728x90 AdSpace

06 April 2016

5W1H Gaji Rp 4,5 Juta per Bulan Bakal Bebas Pajak

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Pemerintah berencana menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) di tahun ini. Rencana tersebut disambut positif oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Kapan
Pemerintah memang gencar mengeluarkan kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Makhlum saja, untuk 2016 ini, target pertumbuhan ekonomi pemerintah seperti yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 5,3 persen.
Beberapa lembaga keuangan internasional memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI di 2016 tidak akan mencapai angka yang ditargetkan oleh pemerintah.

Bambang melanjutkan, jika DPR menyetujui rencana tersebut maka pemberlakuan aturan baru mengenai PTKP tersebut akan dilaksanakan pada Juni nanti. "Jadi berlaku dari Januari tapi baru mulai di Juni," ujar Bambang.

Siapa
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menjelaskan, pemerintah akan menaikkan PTKP dari semula Rp 36 juta setahun atau Rp 3 juta sebulan ke Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta sebulan. Batas PTKP tersebut untuk pekerja lajang. Sedangkan untuk pekerja yang telah memiliki suami atau istri dan anak akan ada hitungan tersendiri. Untuk melaksanakan rencana tersebut pemerintah telah melapor ke DPR.

Mengapa dan Di mana
"Disambut baik karena mempunyai dampak makro yang bagus, menambah konsumsi rumah tangga, investasi dan ujungnya pertumbuhan PDB," jelas dia di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Bagaimana
Dalam hitungan pemerintah, dengan kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi sekitar 0,16 persen.

Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 4,9 persen. Sedangkan Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini di angka 5,1 persen.

Untuk diketahui, pada 2015 lalu pemerintah juga telah menaikkan PTKP menjadi Rp 36 juta setahun dari Rp 24,30 juta setahun. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 122/PMK.010/2015 tentang Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak.

Sumber: liputan6.com

Berita Lainnya:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Gaji Rp 4,5 Juta per Bulan Bakal Bebas Pajak Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi