728x90 AdSpace

02 April 2016

5W1H El Clasico Jilid II 2015/2016: Adu Tajam Trio MSN vs BBC

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, Kapan
Partai El Clasico jilid dua di musim 2015/16 akan tersaji. Minggu (3/4/2016) akhir pekan ini, Barcelona menjamu rival abadinya, Real Madrid di Nou Camp pada pekan ke 31 Liga Spanyol. Di jilid pertama, November lalu, Barca menang 4-0 atas Madrid di Santiago Bernabeu.

Siapa
Kendati demikian, partai El Clasico tetaplah El Clasico. Selalu ada sisi menarik yang bisa tersaji saat Barcelona dan Real Madrid saling jegal di atas lapangan hijau.
Di antaranya tentu persaingan antara Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi, dua pemain yang dianggap terbaik di dunia.

Mengapa
Pertemuan Barcelona dengan Real Madrid menjadi ajang adu hebat trio penyerang terbaik di dunia saat ini. MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar) vs BBC (Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo), siapa lebih bertaji?

Bagaimana
Barca saat ini memimpin klasemen dengan 76 poin, sementara Madrid di peringkat ketiga dengan 66 poin. Dengan keadaan itu, partai El Clasico kali ini bukanlah partai penentuan juara.
Keunggulan 10 poin milik Barca rasanya sulit dikejar Madrid di delapan pertandingan sisa. Apalagi, Barca sedang kencang-kencangnya melibas lawan.

MSN milik Barca sudah meraih banyak sukses sejak pertama terbentuk. Keberhasilan The Catalans meraih lima titel juara banyak terbantu oleh gol-gol serta assist yang datang dari mereka bertiga.

Musim ini kekompakan mereka semakin menjadi-jadi. Di kompetisi domestik dan pada pertandingan-pertandingan Liga Champions mereka adalah momok menakutkan buat semua lawan. Jika di hitung di La Liga saja trio asal Amerika Latin ini sudah melesakkan 69 gol.

BBC, di sisi lain, juga sangat subur dengan total ada 63 gol dibuat di La Liga saja. Tidak seperti MSN, BBC memang kurang solid dalam hubungan personal. Tapi itu tak akan banyak dipersoalkan asal gol-gol terus datang dari mereka.
Sumber: liputan6.com dan sport.detiknews.com

Berita Lainnya:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H El Clasico Jilid II 2015/2016: Adu Tajam Trio MSN vs BBC Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi