728x90 AdSpace

04 April 2016

5W1H Pesawat Batik Air dan Transnusa Bertabrakan di Halim

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, Kapan
Pesawat Batik Air ID- 7703 bertabarakan di landasan pacu Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/4/2016). Kabarnya pesawat itu tabrakan dengan pesawat Trans Nusa.

Siapa
Kejadian tersebut dibenarkan Direktur Operasional Lion Air Group Daniel Putut Adi Kuncoro saat dihubungi wartawan.
"Benar kecelakaan. Pesawat kami Batik Air yang menabrak," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Mengapa dan Bagaimana
Dalam proses take off, pesawat yang bernaung di Lion Group dengan nomor penerbangan ID 7703 tersebut bertabrakan dengan pesawat Transnusa yang saat itu sedang ditarik oleh traktor. Sebelum bertabrakan, pesawat Batik Air tergelincir. Penumpang langsung turun dengan menggunakan pelampung karena sayap pesawat terbakar.
Hal ini membuat pilot memutuskan untuk membatalkan penerbangan tersebut demi alasan keselamatan. Dilaporkan terdapat sebanyak 49 penumpang dan 7 crew di dalam pesawat ini. Dilaporkan, Batik Air mengalami kerusakan (patah) di bagian sayap dan Transnusa di bagian ekor.

Akibat insiden tersebut, landasan pacu ditutup sementara selama kurang lebih sejam.
Sejauh ini belum diketahui penyebab tabrakan tersebut.
"Terkait dengan apa yang terjadi, kita akan menunggu hasil penyelidikan dari lembaga yang berwenang", ujar Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait dalam keterangan pers, Senin (4/4).

Nantinya, para penumpang diterbangkan dengan menggunakan pesawat pengganti. Seluruh penumpang dan petugas penerbangan yang ada dalam pesawat tersebut hingga kini dipastikan berada dalam keadaan aman.

Sumber: tribunnews.com, rmol.co, dan republika.co.id

Berita Lainnya:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Pesawat Batik Air dan Transnusa Bertabrakan di Halim Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi