728x90 AdSpace

19 March 2016

Tiga Peluang Raih Nilai Tinggi UN 2016

Hanya tinggal sekira dua minggu lagi jutaan siswa kelas XII SMA/sederajat akan menghadapi ujian nasional (UN). Ada tiga peluang yang dapat dimanfaatkan siswa dalam meraih nilai UN sempurna.

Peluang pertama tentu menaklukkan UN utama yang akan digelar pada 4-6 April untuk sekolah yang menggelar ujian berbasis kertas. Sementara masa ujian pada sekolah-sekolah yang menggunakan sistem berbasis komputer adalah 4-12 April. UN utama ini diperuntukkan bagi para siswa kelas XII yang masih aktif menempuh studi di SMA/sederajat.

Mengutip Buku Saku UN 2016, Sabtu (19/3/2016), peluang kedua adalah pada UN Susulan. Namun, UN susulan ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang berhalangan hadir saat pelaksanaan UN utama, misalnya karena sakit. Syaratnya, siswa harus memiliki bukti keterangan dari sekolah maupun madrasah yang sah mengenai alasan tidak mengikuti UN utama tersebut. UN susulan dijadwalkan satu minggu setelah pelaksanaan UN utama.

Sebelumnya, peserta UN 2015 yang belum memenuhi standar kompetensi kelulusan UN diberi kesempatan memperbaiki nilai melalui skema UN perbaikan pada Februari lalu. Nah, UN Perbaikan ini adalah peluang terakhir. Sebab, kesempatan memperbaiki nilai UN juga akan diberikan kepada peserta UN 2016 melalui UN Perbaikan tersebut.

Pada UN Perbaikan, siswa hanya akan mengulang UN di mata pelajaran yang nilainya masih di bawah standar yang sudah ditetapkan. UN Perbaikan sendiri akan dihelat menggunakan sistem komputer dan dijadwalkan pada awal Juni atau September 2016.

Selamat belajar, semoga berhasil...

Sumber: okezone.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Tiga Peluang Raih Nilai Tinggi UN 2016 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi