728x90 AdSpace

06 April 2016

5W1H Film "Surat Cinta untuk Kartini"

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Surat Cinta Untuk Kartini merupakan cerita fiksi dengan latar belakang sejarah.

Di mana
Film ini dapat ditonton di seluruh jaringan bioskop di Indonesia.

Kapan
Film ini rencananya rilis pada 21 April 2016.

Siapa
Film Indonesia bergenre drama yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis ini dibintangi oleh Rania Putri, Chico Jericho, Ence Bagus dan Ayu Diyah Pasha. Film ini diproduksi oleh MNC Pictures.

Mengapa
Film ini Patut Ditonton karena berlatar sejarah perjuangan Kartini walau dibumbui fiksi tokoh tukang pos yang jatuh cinta kepada Kartini.

Bagaimana
Secara garis besar, Surat Cinta Untuk Kartini menceritakan tentang seorang tukang pos yang bernama Sarwadi (Chico Jericho). Ia bertugas mengantar surat-surat Kartini (Rania Putri) ke berbagai pihak. Seiring berjalanannya waktu, Sarwadi diam-diam jatuh cinta dengan Kartini yang berlatar belakang ningrat namun selalu menolong rakyatnya.

Sarwadi (Chicco Jerikho) merupakan seorang tukang pos yang baru saja pindah dari Semarang. Di hari pertamanya bekerja, duda beranak satu ini tidak menyangka bahwa salah satu surat yang dia antarkan adalah untuk Kartini (Rania Putrisari). Parasnya yang ayu dan nampak peduli dengan rakyat kecil, membuat Sarwadi langsung jatuh hati.

Pertemuan itu kemudian dia ceritakan kepada Mujur (Ence Bagus). Tetapi tanggapan yang keluar dari mulut sang sahabat justru sosok Kartini yang dicap sebagai wanita aneh, karena ingin mendobrak tradisi. Padahal semua tahu bahwa adat adalah hal yang sangat pantang untuk dilanggar. Bahkan orang-orang yang dia temui juga mengatakan hal serupa.

Namun kebingungan Sarwadi seketika sirna, saat dia mengetahui bahwa Kartini ingin mendirikan sekolah bagi kaum bumiputra. Wanita yang terdidik, kelak akan mendidik anak-anaknya dengan lebih maju. Sarwadi semakin kagum. Pemikirannya tentang kodrat wanita hanyalah untuk menikah dan mengurus keluarga, hilang sudah. dia bahkan mengajak anaknya Ningrum (Christabelle Grace Marbun) untuk belajar di sekolah milik Kartini.
Sarwadi bangga bisa mencintai Kartini yang pantang menyerah. Namun hatinya kembali hancur saat mendengar Kartini dilamar oleh seorang Bupati Rembang yang memiliki 3 istri.

Sumber: 21cineplex.com

Berita Lainnya:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Film "Surat Cinta untuk Kartini" Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi