus dipatuhi.

Jam masuk

Peserta UN 2016 baru diperbolehkan masuk ruangan 15 menit sebelum ujian nasional dimulai. Jika terlambat, maka kamu hanya bisa masuk ruang ujian setelah mendapatkan izin dari Ketua Panitia UN di sekolah.

Barang bawaan

Peserta UN 2016 hanya boleh membawa alat tulis dan kartu peserta ke meja ujian. Barang-barang lain disimpan di dalam tas dan dikumpulkan di depan kelas.

Sebelum ujian

Peserta UN 2016 wajib mengisi daftar kehadiran menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas. Kamu juga harus mengisi identitas pada halaman pertama butir naskah soal, serta di Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN). Jangan lupa untuk menyalin pernyataan "Saya mengerjakan UN dengan jujur."

Naskah soal

Sebelum mulai ujian, peserta UN 2016 diperbolehkan mengecek kelengkapan naskah soal dan LJUN. Jika ada yang rusak, cacat, atau terlipat, maka kamu bisa menggantinya dengan naskah soal serta LJUN cadangan. Ingat, ya, kamu perlu berhati-hati dalam memisahkan LJUN dari naskah soal. Jangan sampai sobek atau rusak.

Mengerjakan soal

Kamu baru bisa mengerjakan soal UN 2016 jika pengawas ruang sudah memberikan tanda. Selama mengerjakan UN, kamu dilarang untuk bertanya jawaban pada siapa pun, serta bekerjasama dengan siswa lainnya.

Jangan memberi tahu atau bantuan dengan menjawab soal UN. Kamu juga dilarang untuk memberi jawaban ujian kepada orang lain atau melihat pekerjaan peserta lainnya.

Meninggalkan ruang ujian

Selama ujian, kamu hanya bisa meninggalkan ruangan bila sudah mendapatkan izin dari pengawas. Jika kamu keluar ruang ujian dan tidak kembali, maka akan dianggap telah selesai mengerjakan ujian.

Selesai mengerjakan soal

Jika sudah selesai mengerjakan UN sebelum waktu habis, maka kamu tidak diperbolehkan untuk meninggalkan kelas sampai tanda berakhirnya waktu. Jangan membawa naskah soal serta LJUN keluar ruangan, ya! Tunggu pengawas selesai mengumpulkan naskah soal dan LJUN, baru kemudian keluar ruang ujian.

Semoga berhasil!

Sumber: news.okezone.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Ini Tata Tertib Ujian Nasional (UN) 2016! Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi