728x90 AdSpace

03 April 2016

5W1H El Clasico 3 Maret 2016: Kemenangan Pertama Trio BBC

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, Kapan
Partai El Clasico jilid dua di musim 2015/16 tersaji Minggu (3/4/2016) dini hari tadi, Barcelona menjamu rival abadinya, Real Madrid di Nou Camp pada pekan ke 31 Liga Spanyol. Di jilid pertama, November lalu, Barca menang 4-0 atas Madrid di Santiago Bernabeu. Kini, memera membalas dengan skor kemenangan 2-1.

Siapa
Trio Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo tampil apik dalam kemenangan 2-1 Real Madrid atas Barcelona. Ini adalah kali pertama trio BBC menang di El Clasico.

Mengapa dan bagaimana
Madrid lebih dulu tertinggal saat gawang Los Blancos dibobol oleh Gerard Pique lewat sundulan kepala pada menit ke-56.
Namun, Madrid berhasil membalasnya enam menit kemudian. Benzema mencetak gol melalui tendangan gunting untuk menyamakan skor menjadi 1-1.
Memasuki menit-menit akhir, Madrid menekan Barca habis-habisan. Tim tamu sempat menjebol gawang Barca lewat sundulan Bale. Namun, gol ini dianulir karena Bale dianggap lebih dulu melanggar Jordi Alba.
Akan tetapi, Madrid tak patah semangat, bahkan setelah mereka kehilangan Sergio Ramos yang diganjar kartu merah. Mereka benar-benar berbalik unggul 2-1 pada menit ke-85. Umpan silang Bale diterima oleh Ronaldo dan CR7 sukses memaksimalkannya menjadi gol.
Ini adalah kemenangan pertama Madrid dalam laga El Clasico saat trio BBC turun bersamaan sebagai starter. Pada tiga kesempatan sebelumnya turun bersamaan dari menit awal, trio BBC gagal mencegah Madrid dikalahkan Barca.
"Malam ini benar-benar menempatkan kami dalam posisi mental yang kuat. Kami bisa mengalahkan tim mana pun saat berada di puncak performa dan kami menunjukkan hal itu," ujar Bale seperti dikutip AS.
"Barcelona mengatakan mereka adalah tim terbaik dan kami mengalahkan mereka di kandang mereka sendiri," katanya.

Meski menang, Madrid belum beranjak dari posisi ketiga di klasemen sementara La Liga. Dengan perolehan 69 poin, mereka ada di belakang Barca (76 poin) dan Atletico Madrid (70 poin).

InfostradaLive mencatat itu adalah gol ke-16 Cristiano Ronaldo di ajang El Clasico dalam 28 pertandingan. Ronaldo melampaui legenda Madrid Raul Gonzalez [15 gol] untuk menjadi topskorer ketiga El Clasico di bawah Di Stefano [18] dan Messi [21].
Bagi Ronaldo, ini adalah gol dia yang ke-42 di sepanjang musim ini dalam 39 penampilan di seluruh kompetisi.

Bagi Barca, kekalahan ini menyudahi rangkaian 39 pertandingan tidak terkalahkan di semua ajang sekaligus kekalahan kandang pertama sejak dibekap Malaga 0-1 pada Februari 2015.

Sumber: sport.detiknews.com

Berita Lainnya:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H El Clasico 3 Maret 2016: Kemenangan Pertama Trio BBC Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi