728x90 AdSpace

06 April 2016

5W1H Kereta Anjlok Antara Manggarai-Sudirman

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, Kapan
Lagi-lagi insiden kereta anjlok terjadi. Kali ini kereta dengan nomor KA 2473 rute Manggarai-Bukit Duri anjlok di antara Manggarai-Sudirman, Rabu pukul 15.16 WIB. Akibatnya sejumlah perjalanan terganggu.
Kereta Relasi Bogor dan Bekasi menuju Jakarta Kota sebagian hanya dapat beroperasi sampai Manggarai dan sebagian tetap melanjutkan perjalanan sampai Jakarta-Kota

Siapa
"Bagi pengguna jasa yang tidak dapat menunggu dapat melakukan pengembalian tiket pada loket Stasiun dan diimbau untuk menggunakan moda transportasi lain," kata Humas PT KCJ Eva Chairunnisa melalui keterangan tertulis yang diterima liputan6.com.

Mengapa
Hingga berita ini diturunkan, Belum ada penjelasan resmi dari PT KCJ terkait kejadian ini.

Bagaimana
Sampai saat ini petugas dari PT KAI, PT KAI DAOP 1, dan PT KCJ masih berusaha mengevakuasi gerbong KRL 2473 yang anjlok di rel jalur Manggarai-Tanah Abang. Gerbong ke-8 khusus wanita itu keluar dari rel dan menimpa ‎rel di jalur Manggarai-Gambir.

Eva mengatakan, diperkirakan proses evakuasi memakan waktu sekitar 4-5 jam. Sementara sejak kejadian pukul 15.15 WIB, proses evakuasi sudah berlangsung kurang lebih 3,5 jam.

Dia mengimbau pengguna jasa KRL ke Bogor dan Bekasi untuk mengawali perjalanan dari Stasiun Manggarai. Sebab, KRL 2473 rute Stasiun Manggarai-Stasiun Duri mengalami anjlok dari lajur di jalur Manggarai-Tanah Abang.
‎"Jadi kami imbau pengguna jasa untuk menuju Manggarai. Atau mengunakan transportasi lain," ujar Eva.

Eva mengakui, akibat kejadian ini, terjadi penumpukan penumpang di stasiun. Terutama di stasiun-stasiun sebelum Manggarai, baik dari arah Gambir maupun dari Tanah Abang.

Sebab, KRL Commuter Line maupun KA jarak jauh dari arah Stasiun Gambir maupun Tanah Abang tidak bisa melintas sampai Stasiun Manggarai. Begitu pun arah sebaliknya. Pun demikian perjalanan KRL Commuter Line dari Bekasi dan Bogor hanya sampai Stasiun Manggarai.

Sumber: liputan6.com

Berita Lainnya:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Kereta Anjlok Antara Manggarai-Sudirman Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi